burung-kakatua

Jenis Kakatua (Habitat, Makanan Beserta Gambarnya)

Para pecinta burung kicau sudah pasti familiar untuk mendengar kakatua, banyak yang juga menyebutnya dengan burung pintar. Keunikan dari burung pintar satu ini adalah dia yang bisa menirukan perkataan dari manusia yang ada disekitarnya, burung ini juga menjadi maskot dari Indonesia yang menjadi faktor burung ini banyak dicari oleh setiap manusia pecinta burung kicau.

Burung kicau nan pintar ini memiliki berbagai jenis, yuk kita simak penjelasannya dibawah ini. Tidak sedikit dari masyarakat yang memiliki dan memelihara jenis burung kakatua. Dengan keunikan yang dimilikinya yaitu menirukan suara yang ada disekitar membuatnya menjadi banyak peminat atas jenis unggas satu ini.

Faktor lain yang menjadi dasar pemiliharan harga tidak hanya karena susahnya mendapatkan kakatua ini karena tempat dan wilayah yang tertentu, melainkan juga karena suara apa saja yang bisa kakatua ini tirukan.

Mengetahui beberapa kategori burung kakatua


Kakatua Maluku

Jenis burung pintar satu ini hanya bisa kamu temui di pulau seram Malaku dibagian Selatan loh people. Kakatua satu ini bisa tumbuh mencapai sekitar 52 cm dan umurnya bisa mencapai 70 tahun people.

Ciri khas yang dimiliki oleh burung satu ini adalah warna jambulnya yang merah muda pada agian atas kepalanya serta bulu putihnya yang amat tebel yang membuatnya makin terlihat menawan. Paruh yang dimiliki kakatua ini juga kuat untuk memecahkan batok kelapa.

kakatua-maluku

Hal ini dikarenakan burung pintar ini mempunyai sifat tidak agresif dan senang mengkonsumsi biji-bijian dan juga serangga kecil. Unggas ini memiliki harga jual kisaran Rp.1.500.000,- namun isu saat ini yang didengar bahwa jumlah populasinya yang seakin menurun.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Love Bird Terbaik Untuk Masteran

Kakaktua Putih

Unggas satu ini merupakan salah satu yang paling sering diperjual belikan nih people. Berbeda dengan kakatua maluku,kakatua putih ini memiliki ciri khas yang berbeda pula mulai dari jambul hingga ke ekornya berwarna putih. Sedangkan burung ini bisa kalian temui di daerah maluku utara seperti halmahera, ternate dan juga pulau tidore. Untuk ukuran tubuh yang dimiliki kakatua putih ini hanya sebatas 45 cm.

kakatua-putih

Karena habitatnya yang ada dihutan tropis maka dari itu kakatua putih ini mengkonsumsi biji-bijian, banyak yang menganggap bahwa kakatua ini merupakan hama yang sangat gemar untuk memakan hasil pertanian para petani sekitar. Saking seringnya unggas ini diperjual belikan, kakatua ini dibanderol dengan harga mencapai Rp.3.000.000,-.

Kakatua Jambul Kuning

Senada dengan yang kalian baca, maka artinya jenis burung kakatua ini memiliki jambul yang berwarna kuning serta kepala, badan hingga ekornya memilki warna putih. Para pecinta burung kicau, jenis burung satu ini bisa kamu temui didaerah nusa tenggara, kepulauan masalembu, dan juga sulawesi.

Ukuran maksimal jenis ini hanya bisa mencapai 35 cm saja. Unggas satu ini sangat gemar untuk membuat sebuah sarang burung untuk nantinya menetaskan telurnya.

Kakatua satu ini termasuk golongan punah, serta kakatua ini mengkonsumsi biji-bijian. Hingga saat ini pun, masih banyak masyarakat yang masih sering untuk memburu burung pintar ini yang selanjutnya diperjual belikan.

kakatua-jambul-kuning

Harga dari perjual belian burung jenis kakatua jambul kuning ini mencapai hingga Rp.2.500.000,-. Berikut merupakan beberapa jenis kakatua yang sering menjadi incaran para pecinta burung kicau.

Jika kamu ingin memelihara burung satu ini butuh kocek yang lumayan mencekik nih people. Suara apa saja yang sanggup ditirukan oleh kakaktua tersebut, semakin banyak maka juga bisa menjadi faktor penentu sedalam apa kocekmu akan lebih terkuras people. Jadi untuk kalian para pencinta burung kicau, jangan lupa persiapkan tabunganmu terlebih dahulu ya.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Menjinakkan Burung Gelatik Yang Giras Dijamin Ampuh