murai-batu-aceh

Ciri Murai Batu Aceh Trah Sabang Ekor Panjang

Pada kesempatan kali ini, situs resmi OmKicau.ID akan memberikan tips bagaimana cara mengetahui dan mengenal ciri burung murai batu aceh yang memiliki trah ekor panjag!. Memang banyak sekali jenis murai batu di indonesia yang berasal dari berbagai wilayah, daerah tertentu yang memiliki karakteristik dari masing-masing jenis tersebut.

Agar kalian tidak salah dalam menentukan pilihan untuk membeli burung murai batu aceh ini, yuk simak ciri-ciri selengkapnya dibawah ini :

Tips Mudah Membedakan Karakteristik Murai Batu Asal Aceh


1. Tatanan Ekor

Perihal pertama yang gampang buat memandang karakteristik khas Murai Batu Aceh ialah, dengan memandang struktur ataupun pola pada ekornya. Biasanya, ekor Murai khas Aceh yang asli mempunyai dimensi kurang lebih 20 sampai 30 cm tentu melebihi jenis murai batu medan. Murai Aceh (Sabang) ini salah satu jenis murai ekor panjang yang menjuntai, melengkung dan sangat karismatik jika dilihat dari segi penampilannya.

pola-ekor

pola-ekor-murai-aceh

2. Struktur Tubuh

Bentuk ukuran dari murai batu khas Aceh ini memang relatif lebih kecil, bila dibanding dengan Murai yang lain. Bila Murai asal Medan mempunyai bentuk badan yang gagah, hingga Murai Batu asal Aceh lebih semacam botol yang sedikit bulat panjang.

Walaupun mempunyai tubuh relatif kecil, tetapi energi celoteh dari Murai Batu khas Aceh ini lumayan kencang dan tajam di kuping para penghobinya.

3. Harga Burung Murai Batu Aceh

Buat harga jual dipasarannya, murai aceh ini mempunyai harga yang relatif besar nyaris sebanding dengan tipe murai medan, akan tapi seluruhnya pula terkait dari mutu yang dipunyai oleh burung tersebut, mulai dari wujud fisiknya, psikologis dan materi suara kicauannya.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Cucak Jenggot Beserta Suara Dan Harganya

Terlebih bila burung murai batu aceh ini telah kerap di latih dilapangan serta sempat memperoleh prestasi bagus di kontes, latberan atau latpres, telah tentu mempunyai angka harga jual yang amat mahal dibanding dengan yang belum berprestasi.

Buat Murai Batu khas Aceh yang ditangkar oleh para peternak telah tentu mempunyai harga berlainan dengan Murai Batu hasil buruan liar. Harga standar saat ini buat murai aceh yang masih trotolan( bakalan) dapat mencapai 1- 2 jutaan atau ekornya.

Berlainan dengan yang telah berusia serta giat bernyanyi( gacor), paling tidak dihargai dengan harga: 3- 5 jutaan.

Tetapi barometer harga yang diserahkan ialah serupa, semakin bagus kicauannya semakin mahal pula harga yang wajib dikeluarkan. Tentu saja, suara dari Murai khas Aceh ini hendak terus menjadi baik bila dalam membagikan pemeliharaan yang bagus serta intensif.

gambar-murai-batu-aceh

4. Karakter Suara

Murai khas Aceh ini mempunyai suara yang terkategori yang cerdas, apalagi mempunyai sedemikian itu banyak versi suara, keunggulan murai batu aceh ini amat gampang membekuk suara isian atau masteran yang anda bagikan dengan cara teratur serta pas.

Volume suara lumayan nyaring, panjang, dan diimbangi dengan suara tembakan yang runcing serta ngerol. Tidak sedikit para hobiis murai batu yang menghasilkan burung satu ini bagaikan burung gacoannya dilapangan, serta banyak tipe yang telah menyandang titel pemenang berprestasi kategori papan atas sekalipun.

Suara Burung Murai Batu Aceh

Versi 1 – Link | Download

Versi 2 – Link | Download

Versi 3 – Link | Download

Baca juga : Rahasia Setingan Murai Batu Juara