makanan-kacer

3 Jenis Makanan Kacer Yang Sehat Dan Aman

Assalamualaikum wr wb, masih tetap bersama website resmi OmKicau.Id pada kesempatan kali ini akan berbagi tips informasi seputar makanan kacer yang tentu dan sudah pasti aman dan sehat untuk diberikan kepada burung kesayangan temen-temen.

Kacer merupakan salah satu jenis burung fighter pemakan serangga, namun untuk lebih menyaring dan menstabilkan asupan kadar protein hewani yang dikonsumsinya maka kalian harus mengetahui kandungan-kandungan dan manfaat pakan yang diberikan agar si burung mendapatkan vitamin dan mineral yang seimbang.

Memberikan Pakan Burung Kacer Yang Tepat Agar Gacor Maksimal


Voer Berprotein Sedang

Memang jenis pakan voer dialam liar burung kacer tidak mengenalnya, namun pasti berbeda jika sudah dirawat oleh manusia dan pasti si burung bisa mengikuti kebiasaan apa yang pemiliknya berikan setiap hari, sudah pasti voer ini adalah makanan pokok harian yang wajib diberikan kepada burung kacer, karena kandungan voer yang sudah dikemas oleh buatan pabrikan sudah tersedia semua campuran, baik protein, nutrisi, vitamin, dan mineralnya.

Sebelum memilih jenis voer yang cocok untuk burung gacoan, kalian sebaiknya lihat keterangan pada kemasannya yang dimana dari tiap-tiap pabrikan memberikan informasi seputar kandungan / takaran. Usahakan jangan terlalu yang tinggi protein, melainkan yang sedang saja untuk persentase proteinnya berkisar antara 17 – 18 %, para pemain burung kacer mania biasanya menggunakan merk topsong kuning ataupun hijau yang rasa rumput laut yang sudah pasti aman untuk dikonsumsi harian bagi kacer jawara.

voer

Kroto Segar

Telur semut atau sering disebut dengan kroto ini banyak mengandung nutrisi dan sangat baik jika dikonsumsi oleh burung kacer untuk membuat burung lebih rajin berkicau dengan suara yang jernih dan nyaring (vokal menjadi kencang), namun harus disesuaikan dengan takaran dan karakter siburung tersebut, kroto yang baik adalah kroto yang dalam keadaan bersih dan masih fresh.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Cucak Jenggot Beserta Suara Dan Harganya

Jangan sesekali memberikan kroto dalam kondisi yang sudah bau atau tidak segar lagi, karena bukannya membuat burung sehat gacor, yang ada nanti malah membuat penyakit dan masalah baru karena virus dan bakteri dari kroto yang sudah basi.

Biasakan sebelum memberikan kroto harus dibersihkan terlebih dahulu, dari kotoran-kotoran yang bercampur diarea sekitar telur semutnya, biasanya jika kita membeli kroto di kios-kios masih dalam keadaan kotor, dan kita sebagai pemelik burung rawatan kacer harus telaten dan rajin membersihkan kroto dari kotorannya sebelum diberikan atau di konsumsi oleh burung kacer kesayangan anda.

kroto

Jangkrik Sehat Berkualitas

Kacer sangat suka dengan EF jangkrik, pakan tambahan jenis ini juga harus diberikan setiap hari walaupun hanya sebagai pakan pendamping saja, karena kandungan potein yang ada pada jangkrik ini sangat kaya akan zat imun yang baik, walaupun di konsumsi setiap hari.

Biasanya para kacer mania memberikan setingan harian jangkrik dengan porsi standar pagi 3 dan sore 2 ekor, setiap harinya. Akan tetapi anda harus menyesuaikan juga dengan kebiasaan dari burung kacer tersebut. Jangkrik yang dikatakan sehat dan berkualitas adalah jangkrik yang dirawat dengan baik sebelum diberikan kepada burung. Ada baiknya jangkrik juga diberikan asupan pakan seperti daun singkong, singkong rebus, jagung muda, sayur-sayuran lainnya.

jangkrik

Jika jangkrik diberikan asupan maka perut jangkrik akan padat berisi, tidak kempet atau kempes, otomatis jika dimakan oleh burung akan mendapatkan kaya manfaat juga pastinya. Selain jangkrik diberikan pakan, lebih maksimalnya lagi di jemur setiap pagi agar kondisi jangkrik sehat tidak penyakitan. Namun jangan terlalu berlama – lama menjemurnya, karena sifat serangga kecil ini tidak tahan panas, dikhawatirkan jika kelamaan dijemur akan kepanasan dan bisa mati jangkriknya.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Cipoh Beserta Harga di Pasaran

Memang ada banyak sekali macam serangga yang dapat diberikan kepada burung kacer ini, akan tetapi jangan asal-asal memberikannya, yang dikhawatirkan jika sembarangan memberikan pakan EF tambahan berupa serangga, jika burung kacer anda tidak cocok maka akan menimbulkan masalah yang cukup serius.

Baca juga : Download Masteran Kacer Juara