Ini Dia Rahasia Makanan Murai Batu Harian Biar Cepat Gacor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

makanan murai batu – Kembali lagi bersama web om kicau yg selalu konsisten dalam memberikan tips dan perawatan seputar dunia burung kicauan. Nah dikesempatan kali ini kami akan bagikan info tentang makanan burung murai batu yang paling bagus dan aman tentunya untuk pakan hariannya.

Mungkin bagi para murai batu mania indonesia sudah paham dan mengerti ya pastinya, nah namun untuk yg masih pemula ini yg baru terjun dan belajar bagaimana cara perawatan yg tepat dan memberik makanannya tentu masih pada bingung bukan ?. Bagi kalian yg membutuhkan informasi ini yuk simak terus sampai selesai ya biar mendapatkan manfaat yg bisa di ambil :

7 Jenis Makanan Murai Batu Biar Cepat Gacor


1. Jangkrik

Menu pakan serangga yg satu ini wajib kalian kasihkan setiap harinya ya, untuk melengkapi kebutuhan asupan gizi baik protein yg tinggi yg dimiliki oleh jangkrik tersebut, nah sebelum si jangkrik ini diberikan kepada murai batu, kalian harus wajib memberikan pakan jangkrik terlebih dahulu ya.

Berikanlah seperti daun singkong, atau singkong rebus, jagung mudah yg manis, cabai dan sayur-sayuran yg menjadi pakanan yg disukai oleh JK syaratnya yg banyak mempunyai vitamin serta mineralnya. Nah jika kondisi jangkrik sehat dan perutnya berisi pakanan yg sudah dimakan tentu jangkrik tersebut sangat baik untuk dikonsumsi oleh burung murai batu anda.

makanan-murai-batu-di-alam-liar

Catatan : Adapun porsi jangkrik untuk murai batu muda sebaiknya jangan ditakar-takar jumlahnya, karena burung muda bukan setingan, yg terpenting asupan yg tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan burung tersebut, berbeda dengan takaran burung yg sudah dewasa tentu harus dibatasi dan dihitung.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Perkutut Agar Rajin Bunyi

2. Kroto

Setiap pemelihara burung fighter ekor panjang murai ini tentu membutuhkan kroto pastinya, karena murai sangat menyukainya. Walaupun ada beberapa karakter burung yg tidak suka dengan EF ini, namun kroto adalah menjadi pakan yg terfavorit dari segala jenis pakan.

Karena sifat dari EF kroto ini dapat mendinginkan suhu tubuh murai dan lekas membuatnya menjadi tambah gacor dan menjernihkan suara, serta dapat membongkar lagu materi isian yg dimiliki murai tersebut jika titik birahi dan emosinya sudah pas.

3. Voer / Por

Sudah pasti voer menjadi menu harian murai batu ya, namun ada sebagian dari temen-temen yg bertanya seputar por terbaik untuk murai batu itu merknya apa ?, namun menurut pengalaman pribadi saya memakai gold coin murai yg saya gunakan setiap harinya dan burung lebih sehat dan rajin sekali berkicau hariannya.

Catatan disini : untuk merk tidak harus sama ya, disesuaikan dengan karakter dan kesukaan tentu mana yg lebih disukainya, sebelum itu sebaiknya amati juga persentase yg ada di kemasannya, baik nutrisi, protein dan lain-lain diusahakan yg sedang saja, jangan terlalu tinggi ya.

pakan-voer-murai-batu-terbaik

4. Cacing Tanah

EF cacing ini juga jarang sekali digunakan ya, tidak dianjurkan memberikannya setiap hari juga karena bisa berdampak akan menurunnya suhu tubuh dan drop birahi. Namun jika kondisi murai sedang OB (over birahi) sudah pasti sangat baik untuk dikasihkan sebanyak 2 – 3 ekor cacing sampai terlihat siburung stabil kembali birahinya.

Baca juga artikel terkait disini tentang : cara memahami karakter murai batu

5. Belalang

Salah satu serangga yg menjadi makanan murai batu di alam liar adalah belalang kecil ya, yg dimana burung murai di habitatnya sering turun ke dasar tanah terlebih ketika sedang musim belalang di rumput yg sering loncat-loncat, pasti jika ada burung murai hutan tidak usah ditanya lagi, tentu langsung turun dan menghampiri untuk memburu belalang tersebut.

Baca Selengkapnya :  5 Sayuran yang Aman untuk Dimakan Burung Peliharaan

6. Ulat – Ulatan

Kira-kira jenis ulat apa saja yg baik dan aman untuk diberikan kepada murai kalian ya ?. Temen-temen bisa memberikan pakan ini untuk memvariasikan saja ya, tidak dianjurkan memberinya sebagai pakan harian !.

Karena sifat dari Ulat Hongkong, Ulat Kandang, Ulat Bambu Dan Ulat Daun Pisang memiliki protein yg sangat tinggi sekali, jika diberikan setiap hari maka yg ada birahi burung murai kalian tentu menjadi tidak stabil dan banyak efek sampingnya yg bisa kalian rasakan nantinya. Biasanya pemakaian EF ini hanya dijadikan sebagai setingan lomba untuk mengatur tingkat ketepatan emosi dan birahi si murai agar mau kerja dan nampil digantangan.

7. Buah (pisang)

Catatan, dalam memberikan buah pisang ini sebaiknya kalian memberinya pisang kepok ya itupun dalam kondisi tertentu saja, misalkan burung murai kalian dalam kondisi yg sedang sakit seperti nyilet / kurus, nah ada baiknya dalam memberikan buah tersebut agar metabolisme murai batu kembali stabil dan agar bisa cepat pulih tentunya.

Demikian ya informasi yg sangat singkat namun tidak boleh disepelekan ya dalam memberikan makanan murai batu kesayangan kalian baik itu untuk harian ataupun untuk lomba. Semoga dapat menambah wawasan temen-temen semua, semoga bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari