Mengenal Jenis Burung Poksay Mandarin

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Burung Poksay Mandarin merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati dikalangan kicau mania dimana burung ini memikiki suara yang merdu dan dia juga jago menirukan kicauan burung lain.

Meskipun secara fisik dia terlihat biasa saja dan sederhana tetapi kemampuannya berkicau dengan variasi suara yang mencapai 12 varian sehingga tak heran kalau dia mampu menghipnotis peminatnya dan puncaknya di tahun 90 an.

Poksay bukan burung endemik Indonesia, ia merupakan burung import dari hongkong sehingga tak heran kalau harganya pun cukup tinggi pada saat itu. Popularitasnya menurun ketika ada larangan

mengimport burung kicau yang dikeluarkan oleh pemerintan sehingga tingkat kepopulerannya menurun. Tetapi kini kembali banyak orang yang memeliharanya kembali bahkan ada yang membudidayakannya sehingga

kalian bisa memilikinya dengan mudah tidak menjadi langka. Nah buat kalian yang masih penasaran di artikel ini kita akan mengulik tentang burung poksay ini tentunya kalian harus membacanya sampai habis.

burung-poksay-mandarin-betina

Mengenal Burung Poksay Mandarin

Ciri-Ciri Poksay Mandarin

Ada beberapa jenis burung poksay dan yang menjadi terfavorit ialah poksay mandarin dimana dia memiliki keunikan dan juga terkenal dengan suaranya yang paling merdu. Kalau kalian mau memiliki

poksay yang gacor dengan variasi suara yang banyak pastikan kalian membeli yang berkelamin jantan. Karena yang berkelamin betina dia hanya memiliki suara 1 variasi saja malahan jarang berkicau.

Supaya kalian tidak salah membeli dan melilih poksay jenis mandarin perhatikan beberapa cirinya sebagai berikut :

Baca Selengkapnya :  Mengenal Burung Kolibri Wulung, Harga, Suara, Makanan

1. Dia memiliki bulu berwarna abu-abu yang bersih pada bagian dada, punggung sampai ke ekornya. Di bagian tunggir dan kepalanya berwarna coklat dan memiliki ekor yang cukup panjang.

2. Paruh burung poksay mandarin berwarna kuning tua, di bagian matanya terdapat lis putih yang melingkari matanya dan sorot matanya semakin tajam dengan bola matanya yang hitam dan bulat.

3. Kakinya berwarna kuning, mulus tidak berdeker dan juga jenjang sehingga burung ini semakin gagah ketika berdiri terlebih dengan ukuran tubuhnya yang cukup besar menambah kecantikannya meskipun terlihat sederhana.

baca juga : cara merawat burung poksay mandarin cepat gacor

harga-burung-poksay-mandarin

Perbedaan Poksay Mandarin Jantan dan betina

1. Secara Fisik

Postur tubuh poksay mandarin jantan lebih besar dibandingkan yang berkelamin betina. Selain itu postur tubuh poksay jantan lebih tegap dan kepalanya lebih mendongak. kalau kalian menemukan burung

poksay dengan kepala yang tidak mendongak dan lebih rata dipastikan dia berkelamin betina. sebelum membeli biasanya perhatikan dulu jangan langsung membeli dengan cepat mengingat harganya yang tidak murah.

2. Ukuran Kepalanya

Jika kalian lihat bentuk dan ukuran kepala yang dimiliki burung jantan dia lebih besar dan menonjol sedikit serta matanya yang bulat yang membuatnya terlihat semakin garang sedangkan burung betina

kepalanya lebih kecil dan matanya agak sedikit memanjang sehingga terlihat lebih sayu.

3. Warna Bulunya

Secara umum kalau dilihat tentu warna poksay mandarin baik itu berkelamin jantan maupun betina tentunya sama. yang berbeda malah terletak pada warna tunggirnya dimana pejantan memiliki warna coklat kemerahan

sedangkan pada tunggir burung betina tidak ada warna itu hanyalah berwarna abu-abu seperti pada bagian punggung dan dadanya. Selain itu poksay jantan lebih tenang sedangkan poksay betina lebih gesit sehingga sulit ditangkap.

Baca Selengkapnya :  Inilah Keunikan Burung Nuri Kepala Hitam Yang Wajib Diketahui

Makanan Burung Poksay

Voer merupakan makanan utama yang memang menjadi kesukaannya. Dia sangat menyukai voer kasar dengan konsentrasi protein yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan asupan hariannya.

selain itu dia juga menyukai buah-buahan seperti pepaya dan pisang. selain itu pemberian pisang dan pepaya setiap hari bermanfaat untuk memenuhi asupan potasium dan juga vitamin sesuai kebutuhannya.

Bagaimana apakah kalian tertarik juga dengan burung poksay mandarin ini semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita di bidang burung kicau. Kami ucapkan terimakasih buat sobat omkicau semua dimanapun berada.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari