cara-merawat-burung-branjangan

Tips Mudah Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Kembali lagi masih bersama situs resmi OmKicau.ID yang selalu konsisten memberikan tips informasi, setingan, perawatan burung kicau di indonesia, namun pada kesempatan kali ini topik pembahasan tentang cara merawat burung branjangan dengan mudah setiap harinya agar bisa rajin berkicau (gacor). Penasaran Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Memberikan Perawatan Harian Burung Branjangan


Menyiapkan Perlengkapan Kandang

Kandang umum utuk burung branjangan ini memang berbeda dengan jenis burung ocehan yang lain, biasanya terbuat dari kayu jati, berbentuk bulat dan memanjang keatas, serta tangkringan / tenggerannya berdiri yang di ujungnya ditempatkan batu kasar, serta siapkan juga pada lantai dasar di kadangnnya seperti batu krikil halus.

kandang-burung-branjangan

Cara Adaptasi Lingkungan Yang Baru

Sehabis membeli dan membawanya ke rumah, kasih durasi dia buat menyesuaikan diri terlebih dulu, baik burung branjangan yang baru didapat tentunya masih kaget dengan suasana baru di tempat kalian.

Namun ketika saat menghuni tempat anyar pasti memerlukan penyesuaian diri, hal ini memang sangat perlu dilakukan, jangan tergesa-gesa untuk memandikan, menjemur dan mengablak si burung di sembarang tempat, yang ada nantinya burung bakal kaget dan stress yang bisa mengakibatkan burung macet bunyi.

Sebaiknya ditempatkan terlebih dahulu ditempat yang tenang, sejuk, aman dan nyaman, kondisi sangkar harus masih dalam keadaan dikerodong ya, perhatikan dan pantau sampai burung mau mengeluarkan suara di kandang dengan posisi di kerodong, menandakan burung sudah mulai terbiasa dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Baca Selengkapnya :  Cara Ternak Murai Batu Pemula Agar Sukses

Dengan kondisi seperti ini baru kalian boleh mencoba untuk selalu mendekatinya serta berikan langsung pakan langsung dengan tangan supaya dia tidak khawatir serta mulai tahu dengan pemiliknya.

pasir-atau-krikil-bata

Menjaga Selalu Kebersihan Kandang

Namun setiap harinya Usahakanlah kandang supaya senantiasa terpelihara kebersihannya, spesialnya di bagian dasarnya. Dengan begitu burung hendak merasa nyaman bila terletak di dalamnya. Sudah pasti kondisi kesehatan dan perasaan burung yang aman hendak memicu burung supaya lebih giat bersuara.

Namun untuk mengganti serbuk pasir yang ada di dasar sangkarnya juga perlu dilakukan dengan cara teratur. Tidak hanya itu pula dapat membuat burung senantiasa segar serta tidak gampang terkena oleh kutu ataupun jamur. Gantilah bahan serbuk pasir yang lama dengan yang terbaru, minimun satu bulan atau dua minggu sekali.

Cara Memandikan Dan Penjemuran Yang Tepat

Untuk proses pemandian burung ini jangan dilakukan setiap hari, cukup 2 hari sekali saja dan sediakan saja di dalam kandangnya wadah cepuk yang sedikit besar untuk burung dapat mandi dengan sendirinya, tidak disarankan cara memandikan burung branjangan dengan menyemprotnya, karena burung ini tidak terlalu suka dipaksa dalam hal memandikannya.

Burung branjangan merupakan tipe burung yang kuat panas. Akan tetapi mereka pula tidak hendak kokoh bila dalam situasi panas yang kelewatan. Periode penjemuran burung branjangan lumayan 1 hingga 2 jam saja tiap harinya, contoh pada dikala mulai dari jam 8. 00 Wib hingga jam: 10. 00 Wib.

tangkringan-batu-untuk-branjangan

Pemberian Pakan Yang Disukai Serta Berkualitas

Berikanlah setiap harinya makanan yang disukai serta memiliki kuatalis yang baik, karena dapat mensupport penampilan serta buatnya aktif bergerak, sehat dan berkicau, dengan situasi badan yang prima serta fit, otomatis burung akan jauh dari penyakit.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Tledekan, Beserta Harga Terbaru 2020

Burung branjangan ini sangat suka dengan biji seperti milet putih, canaryseed, fumayin dan kuaci. Namun kalian boleh memberikan pakan selingan selain biji-bijian tersebut, burung branjangan pula butuh memperoleh pakan ekstra dari tipe serangga.

Perihal ini dapat memancing burung supaya lebih giat suara. Selanjutnya ini sebagian tipe serangga yang baik buat branjangan seperti : jangkrik, kroto, laron, belalang dan larva kandang ataupun larva hongkong.

Pemberian Multivitamin Sebagai Pelengkap Kebutuhan

Tambahkan multivitamin selaku tambahan asupan gizinya, multivitamin hendak buatnya mempunyai nafsu makan yang besar serta menjaga selalu imunitas badan.

Jika burung memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik, branjangan yang senantiasa segar burgar dalam masing- masing situasi ketika pada saat masa panas ataupun masa hujan sebab sudah dibantu oleh konsumsi konsumsi santapan berkualitas serta vitamin terbaik maka secara tidak langsung burung akan menjadi gacor setiap harinya.

Baca juga : Jenis Burung Branjangan ( Makanan, Mitos, Khasiat Dan Harganya)