Mengenal Jenis Burung Punai

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Burung Punai – Halo sobat omkicau kembali lagi bersama kami yang akan selalu berbagi informasi penting dan menarik seputar berbagai jenis burung yang ada di Indonesia maupun mancanegara jadi baca terus artikelnya.

Punai memiliki kekerabatan dengan jenis merpati sehingga didalam bahasa inggris dia disebut dengan green pigeon atau merpati hijau, karena memang tubuhnya didominasi dengan warna hijau bercorak

yang membuat dia semakin terlihat cantik dan menarik. Dia banyak ditemukan dipepohonan sambil mencari makanan berupa buah-buahan yang manis. Dia berhabitat asli didaerah hutan hujan dataran rendah

sampai ke hutan hujan dataran tinggi. Tetapi terkadang dia ditemukan juga di pinggiran hutan, perkebunan sampai ke pemukiman penduduk baik pedesaan maupun perkotaan. jadi dengan kata lain penyebarannya cukup luas.

Tercatat ada 23 jenis atau spesies burung punai dan akan kita bahas untuk memperkenalkannya ke kalian semua meskpun tidak sampai 23 ya sobat mungkin beberapa yang umum dikenal saja, yuk langsung saja baca artikelnya sampai abis.

harga-burung-punai

Mengenal Lebih Jauh Burung Punai


Jenis – Jenis Burung Punai

1. Punai Bakau : Dia memiliki warna coklat dibagian kepala dan dibagian bahunya berwarna merah padam untuk yang berkelamin jantan sedangkan yang betina memiliki warna lebih buram.

2. Punai Besar : ukuran badannya besar, memiliki bulu berwarna abu-abu, coklat dan ada kombinasi putih dibagian leher dibagian kakinya berwarna kuning dan dibagian ujung ekor berwarna coklat pekat. Pada betinanya warnanya hapir sama tetapi lebih pudar.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Trucukan Bagi Yang Sibuk Kerja

3. Punai Flores : untuk yang satu ini dia memiliki warna abu-abu keputihan dibagian kepala sampai ke dahinya dan bagian tubuhnya didominasi dengan warna hijau dan dibagian sayapnya ada corak warna yang sangat cantik.

4. Punai Gading : yang berkelamin jantan memiliki kombinasi warna yang unik dimana kepala atas berwarna abu-abu, leher berwarna pink muda dan bagian dadanya berwarna oranye dan dibagian tubuhnya berwarna hijau dan ekornya berwarna kecoklatan.

5. Punai Gagak : burung yang berkelamin jantan berwarna hijau dengan warna merah dibagian bahunya selain itu dibagian kepalanya terdapat seperti topi dibagian atas kepalanya. sedangkan bulu hijau mendominasi dibagian tubuhnya.

Sebenarnya masih banyak lagi ada punai kecil, punai lengguak, punai salung, punai penganten dan beberapa jenis lainnya yang akan kita bahas nanti di artikel lain jadi terus setia pantengin omkicau ya.

Makanan Burung Punai

Dialam bebasnya dia memakan biji – bijian dan juga buah-buahan sehingga kalian bisa memberikannya dengan baik pilih yang disukainya. dan selain itu dia juga memakan serangga seperti jangkrik

cacing tanah dan juga dalam perawatan kalian bisa memberikan kacang-kacangan juga sebenarnya cukup mudah ya karena dia termasuk burung yang bisa memakan segalanya tetapi pastikan dnegan jumlah yang tepat.

makanan-burung-punai

Perilaku Hidup Punai

Dia termasuk hewan yang hidup berkoloni dimana ketika dia mencari makanan di suatu tempat dia bergerombol dalam 20 sampai 30 ekor didalam kelompoknya. tetapi pada musim penghujan

biasanya akan lebih sedikit kemungkinan kurang dari 10 ekor per kelompok, pasalnya sebagian besar kelompoknya sedang mengerami telur-telurnya dimana pada masa itu merupakan masa reproduksi bagi burung punai.

Keuntungan dari hidup berkelompok ini bagi mereka ialah menghidari dari kelompok pemangsa yang kemungkinan pengintainya dihutan dan dia juga selalu bersama-sama ketika minum dengan mencelupkan paruhnya dan biasanya dia minum cukup banyak.

Baca Selengkapnya :  Pasaran Harga Kenari F1

Nah itulah tadi informasi menarik dan wajib kalian ketahui tentang burung punai semoga informasi ini bermanfaat menambah pengetahuan kalian. selamat membaca dan salam sehat selalu sobat kicau.

baca juga : suara burung punai mp3

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari