perawatan-burung-trucukan

Tips Perawatan Burung Trucukan Agar Gacor Dan Ngeropel

perawatan burung trucukan – Dalam memelihara serta merawat burung trucuk yang sehat dan gacor pasti sangat diharapkan bagi setiap penghobi trucukan mania, selain suaranya yang ropel dan bervariasi yang enak dan merdu untuk didengarkan burung trucuk ini sering juga digunakan sebagai burung masteran atau isian untuk jenis burung ocehan lainnya.

Dari beberapa pertanyaan dan komentar temen-temen trucukan mania, yang dimana masih ada yang bingung bagai mana sih caranya merawat burung trucukan ini dengan baik dan benar agar bisa rajin berkicau ?. Nah pada kesempatan kali ini om kicau akan berikan tips bongkar perawatan harian burung trucukan agar gacor dan selalu rajin bunyi, Penasaran ?. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik mudah cara merawat burung trucukan agar rajin berkicau


Hal pertama apa yang harus kita lakukan setiap harinya ?.

Kebersihan Kandang

Pada waktu pagi hari sekitar pukul 7.00 WIB, bersihkan kotoran pada kandang burung trucukan setiap harinya secara rutin, agar burung sehat dan nyaman berada disangkar dengan udara yang bersih, dan terhindar dari penyakit ataupun parasit kutu yang dapat menggangu kesehatan trucukan kesayangan anda.

menjaga-kebersihan-kandang

Kebersihan Tempat Pakan Dan Minum

Lalu jangan lupa juga bersihkan wadah tempat pakan dan minumnya, agar selalu steril , biasanya khusus untuk cepuk air minumnya yang sudah berlumut atau sering kotor bersihkanlah, dan selalu mengganti air minum burung ini setiap hari menggunakan air mineral yang sudah dimasak matang, bertujuan untuk menjaga kesehatan burung agar selalu terjaga.

Baca Selengkapnya :  Daftar Harga Burung Kacer Terupdate Dan Terlengkap 2020

Untuk pakan voernya juga boleh diganti maksimal 3 hari sekali, jangan sampai menunggu voernya habis ya, melainkan mengguanak waktu hari yang telah ditentukan agar pakan yang segar dan berkualitas diberikan setiap hari dari kandungan voer itu sendiri mengandung manfaat.

Memandikan Dan Menjemur

Setiap jenis perawatan untuk semua burung apapun, pasti membutuhkan yang namanya mandi dan berjemur, karena dari keudua hal ini tidak bisa dipisahkan, namun ritme jadwal peberian waktu dan caranya saja yang harus tepat, agar burung yang kita rawat bisa terbiasa dan mudah beradaptasi dengan pola rawatan yang anda berikan setiap hari, inti dan kuncinya harus telaten dan konsisten ya temen-temen.

Pada umumnya, memandikan burung trucukan ini yang baik pada waktu pagi hari sekitar pukul : 08.00 WIB sampai pukul : 09.00 WIB, jika burung setelah selesai dimandikan, baru ketahap penjemuran yang normal saja antara 45 menit sampai 1 jam , proses penjemuran jangan melebihi pukul : 10.00 WIB siang, karena jika menjemur terlalu lama maka burung trucuk ini mudah stres.

pemberian-pakan-burung-trucuk

Pemberian pakan harian

Makanan untuk harian burung trucuk ini yang wajib diberikan adalah yang pertama voer, berikanlah voer di wadah cepuk pakannya sesuai dengan jenis yang disukainya, serta dalam pemberian voer ini jangan terlalu banyak-banyak asalkan bisa 1 atau sampai 2 hari bisa habis baru bisa kita tuangkan kembali dengan voer yang baru dan masih fresh.

Serta berikanlah serangga kecil seperti jangkrik , pada waktu pagi setelah burung dijemur berikan 2 – 3 ekor dan sore hari menjelang malam hari sekitar 2 ekor saja cukup. Untuk pemberian kroto cukup seminggu sekali saja – 1 sendok makan.

Lalu berikan juga makanan penunjang seperti buah pepaya yang masih segar dan matang (manis) sangat baik untuk asupan vitamin alami bagi burung trucukan ini agar si burung tidak mudah stres, dan bisa cepat gacor.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Anis Merah Supaya Teler Gacor Ngeplong

Untuk pemberian buah juga bisa di selang seling atau divariasikan menggunakan pisang kepok, dengan pepaya ini, misalkan di hari senin sampai rabu diberikan buah pepaya, kemudaian dihari kamis sampai minggu buah pisang, agar si burung tidak terlalu jenuh dan bosan.

Pemberian Doping Alami

Apa itu doping alami ?. yang dimaksud disini adalah racikan buatan kita sendiri ya temen-temen, yang terbuat dari bahan-bahan alami yang sifatnya untuk mendongkrak stamina, birahi dan emosi siburung agar cepat bisa naik dan maksimal untuk berkicau setiap harinya menjadi gacor.

Bagaimana cara meracik doping alami untuk burung trucukan ini ?. Caranya sangat mudah dengan anda harus menyiapkan rebusan air mengkudu atau pace yang sudah matang, dan di dinginkan siapkanlah di botol secukupnya untuk pemberian selama 3 hari berturut – turut, simpanlah ramuan air minum doping pace ini di tempat yang sejuk seperti di dalam kulkas.

rebusan-air-mengkudu-pace

Tidak disarankan menggunakan doping ini jika sudah lebih dari 3 hari, karena sudah tidak segar , basi dan bisa malah berbahaya nantinya untuk kesehatan burung.

Berikan rebusan air mengkudu ini cukup 1 minggu 3 hari berturut turut, lalu pantau dan amati gerak gerik si burung trucukan ini, di minggu depannya, apakah sudah ada perubahan dari suara kicauannya ataukah belum ?.

Jika belum lakukan kembali di minggu depannya dengan cara yang sama, dan untuk burung trucuk yang sudah terlihat bereaksi menambah kegacorannya sehabis diberikan ramuan racikan mengkudu ini, sebaiknya di stop dan hanya boleh diberikan maksimal 2 minggu sekali saja untuk menambah power dan stamina si burung tersebut.

Demikian tips cara perawatan burung trucukan yang dapat anda praktekan dirumah untuk burung kesayangan anda semoga berhasil dan tambah gacor ya. Semoga bermanfaat.

Baca Selengkapnya :  4 Jenis Makanan Kenari Terbaik Agar Memiliki Suara Merdu

Baca juga : Mengenal Jenis Burung Trucuk (Makanan, Harga, Suara)