Makanan Burung Poksay Mandarin

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Merawat dan mengetahui apasaja Makanan Burung Poksay Mandarin tentunya sangat penting ketika kalian sudah memutuskan untuk membelinya. Seperti yang kita ketahui poksay ini memang sangat menarik untuk dimiliki.

Pemberian makanan harus lah di perhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. selain itu kebersihannya pun harus terjaga. Sering kali ada pertanyaan dari pemelihara poksay

dimana dia mengeluhkan karena burungnya tidak gacor bahkan terganggu kesehatannya. tentunya kalian juga harus kembali memperhatikan perawatan yang kamu lakukan setiap harinya. Kalau tikak sesuai tentu hasilnya juga tidak akan baik.

makanan-burung-poksay-hongkong

Berikut ini akan kami informasikan perawatan harian poksay dan juga apasaja makanannya.

Jenis-jenis Makanan Poksay Mandarin

1. Voer

Sebagai makanan pokok hariannya kita memberikan voer setiap hari, karena didalamnya terkandung nutrisi yang cukup komplit untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya mulai dari karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

Ada beberapa rekomendasi voer yang banyak digunakan untuk poksay mandarin sebagai berikut :

Topsong Kuning : tidak hanya untuk poksay merk ini juga digunakan untuk beberapa jenis burung lain seperti murai dan kacer. Didalamnya terkandung serangga, telur, minyak ikan, dan bahan pelengkap lain.

kegunaannya untuk menambah stamina burung, meningkatkan kelincahan, mencegah dari gangguan penyakit dan yang terpenting adalah memenuhi asupan nutrisi hariannya. Harganya juga cukup murah Rp9.000 per kemasan.

Fancy Gold : Yang menjadi istimewa ialah didalam nya terkandung rumput laut yang bagus untuk pertumbuhan bulunya. Untuk voer ini cocok diberikan ketika sedang mabung selain itu nutrisinya juga lengkap. Harga perkemasan 450 gr berkisar Rp13.500 per pack.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Tledekan Biar Cepet Gacor

voer-untuk-poksay-mandarin

2. Buah-buahan

Selain voer kita juga harus memberikannya buah-buahan setiap hari memang karena burung poksay mandarin menyukai buahan juga. Selain itu didalam buah banyak terkandung serat dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatannya.

Pisang Kepok : salah satu buah yang disukai poksay mandarin ialah pisang kepok putih, karna rasanya yang manis dan juga teksturnya yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek tentunya pas untuk dia. didalam pisang juga terkandung potasium dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan paruhnya.

Pepaya : selain pisang kepok dia juga menyukai pepaya. karena rasanya yang manis dan juga mengandung banyak serat untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Sebelum memberikan pastikan tingkat kematangannya pas dan tidak busuk.

Pemberian buah yang sudah busuk atau hampir busuk tentunya akan mengganggu kesehatan si burung sehingga kalian harus benar-benar memperhatikan selain itu setelah pemberian harus dibersihkan kembali kandangnya.

3. Serangga Kecil Sebagai EF

Untuk memenuhi kebutuhan protein hariannya kalian juga harus memberikan dia EF seperti jangkrik yang banyak dijual di kios burung sehingga kalian tidak perlu repot menangkapnya ya gais.

selain itu kalian bisa memberikan larva semut atau yang dikenal dengan kroto, pemberiannya juga harus sesuai takaran karena kalau kelebihan maka burung akan over birahi yang akan membuatnya mencabuti bulunya bahkan akan mogok kicau.

Selain dua jenis itu kalian juga bisa memberikan ulat hongkong tetapi pemberiannya cukup 1 sendok teh per hari saja karena dia bersifat panas yang tentunya akan meningkatkan suhu tubuh. tetapi cocok saat musim dingin.

Ulat kandang juga bagus untuk memenuhi kebutuhan protein hariannya, bentuknya mirip dengan ulat hongkong tetapi lebih kecil namun dia stabil jadi agak banyak sedikit juga pemberiannya tidak masalah.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Memberikan Perawatan Burung Pleci Yang Tepat

makanan-burung-poksay

Nah sobat kicau itulah tadi beberapa makanan burung poksay mandarin yang bisa kalian berikan selama dalam perawatan semoga informasi ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian dan terus membaca updatean artikel dari kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari