jalak-bali

Ciri Burung Jalak Bali Yang Berkualitas Terbaik

Salah satu jenis burung yang memiliki kicauan yang sangat merdu adalah burung jalak. Selain suaranya yang merdu, burung jalak juga sangat cantik dan menawan. Burung jalak terdiri dari beberapa spesias yaitu burung jalak bali, jalak suren, jalak hitam, dan yang lainnya. Burung jalak yang berasal dari bali ini merupakan salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah.

Burung ini menjadi salah satu burung langka yang dilindungi karena banyaknya penangkapan liar yang dilakukan dan juga kurang adanya budidaya. Oknum yang tidak bertanggung jawab yang hanya mencari keuntungan mengakibatkan burung ini menjadi langka.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara merawatnya serta ciri burung jalak spesies bali yang berkualitas ini agar tidak punah.

Ciri Burung Jalak Asal Bali Yang Berkualitas

Ciri tersendiri dari burung jalak asal bali ini adalah bulu berwarna putih yaang hampir di semua bagian tubuhnya kecuali bagian kaki dan pipi muka. Mata dari burung jalak satu ini memiliki warna cokelat tua dan memiliki jambul yang membuat burung satu ini terlihat lebih modis. Paruhnya yang berbentuk tuncng dan mempunyai panjang kurang lebih sekitar 4 cm memnambah kesan gagah.

Ciri burung jalak bali yang berkualitas bisa ditinjau dari suara serta kesehatan burung itu sendiri. Untuk mendapatkan kicauan burung jalak asal bali yang berkualitas, disarankan untuk memilih burung berjenis kelamin jantan. Karena burung yang memiliki jenis kelamin jantan lebih rajin berkicau daripada burung berjenis kelamin betina. Kualitas kicauan yang baik bisa didapatkan dari pemilihan jenis kelaminnya.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Cendet Beserta Makanan yang Disukainya

Selain jenis kelaminnya, burung jalak asal bali yang berkualitas bisa didapatkan dari cara perawatan yang benar dan juga sabar.

Dalam merawat burung agar mendapat kicauan yang berkualitas, kamu harus memperhatikan perawatan harian, pemberian pakan, serta pemberian vitaminnya. Untuk lebih detailnya mari simak cara merawatnya secara lengkap berikut ini.

gambar-burung-jalak-bali

Cara Merawat Burung Jalak Asal Bali Agar mendapatkan Kicauan Yang Merdu

Untuk perawatan harian, kamu harus melakukannya secara rutin. Mandikan burung jalak bali secara rutin dengan menggunakan sprayer atau semprotan. Pemandian dilakukan setiap pagi antara jam 6 pagi sampai jam 7 pagi.

Setelah dimandikan, kamu harus menjemumrnya sampai jam 11 siang. Selain memandikannya dengan semprotan, kamu juga harus menyediakan wadah air di sudut kandang yang berfungsi untuk tempat mandi burung. Wadah tersebut berguna ketika burung merasa kepanasan dan burung akan menceburkan diri ke dalam wadah tersebut untuk mendinginkan diri dari cuaca panas yang menyengat.

Selain perawatan harian, kamu juga harus memberikan pakan yang berkualitas. Perawatan burung peliharaan memang berbeda dari burung liar, harus diberi tambahan pakan khusus yang masih segar seperti pisang, pepaya agar tidak kekurangan nutrisi.

Untuk pakan tambahan lainnya kamu bisa memberikan serangga-serangga kecil. Burung jalak asal bali biasanya menghabiskan 15 sampai 20 ekor serangga setiap harinya.

Selain pemberian pakan, pemberian vitamin juga sangat penting bagi burung jalak bali agartidak kekurangan nutrisi dan staminanya tetap terjaga. Vitamin yang harus sering diberikan adalah vitamin C dan juga mineral. Dengan memberikan vitamin dan mineral secara teratur, metabolisme atau data tahan tubuh dari burung jalak satu ini akan meningkat.

Caralain untuk mendapat kualitas kicauan yang baik adalah dengan melakukan pemasteran suara melalui rekaman. Harga burung jalak asal bali ini sangat mahal, sekitar 5 juta sampai 15 juta rupiah.

Baca Selengkapnya :  Suara Burung Cipoh Beserta Harga di Pasaran

Untuk membelinya pun memerlukan sertifikat khusus yang dijual dengan harga yang sangat tinggi. Maka dari itu, jika kamu ingin memilikinya kamu juga harus tahu cara merawatnya dengan benar agar burung jenis jalak tidak punah.