Makanan Burung Srigunting

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Memperhatikan Makanan Burung Srigunting saat dalam perawatan kita tentunya harus kita lakukan. Guna mendapatkan hasil maksimal mulai dari kesehatan dan stamina yang terjaga hingga burung menjadi gacor seperti harapan kita.

Dialam bebasnya srigunting memangsa serangga kecil, laba-laba dan beberapa hewan kecil lain disekitarnya. Habitat aslinya di dataran tinggi namun terkadang

ditemukan juga didaerah sekitar pemukiman warga. Meskipun makanan utamanya serangga, ternyata dia juga menyukai nektar bunga dan juga buah-buahan segar

yang manis rasanya yang sering dijumpai ketika betengger dibawah pepohonan. hal ini juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin hariannya.

makanan-burung-srigunting-tangkapan-baru

Srigunting sendiri memiliki warna bulu yang gelap ada yang hitam pekat ada juga yang hitam agak pudar tergantung jenisnya. Disebut srigunting karena dibagian ekornya seperti membentuk gunting.

Dalam perawatan harian masih ada yang masih bingung untuk memberikan makanan apa saja dan berikut di artikel ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu berikut beberapa makanan burung srigunting.

Daftar Isi

Jenis Makanan Bagi Burung Srigunting

1. Voer

Srigunting bisa dilatih untuk mengkonsumsi voer sebagai makanan tambahan yang bergizi, biasanya yang digunakan voer kasar seperti makanan pada burung murai dan kacer. Perbedaannya dimana biasanya

voer digunakan sebagai pakan utama, untuk srigunting pakan utamanya berupa serangga seperti jangrik, kroto dan ulat hongkong. Sehingga pemberian voer cukup 1/2 sampai 1 sendok teh perharinya.

2. Serangga

dialam bebas dia memakan serangga sebagai makanan pokoknya yang banyak mengandung protein dan begitu juga ketika dia berada dalam perawatan kita dia juga banyak mengkonsumsi sumber protein sebagai berikut :

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Kacer Setelah Dilombakan

1. Jangkrik : Pemberian jangkrik sebanyak 10 sampai 15 ekor perhari nya yang dibagi menjadi 3 kali waktu makan. sebelum pemberian kaki dan sayap harus dibuang terlebih dahulu karena bagian itu sulit di cerna.

2. Ulat Hongkong : Karena dia bersifat panas sehingga pemberiannya tidak boleh terlalu banyak yang akan menyebabkan dia menjadi over birahi pemberiannya cukup 10 ekor per hari dibagi menjadi 3 kali waktu makan.

3. Ulat Kandang : Bentuknya menyerupai ulat hongkong namun ukurannya lebih kecil dan warnanya lebih gelap. pemberiannya boleh sekenyangnya burung karena tidak bersifat panas.

4. Laba-laba : dialam bebasnya dia juga banyak memakan laba-lama sebagai makanannya.

5. Ulat Tembakau : karena srigunting juga banyak berpindah dari dataran tinggi ke perkebunan dan juga ke pemukiman warna sehingga dia suka memakan ulat baik ulat pisang maupun ulat tembakau sebagai asupan makanannya.

cara-burung-srigunting-cepat-makan-voer

3. Buahan Segar

Meskipun dia merupakan burung pemakan serangga ternyata di alam bebas dia juga memakan buahan segar yang banyak mengandung air untuk asupan cairannya karena burung srigunting ini cukup jarang minum.

Buah yang sangat disukainya berupa Melon, pepaya, apel dan pir serta terkadang dia juga memakan pisang kepok putih yang rasanya manis dan juga teksturnya tidak terlalu lembek.

4. Nektar

Meskipun sangat jarang, burung srigunting juga menyukai nektar dialam bebasnya. biasanya dia memakan untuk menambah stamina karena kandungan gula pada nektar bisa diubah menjadi energi. sehingga sesekali bisa kalian berikan susu kental manis yang dicampur air sebagai tambahan makanannya .

Selain SKM kalian juga bisa memberikan madu yang juga bagus untuk menambah energi si burung. Tetapi jangan terlalu banyak pemberian cukup 1 minggu sekali saya ya sobat kicau.

Baca Selengkapnya :  Perawatan Burung Kenari Mabung

Nah sobat kicau itulah tadi beberapa jenis makanan burung srigunting yang harus kalian ketahui semoga informasih ini bermanfaat menambah wawasan kita semua dan kami ucapkan banyak terimakasih sudah setia membaca artikel dari kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari