Makanan Burung Punai

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Halo sobat omkicau tentunya kalian sudah tahu apa itu burung punai, tetapi apakah kalian sudah tahu bagaimana cara merawatnya dengan baik serta apa saja Makanan Burung Punai yang memiliki manfaat untuk tubuhnya.

Kalau belum tahu sobat semua tidak perlu bingung karena di artikel ini kami akan memberitahukan cara perawatan rutin burung punai serta beberapa jenis pakan serta manfaatnya bagi si burung.

Burung punai termasuk burung yang memiliki ukuran tubuh besar, jenis punai memiliki sekitar 13 spesies dengan ciri-ciri yang sedikit berbeda satu sama lain postur tubuh punai ialah gemuk dan pendekk.

Punai sendiri termasuk burung pemakan buah-buahan serta biji-bijian, di alam bebasnya dia biasa menghabiskan waktu dengan beraktifitas diatas pohon. Burung ini berhabitat asli dihutan hujan dataran rendah.

Kalau kalian sudah memutuskan untuk memeliharanya kalian wajib memperlakukannya dengan perawatan terbaik dan memberikan asupan makanan yang bernutrisi dan berikut kami sajikan caranya.

pur-burung-punai


Beberapa Makanan Burung Punai

voer

karena mendapatkan makanan punai cukup sulit sehingga ketika kita merawatnya kita harus melatihnya memakan voer untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya, voer yang digunakan tentunya voer yang berukuran besar.

Karena punai mirip dengan merpati sehingga kalian bisa melatihnya memakan voer untuk burung merpati. cara melatihnya mungkin tidak lah mudah memerlupan waktu yang cukup lama dengan kesabaran.

makanan-burung-punai-liar

Pepaya

Buah yang satu ini baik untuk menjaga kesehatan pencernaan burung, selain itu didalam buah pepaya banyak terkandung air dan vitamin. Kalian bisa memberikan pepaya sambil dia dilatih makan voer.

Berikan pepaya dengan dipotong-potong kecil supaya dia mudah memakannya atau ditusuk dengan lidi dan disuapi dengan telaten. Pastikan pepaya yang kalain berikan tidak busuk ya sobat.

Buah Mayam

Jenis buah yang satu ini memang tumbuh didaerah hutan sehingga kita mungkin jarang menjumpainya, buah ini memiliki ukuran yang tidak besar dan buahnya lunak sehingga sangat disukai oleh si punai.

Kalau kalian mendapatkan burung punai hasil tangkapan dan stress kalian harus mencari buah yang satu ini supaya dia tetap mau makan sambil diajari memakan voer bisa dicampurkan juga.

mitos-burung-punai

Kacang Hijau

Didalam kacang hijau banyak terkandung protein, karbohidrat dan juga serat sehingga baik untuk dimakan manusia dan juga hewan. karena punai juga termasuk pemakan bijian tentunya dia akan menyukai kacang hijau ini.

Cara memberikannya bisa dimasukan ke cepuk makanannya atau bisa juga disuapi langsung. Supaya lebih lunak sebelum diberikan kacang hijau direndam terlebih dahulu kurang lebih 1 sampai 2 jam.

Jangkrik

Selain buahan dan bijian ternyata di alam bebas burung punai ini memakan serangga kecil disekitarnya dan juga memakan kerang-kerangan yang ada diusungai dan rawa sehingga kamu bisa memberikan dia jangkrik.

Jangkrik memiliki kandungan protein yang baik untuk stamina siburung sehingga tidak mudah terserang penyakit pemberian jangkrik agak lebih banyak mengingat tubuh punai yang besar.

Kroto

Mungkin saja burung punai tidak memakan larva semut ini dihabitat aslinya karena memang dia memakan serangga yang agak besar seperti belalang, laba-laba dan lain, tetapi dalam perawatan tentunya kita harus membiasakan

si punai untuk memakan kroto karena banyak manfaatnya, karena dasarnya serangga burung punai sendiri tidak sulit untuk beradaptasi memakan si kroto ini.

Sobat kicau itulah tadi beberapa jenis makanan burung punai semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih banyak sudah selalu setia membaca artikel dari omkicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari