Makanan Burung Gelatik

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Makanan Burung Gelatik jika kita lihat dari paruhnya merupakan unggas pemakan biji-bijian, namun dalam perawatan tentunya kita perlu memberikan asupan makanan yang bergizi guna memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Bukan berarti selama ini dialam dia kurang gizi ya sobat, melainkan kita harus menambahkan vitamin dan mineral yang dibutuhkannya untuk menjadikan dia burung yang berkualitas secara fisik dan juga kicauannya.

Ada beberaoa jenis burung gelatik ini dan yang terkenal ialah gelatik jawa dan gelatik batu. Sebenarnya ada beberapa macam lain yang juga memiliki perbedaan mulai dari karakteristik dan juga warna bulunya.

Perawtaan harian dari gelatik ini dibilang gampang-gampang susah, dia merupakan burung liar sama halnya seperti burung gereja yang mudah ditemui di kawasan rumah kita namun karena gelatik

mulai banyak diminati sehingga mulai diburu hal ini juga yang menjadi faktor penyebab dia kini sulit temukan. Bukan punah melainkan dia berpindah lokasi untuk mencari kehidupan yang tenang.

Untuk kalian yang tertarik dengan burung ini kalian tentunya harus tahu dulu tips perawatan harian yang baik beserta apasaja jenis bahan pakan nya yang berfungsi memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

minuman-burung-gelatik

Mengenal Beberapa Jenis Makanan Burung Gelatik


1. Milet

Sebagai makanan pokok ketika kita memeliharanya ini ya milet, bentuknya bulat dan mengkilap tentunya kalian sudah tahu kan karena ini tidak asing lagi. Boleh yang kemasan kalian beli boleh

juga beli yang curah tanpa merk dijual secara kiloan dan harganya lebih murah. Milet sendiri merupakan bijian dari tumbuhan pangan yang bisa dimasak sebagai pengganti nasi, biasanya untuk orang yang diet.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Kacer Giras Untuk Lomba

2. Biji Kenari

Atau lebih dikenal dengan canary seeds ini memang hampir mirip milet tetapi dia biasanya dijual dalam kemasan yang juga dicampur dengan berbagai macam bijian lain seperti niger seed dan beras merah.

Harga nya lebih mahal namun nilai gizi nya lebih lengkap karena didalamnya tercampur banyak jenis bijian lain. Bisa diberikan sebagai selingan atau makanan utama.

3. Biji Jagung

Jagung pritil yang sudah dikeringkan dari jenis jagung manis dimana dia bijinya lebih kecil daripada jagung biasa selain itu juga lebih tidak keras. Pemberiannya sebagai EF saja jangan setiap hari.

Atau kalau gak ada jagung kering kalian juga bisa kasih jagung manis yang masih mentah kayak makanan burung lovebird itu. Ini sangat cocok untuk menambah stamina si burung.

pakan-harian-gelatik-batu

4. Sayuran Segar

Ternyata gelatik juga menyukai sayuran karena memang dihabitat aslinya juga dia banyak hidup di perkebunan yang kerap kali dianggap sebagai hama pengganggu para pekebun dan petani.

Kalian bisa memberikan sawi, kangkung, toge dan beberapa jenis sayuran lain yang banyak mengandung air. Ini juga sebagai EF saja bukan menjadi menu makanan utamanya ya gaes.

5. Biskuit Bayi

Pemberian makanan ini bagus untuk menambah berat badannya karena didalamnya terkandung karbohidrat dan juga mineral yang bagus untuk menjaga dayatahan tubuhnya. Atau pada burung yang masih anakan.

harga-burung-gelatik

Itulah beberapa bahan dari makanan burung gelatik yang berhasil kami rangkum dan kami sajikan ke kalian semua pecinta burung kicau semoga informasi ini bermanfaat banyak menambah pengetahuan kita dalam merawat burung kicau.

Karena setiap kali kita memutuskan untuk memelihara suatu jenis burung kita harus memelihara individu itu dengan sebaik mungkin karena itu menjadi tanggung jawab kita bersama dalam melestarikannya.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Wambi Sampai Gacor

baca juga : pasaran harga burung gelatik

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari