Makanan Burung Kerak Basi

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

OmKicau.Id kembali hadir selalu menemani kalian para kicau mania, untuk memberikan tips dan informasi yang berkualitas seputar dunia burung ocehan di indonesia, nah dikesempatan siang hari ini kami akan membahas seputar makanan burung kerak basi,

sama-sama kita ketahui burung kerak basi di habitat alam liarnya ini merupakan tipe burung pemakan serangga ya, dan memiliki karakter suara kasar nyekrak dan sangat bagus untuk dijadikan sebagai burung isian atau masteran burung lainnya seperti murai batu, jadi tidak heran jika burung ini sudah gacor memiliki harga jual yang cukup mahal ya,

namun jika temen-temen tidak memiliki bajed yang cukup tidak masalah, alternatif atau pilihan lainnya membeli burung yang masih bahan di kios atau pasar burung ya, tentu harga burung kerak basi ombyokan jauh lebih murah pastinya.

Oke, langsung aja kita ke pokok pembahasannya selengkapnya tentang makanan burung kerak basi biar cepat gacor dibawah ini :

Apa Makanan Burung Kerak Basi ?


Pakan Utama

Untuk makanan burung kerak basi alis putih atau makanan burung kerak basi alis hitam tentu sama saja ya, karena masih dalam satu gen atau keluarga yang sejenis, nah untuk voer untuk kerak basi yang bisa digunakan para kicau mania adalah jenis voer halus ya seperti leopard boleh kalian memakai yang kuning ataupun yg hijau sama saja.

Untuk memberikan rasa variasi yang berbeda kalian juga bisa memberinya SKM pur halus yang menggunakan bahan dasar sari keroto murni, bisa kalian oplos atau campurkan dengan pur halus pakan utamanya juga boleh.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Love Bird Terbaik Untuk Masteran

apa-makanan-burung-kerak-basi

Cara memberikan voer yang tepat harus dalam keadaan bersih dan fresh ya, maksimal mengganti voer di dalam wadah cepuk dalam kandangnya itu 2 – 3 hari walaupun masih ada sisa voer yang sudah dalam batasan waktunya harus di ganti dengan yg baru ya, agar kualitas dari voer yang disajikan tetap terjaga dan bertujuan agar burung kita selalu sehat terus.

Pakan Tambahan

Ekstra fooding yang dikenal sebagai jenis makanan pendamping namun wajib diberikan juga setiap harinya ya yang disesuaikan dengan kebiasaan burung tersebut,

nah untuk makanan kesukaan burung kerak basi selain pakan utama berupa pur tentu sangat menyukai serangga seperti jangkrik, keroto, ulat kandang dan ulat hongkong ya temen-temen.

Untuk pemberian pakan ef hariannya kalian bisa memberikan jangkrik 3 ekor pada waktu pagi hari dan sore hari, jadi total jangkrik dalam sehari itu 6 ekor ya, berikan kepala dan badannya saja, kaki jangkrik harus dibuang terlebih dahulu ya sebelum di kasihkan kepada burung kerak basi kesayangan kalian.

Keroto cukup 1 minggu sekali saja ya, beserta ulat kandang dan ulat hongkong juga dengan takaran / porsinya cukup 1 sendok makan saja. Manfaat dari pemberian ef seperti keroto ini untuk menstabilkan birahi yang bersifat dingin,

serta ulat kandang dan UH itu bisa menggacorkan burung kerak basi kalian ya, agar bisa gacor setiap harinya. Dalam memberikan takaran porsi untuk burung kerak basi kalian jangan di ganti-ganti ya harus konsisten agar si burung bisa menyesuaikan dengan pola pakan yang teratur dan mudah dengan cepat membuat burung menjadi lebih gacor maksimal nantinya.

kerak-basi-macet-bunyi

Cara Mengatasi Burung Kerak Basi Yang Macet Bunyi

Jika kalian membeli burung bahan dari ombyokan tentu tidak heran burung yang kalian rawat tidak langsung bunyi atau masih takut untuk mengeluarkan suara kicauannya ya, jadi harus perlu perawatan yang lebih inten dan ekstra hati-hati ya agar burung bisa nyaman dengan rawatan yang kalian berikan dengan di dampingi oleh pakan yang berkualitas juga pastinya.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Nuri Beserta Jenisnya

Jika sebelumnya burung kerak basi temen-temen sudah gacor namun tiba-tiba burung jadi malas untuk berkicau atau si kerak basi macet bunyi tentu ada beberapa faktor penyebabnya ya,

bisa dikarenakan burung kerak basi kalian itu sedang sakit, mau mabung, stres karena salah dan tidak konsisten dalam hal rawatan hariannya.

Lalu bagaimana solusinya ?. Jika kondisi burung sedang terlihat lesu dan kurang aktif dipastikan bisa disebabkan kondisi tubuhnya sedang dalam keadaan sakit ya, jadi kalian harus memberikan obat atau multivitamin pada air minumnya, disarankan vitamin yang standar pabrikan berkualitas ya seperti orbird, ebod vit, biojanna atau jenis yang lainnya yang menurut kalian itu baik,

lalu jika dalam kedaan stres, karena kaget akibat diganggu atau di usik hewan predator atau kandang terjatuh kalian harus mengisolasikan burung kerak basi nya di tempat yang nyaman dan naikan jumlah porsi takaran ef pakan tambahan berupa serangga 2 kali lipat atau tidak di seting sama sekali, berikan semaunya si burung sekenyangnya ya.

Dan jika burung ini disebabkan karena faktor mau mabung dan sudah terpantau ada bulu-bulu halus yang berjatuhan, maka kalian wajib mengisolasikan burung dengan pola rawatan mabung yang menggunakan full kerodong agar burung bisa lebih fokus untuk melewati masa mabungnya ya temen-temen.

Demikianlah tips dan info menarik dari kami seputar makanan burung kerak basi, kiranya bisa menambah pengetahuan temen-temen semua, semoga dapat bermanfaat ya, salam kicau mania nusantara.

baca juga : cara merawat burung kerak basi agar rajin bunyi

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari