perawatan-kacer-sebelum-lomba

Cara Mudah Perawatan Kacer Sebelum Lomba Dari H-3

Pada kesempatan kali ini Om Kicau akan memberikan tips seputar cara memberikan perawatan kacer sebelum lomba, tentu sudah bukan hal yang dirahasiakan lagi untuk para pemain dan hobiis kacer mania, karena apabila kalian sudah menemukan setelan yang tepat baik itu harian ataupun persiapan sebelum burung dikonteskan tentu burung akan memiliki durasi kerja yang bagus serta sangat maksimal ketika berada digantangan nanti. Penasaran bagaimana cara mencari setingan kacer yang pas ?. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Persiapan Yang Sederhana Untuk Kacer Bisa Menjadi Juara Lomba


Tiap burung kacer ini mempunyai karakteristik tertentu dikala bernyanyi, sebab suara kicauan yang istimewa full isian materi yang bagus itu dapat memastikan kemenangan dari suatu kejuaraan ataupun festival burung yang di adakan para kicauan mania.

Akan tetapi tidak bisa dianggap mudah buat meraih burung kacer supaya dapat tampak maksimum pada saat digantang, banyak permasalahan yang dialami nyatanya oleh tiap pemain burung kacer ini, semacam nangkur ataupun ngebagong, ngejeruji, terlalu over emosi, serta masih banyak tipe kasus yang dialami bila rawatan setiap hari serta setingan lombanya tidak pas.

gambar-burung-kacer-prospekan-juara

Serupa menjalankan pemeliharaan ataupun setingan setiap hari pada burung kacer supaya tampak maksimum pada saat di perlombakan. Bila pemeliharaan burung kacer telah di jalani dengan bagus serta betul, hingga dikala di perlombakan burung kacer hendak menghasilkan suara yang bagus, alhasil bisa di yakinkan dia jadi pemenang serta tidak memunculkan permasalahan serupa tentunya.

Jika menjaga burung kacer tujuannya buat diikut sertakan pada kompetisi burung, hendaknya kamu mengerti gimana metode pemeliharaan kacer saat sebelum adu. Dalam setingan ataupun pemeliharaan burung kacer adu memanglah berlainan bila dibanding pemeliharaan setiap hari burung kacer.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Kapas Tembak Terbaru, Beserta Suara Khasnya

Pada biasanya para penggemar burung kicauan ini menyiapkan burung buat tanding diawali 3 hari(H- 3) ataupun satu minggu saat sebelum kegiatan kontes, yang dikembalikan lagi dengan karakter siburung kacer masing- masing ya. Namun di artikel ini hanya dijelaskan cara seting dari H-3 sampai hari H.

Setingan H-3

Misalkan burung kacer gacoan anda akan di ikut sertakan kontes pada hari minggu, berarti anda sudah mulai menyeting burung ini di hari jum’at ya sudah masuk hitungan H-3 tentunya.

Pada hari jum’at ini kalian bisa pelan-pelan sudah mulai menaikkan porsi takaran EF nya seperti jangkrik, misalkan pada rawatan hariannya hanya diberikan pagi 3 dan sore 3 ekor, maka di H-3 ini dirubah menjadi 4 x 4 (pagi dan sore), total 8 ekor jangkrika ya. Namun untuk pemberian kroto cukup 1 sendok makan saja diberikannya pada siang hari.

Burung tidak dimandikan, dijemur sebentar saja sekitar 15 sampai 30 menitan. Sekitar pukul 11.00 WIB burung kembali di kerodong Full dan ditempatkan di posisi yang aman, adem, sejuk.

burung-kacer-juara-lomba

Setingan H-2

Pada hari sabtu ini hitungannya sudah masuk H-2 ya, tambahkan lagi porsi pakan jangkriknya menjadi 5 x 5 (pagi dan sore) total 10 ekor. Kroto di tambah porsinya menjadi 2 x 1 sendok makan, berikan pada saat pagi dan malam harinya, burung tidak dimandikan.

Kondisi burung masih sama tetap di full kerodong, tujuan porsi dinaikkan ini agar si burung bisa mendapatkan titik birahi yang baik, dan full kerodong tentunya harus di istirahatkan terlebih dahulu agar fokus menyimpan tenaga untuk pertandingan di hari H nya nanti.

Setingan Hari H

Seumpama, tiket perlombaan burung akan naik gantangan pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB, maka di hari minggu pagi burung di keluarkan dan dikembalikan kembali ke rawatan harian seperti biasanya, yang misalkan burung kalian sering di embunkan, ya silahkan, namun untuk durasi penjemuran di hari H ini juga jagan terlalu berlebihan, cukup 30 menitan saja.

Baca Selengkapnya :  Cara Penilaian Kontes Burung Murai Batu

Untuk untuk memberikan jangkrik di hari H ini sama seperti rawatan harian biasa, dan jangan lupa untuk memberishkan kotoran yang ada dikandangnya pada pagi hari sebelum burung ini dijemur, setelah melakukan rawatan dipagi hari sampai siang sekitar pukul 10.00 WIB, burung kembali di kerodong ya.

Pada sore hari sekitar 16.00 WIB sebelum berangkat ke arena perlombaan, sebaiknya burung dimandikan terlebih dahulu, agar segar, fresh dan birahinya biar lebih stabil. Setelah dimandikan kasihkan kembali 3 ekor jangkrik, kemudian burung siap untuk dibawa ke arena lapangan perlombaan.

Baca juga : Panduan Lengkap Ternak Burung Kacer Untuk Pemula