Makanan Burung Pelatuk

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Kembali berjumpa lagi bermasa Om Kicau, nah di kesempatan kali ini kami akan update informasi seputar jenis makanan burung pelatuk, khusus bagi temen-temen yg masih pemula dan baru mencoba merawat burung unik yg satu ini pasti bingung ya cara memberikan pakan hariannya yg tepat agar rajin berkicau (gacor).

Ada banyak jenis pelatuk yg ada di nusantara kita ini ya, dan yg paling populer dan sering dirawat oleh para kicau mania yg maksudnya hanya untuk dijadikan sebagai burung isian (masteran) adalah jenis pelatuk bawang ini,

karena mitos memelihara burung pelatuk serta karakter suara burung pelatuk ini memiliki volume yg sangat kencang ya ketika berkicau dan tembakan ketawa yang rapat tanpa berjedah, biasanya di pakai untuk memaster burung murai batu ya temen-temen.

Oke lanjut saja ke pokok bahasannya dan kalian bisa simak dibawah ini :

Apa Makanan Burung Pelatuk ?


Makanan Burung Pelatuk Di Alam

Banyak temen-temen kicaumania yg masih belum mengetahuinya makanan pokok burung pelatuk yg wajib diberikan setiap hari, nah untuk makanan burung pelatuk di alam liar tentu sangat menyukai serangga kecil yang bersarang di dalam pohon ya, seperti rayap, laba-laba kecil ataupun jangkrik dan ulat.

Inilah keistimewaan yg dimilikinya ketika saat mencari makanan burung pelatuk dapat memanjat pohon karena burung tersebut mempunyai insting yg sangat baik untuk berburu mangsanya.

jenis-makanan-burung-pelatuk

Makanan Burung Pelatuk Harian

Bagi temen-temen yang ingin mencoba merawat burung pelatuk tentu sangat membutuhkan informasi rawatan harian, baik itu pakan, penjinakkan dan perawatan hariannya yang tepat agar burung selalu sehat dan gacor ya.

Baca Selengkapnya :  7 Jenis Burung Populer Di Indonesia Yang Memiliki Banyak Fans

Apa makanan burung pelatuk beras dengan jenis pelatuk lainnya berbeda ?. tentu pada dasar sama makanan pokok burung pelatuk yaitu full serangga ya, karena di alam bebas burung ini tidak mengenal yg namanya pakan instan, namun tidak ada salahnya juga jika kita mengajarkan dan melatihnya dengan pakan-pakan voer agar bisa membuat tubuh burung selalu FIT karena asupan pakan yang dibutuhkan selalu tercukupi ya.

Dalam memberikan makanan untuk burung pelatuk setiap hari, biasanya pagi diberikan 5 dan sore 5 ekor jangkrik ya, dan untuk pemberian kroto cukup 3 kali saja dalam seminggu, ulat hongkong setiap hari cukup 3 – 4 ekor saja ya temen-temen.

Intinya untuk takaran / jumlah porsi pakan serangga yang kalian sajikan kepada burung pelatuk ini disesuaikan juga dengan kebiasan dan karakternya ya.

Cara Melatih Burung Pelatuk Agar Mau Makan Voer

Sebenarnya burung pelatuk ini jika sudah jinak pasti sangat mudah untuk mengajarinya untuk makan voer ya, teknik memeberikan pelatihan untuk burung ini agar suka dengan pakan voer tentu sangat mudah ya, dan banyak metode yg berbeda-beda pula.

Nah tips yg kami berikan ini cara mengajari pelatuk agar ngepur dengan menggunakan pakan belalang kecil dan pur lele ya. Jika usia burung pelatuk kalian sudah dewasa tentu dengan cara memakai kroto yg dicampur pur lele juga sangat optimal hasilnya ya, bisa kalian berikan secara berturut-turut selama kurang lebih 1 – 2 mingguan lah ya.

Berbeda dengan kondisi burung yg masih anakan, temen-temen bisa mengajarinya langsung dengan menggunakan lidi yg berukuran diamter agak tebal ya, lalu dicelupkan / dibasahi menggunakan air minum lalu diceluplkan lidi tersebut kedalam pur hingga menempel di ujung bagian lidi nya ya, lalu suapi / loloh langsung ke paruh burung. Lakukan meloloh dengan cari ini selama kurun waktu 2 – 3 mingguan ya.

Baca Selengkapnya :  Cara Memaksimalkan Stamina Burung Kacer Agar Siap Digantangan

makanan-pokok-burung-pelatuk

Baca juga artikel lainnya : burung pelatuk beras

Memang gampang-gampang susah juga ya melatih burung agar cepat untuk ngepur terlebih burung pelatuk ini ya, namun jika usaha kalian memang benar-benar telaten, serta konsisten tentu lama-kelamaan juga si burung akan terbiasa nantinya dengan rasa pur yang kalian berikan, lalu si pelatuk ini bisa ngepur total malahan, dan intinya hanya kesabaran kalian masing-masing ya.

Catatan : yang harus yg kalian ingat ya, jika burung ini nantinya sudah jadi gacor, jinak dan mau ngepur tentu harga burung pelatuk seperti ini memiliki harga yang sangat tinggi tentunya.

Demikianlah tips singkat tentang makanan burung pelatuk, yg bisa kalian terapkan kepada burung pelatuk kesayangan temen-temen ya, semoga sukses dan dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari