nuri-raja-ambon

Harga Terbaru Jenis Burung Nuri Raja Ambon

Burung Nuri Raja Ambon merupakan fauna yang menjadi identitas dari provinsi maluku. Ciri khas yang dimiliki oleh burung ini dan menjadi burung yang diminati oleh banyak orang karena memiliki bulu yang indah di mata. Masyarakat sering menyebutnya sebagai burung nuri. Nuri ternyata termasuk dalam 3 golongan king parrot.

Gimana bray.. Penasaran tentang burung unik dan tergolong langka yang satui ini!. Yuk cekidot simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Mengenal lebih dekat tentang burung nuri yang perlu anda ketahui


Karakteristik Burung Nuri

Jika kamu sering bertanya-tanya mengenai keberadaan burung yang sering kalian lihat dalam kotak pensil Fabercastel, ini lah jawaban dan penyebarannya. Warna bulu yang dimiliki oleh burung nuri ini sangatlah menarik. Paruh yang dimilki oleh burung ini adalah paruh bengkok dengan ukuran panjang badan burung nuri ini mencapai sekitar 35 cm.

Bagian kepala dan dada pada burung nuri raja ambon ini memiliki warna merah, sedangkan di bagian sayapnya berwarna hijau. Pada bagian punggung burung nuri ini berwarna biru yang menyala atau mencolok, serta pada bagian ekornya terkadang memiliki warna biru juga dengan sedikit ke-unguan bahkan tak jarang juga biru kehitaman.

burung-nuri

Perkembang Biakan

Ternyata burung nuri satu ini tergolong burung yang dilindungi loh people, lebih sederhana lagi kamu biasa mendengar bahwa hewan ini adalah jenis hewan endemik.

Tak lupa juga burung nuri ini sebagai maskot dari provinsi maluku sendiri loh. Jika kita lihat dari paruhnya yang bengkok, burung ini mengkonsumsi berbagai jenis makanan diantaranya seperti buah-buahan, biji-bijian, madu, bahkan pucuk dari tanaman atau bunga.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kutilang Beserta Suaranya

Populasi Burung Nuri

Hewan endemik burung nuri raja ambon ini hidup dan tersebar di beberapa pulau/tempat, mulai dari pulau ambon, seram, maluku tengah lainnya, maluku utara seperti pulau halmahera dan juga dataran rendah hingga perkebunan dengan ketinggian mencapai 1.400 meter dpl.

Persebaran burung nuri ini ternyata hingga saat ini diperkirakan bahwa hanya ada sekitar 70.000 ekor dan semakin lama ternyata populasinya terhitung semakin menurun.

Penyempitan atau berkurangnya lahan perhutani juga menjadi alasan mengapa saat ini burung nuri semakin berkurang populasinya. Serta perburuan liar yang saat ini sangat marak dilakukan oleh masyarakat yang mereka ketahui bahwa dengan perburuan burung nuri ini akan menghasilkan uang yang lumayan untuk mereka.

Menjadi hal yang wajib bagi masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian hewan endemik tersebut yang menjadi maskot dari provinsi itu sendiri.

gambar-nuri

Persebaran Harga Rata-rata

Karena burung nuri raja ambon ini merupakan burung yang sangat menolok dan indah jika dipandang maka hal ini menjadi faktor utama penentu harga jual burung nuri tersebut.

Mengetahui habitat dan persebarannya yang semakin menurun tak heran jika harganya juga menjadi relatif mahal. Burung nuri sendiri dibedakan menjadi beberapa kategori.

Burung nuri raja ambon sendiri berkisar Rp.700.000 hingga mencapai Rp.1.000.000,- jenis lainnya yaitu burung nuri merah dan hijau dengan harga jual sekitar Rp.650.000,- dengan jenis burung nuri kepala hitam bakalan memiliki harga pasar Rp.500.000,- jika jenis burung nuri kepala hitam remaja berkisar Rp.850.000,-.

Siapa yang dari kalian berkeinginan untuk memelihara dan melakukan ternak burung nuri bisa banget untuk membantu melestarikan membudidayakan hewan endemik ini.

Bahkan untuk harga pasar dari hewan endemik juga bisa kamu lihat didalamnya. Siapkan uang lebih untuk merogoh kocekmu yaa people.

Baca Selengkapnya :  4 Trik Mudah Ternak Cucak Ijo Dijamin Berhasil