8 Jenis Burung Kecil Dengan Suara Merdu Yang Banyak Diminati

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

burung kecil suara merdu – Ketemu lagi nich dengan situs resmi Om Kicau yang dimana kami akan selalu memberikan yg terbaik dalam memberikan informasi yg update dan teraktual bagi para penghobi burung kicauan khususnya di nusantara tercinta kita ini ya. Sesuai dengan judul artikel diatas ya, tema atau topik bahasan kita kalia ini seputar jenis burung kecil dengan suara merdu yang baik dan rekomended untuk temen-temen pelihara.

Burung Kecil Suara Merdu Di Indonesia


Kolibri

Jenis burung kecil suara variasi salah satunya adalah kolibri ya, dan perlu kalian ketahui disini memang ada puluhan tipe untuk burung ini ya, namun jika untuk kalian rawat sebagai burung piaraan dirumah, dan untuk gacoran bunyi-bunyian meramaikan suasana hening, saran kami pilihlah untuk jenis kolibri ninja ya.

Bagi para hobiis burung kicau tentu sudah tidak asing lagi dengan kolibri ninja ini, malahan burung ini sengaja di pelihara untuk dijadikan sebagai burung aduan (kontes) dilapangan lho. Jadi tak heran lagi jika harga yg ditawarkan untuk burung kecil yg sangat istimewa ini dibanderol dengan harga yg cukup mahal ya.

Biasanya sih, jika sudah merawat burung kolibri ninja ini tidak cukup satu ekor saja ya, terkadang lebih dari 2 atau 3 ekor di rumahnya, karena bertujuan sebagai untulan ataupun teman ya, agar bisa saling saut menyaut dari burung satu dan yg lainnya.

burung-kecil-unik-suara-merdu

Pleci

Ada berbagai jenis pleci berkualitas yg ada di negara kita ini, seperti pleci dakun, bustomi, auri, lombok, bali dan masih banyak lainnya. Ya semua disesuaikan lagi terhadap lingkungan dan tempat tinggal kalian ya temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kutilang Beserta Suaranya

Namun pada dasarnya burung pleci atau sering dan akrab disebut si kacamata ini memiliki kepiawaian suara khas yang bisa menyejukan nuansa hati loh, bagi siapa saja yg mendengarkannya. Burung ini sangat mudah sekali dalam hal perawatan hariannya ya, dan sangat cepat beradaptasi dengan faktor lingkungan sekitarnya, terlebih sangat lahap atau memiliki tingkat nafsu makan yg sangat baik.

burung-kicau-kecil-suara-merdu

Kemade

Untuk burung kemade ini terkenal dengan keunikan bulu yg ada dikepalanya serta mempunyai kicauan yang cukup keras juga ya. Banyak orang menyebutnya dengan panggilan burung cabe-cabean, atau ada juga yg bilang avatar ya, namun pada umumnya sama ya temen-temen.

Burung ini dihabitat alamnya sangat menyukai tempat yg sejuk, dan di pelataran yg luas seperti di perkebunan atau ladang yang subur dan banyak ditanami oleh cabai, ataupun sayur-sayuran lainnya. Memang jika kita cari di kios burung, sangatlah sulit ditemukan karena jarang juga ya para peminatnya, itu bagi yg belum paham tentunya, berbeda dengan yg sudah senior di dunia kicauan tentu sangat menyukai burung ini dan sering dijadikan sebgai burung isian untuk murai ataupun kacer.

jenis-burung-kecil-dengan-suara-merdu

Emprit Kaji

Burung emprit kaji atau sering dikenal bondol haji pala putih ini sangat banyak diminati oleh kicaumania, memang bukan tergolong burung sembarangan seperti emprit / pipit biasa yang di jual untuk mainan anak-anak yg hanya di jual 5000 rupiah per ekornya hehehe.

Namun banyak keistimewaan yg dimiliki oleh jenis burung kecil pengicau ini ya, terutama dalam hal pembawaan lagu, atau materinya. Jika kita latih dan dirawat dengan baik burung ini mampu mengalahkan suara vokalnya kenari ya. Dan mampu menyamai atau mengikuti suara burung ocehan kenari dengan paseh.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Unta Serta Keunikan Yang Dimilikinya

Memang untuk harga jual emprit kaji yang masih bahan / anakan tentu lebih murah jika dibandingkan harga kenari, maka dari itu jika bajet kalian pas-pasan, tidak ke beli kenari, maka alternatifnya burung emprit kaji ini ya solusinya heheh.

nama-burung-kecil-suara-merdu

Sirtu / Cipoh

Burung sirtu ini memiliki bentuk yg kecil namum jika didengarkan suara ocehannya tentu sangatlah keras, pasti orang awam tidak menyangka bahwa yang berkicau itu merupakan tipikal burung yg meiliki fisik tubuh tergolong jenis burung kecil fighter.

Khususnya di pulau jawa, burung ini menjadi trend dan banyak diminati dikalangan penghobi burung kicau, nah untuk pola rawatan hariannya juga tidak terlalu sulit-sulit amat ya temen-temen hampir sama seperti merawat burung ciblek intinya.

jenis-burung-kecil-suara-merdu

Kenari

Nah untuk burung primadona ini tentu kalian juga sudah pada kenal ya..?. Ya benar sekali, burung kenari. Jenis kenari yg kita kenal saat ini cukup banyak ya. Di karenakan hasil kreatif para breeding / peternak khusus yang senior dan mampu ber eksperimen untuk menghasilkan gen-gen baru dan unik.

Dengan keunikan inilah yg menjadi penentu masalah harga jual dipasarannya, pantas saja untuk harga burung kenari selalu tetap stabil ya, bahkan meroket terus ini.

burung-kecil-suara-merdu-pemakan-buah

Sanger

Untuk burung edle sanger adalah jenis burung luar ya, bukan asli lokal kita, namun dengan se’iring berjalannya dan berkembang biaknya di wilayah bagian asia, khususnya di indonesia terus di budidayakan oleh para peternak ahli. Yang hingga saat ini akhirnya burung ini banyak juga pesebarannya.

Namun ada hal penting yg harus kalian perhatikan disini, untuk burung sanger dan blackthroat memang terlihat serupa ya tapi tak sama, awas jangan sampai tertuker ya atau kalian salah pilih lagi.

Baca Selengkapnya :  Suara Kenari Juara Terbaik Untuk Pancingan Agar Nyaut Gacor

jenis-burung-kecil-fighter

Kerak Basi / Cikrok Kutub

Yang terakhir ini adalah burung cikrok ya temen-temen, ada juga sebagian orang menyebutnya kerak basi, ya pada intinya sama saja ya temen-temen.

Burung kerbas ini sangatlah istimewa menurut saya, karena saya pribadi atau pengalaman dalam memelihara burung kerbas ini sangatlah mudah, dan jika sudah gacor mampu membuat mengeluarkan suara kasar dan sangat baik untuk masteran ya.

burung-kecil-suara-variasi

Untuk jenisnya sendiri ada 2, ya temen-temen : kerak basi ramai dan kerak basi alis hitam, sebenernya tidak ada bedanya kedua-duanya memiliki kelebihan yang sama.

Oke jadi itu saja informasi yg bisa kami share ya tentang burung kecil suara merdu, harapan kami semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah pengatahuan kalian semua. Terima kasih, salam satu hati, satu hobi – kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari