ternak-jalak-bali

Cara Mudah Ternak Jalak Bali Agar Berhasil

ternak jalak bali, memang tidak sembarangan dalam mencoba untuk membudidayakan burung yang sangat istimewa dan dilindungi oleh pemerintah, harus ada surat-surat izin yang bersertifikat resmi agar nantinya kalian tidak perlu khawatir melanggar peraturan yang telah di tetapkan.

Memang butuh modal yang besar tentunya karena harga yang ditawarkan untuk jalak bali ini lumayan mahal, akan tetapi jika bisnis ternak berjalan lancar ya sesuai dengan keuntungan yang didapatnya kelak. Penasaran bagaimana cara ternak burung jalak bali yang tepat agar cepat sukses ?. Simak panduan selengkapnya dibawah ini :

Tutorial Gampang Cara Budidaya Burung Jalak Bali


Mempersiapkan Perlengkapan Ternak

Perihal yang pertama ialah mempersiapkan kandang produksi( piaraan) yang pas. Burung jalak bali disebabkan mempunyai ukuran badan yang lumayan besar, telah tentu membutuhkan ruang yang lumayan besar buat bisa beraktivitas dengan leluasa, serta bebas bergerak, akan tetapi buat kandang yang idealnya dengan dimensi kurang lebih 85 x 110 x 85 centimeter ini ialah amat baik buat ternak jalak bali.

anakan-burung-jalak-bali

Buat materi- materi yang diperlukan, bikin kandang itu dari kawat strimin dengan dimensi yang kecil ataupun sedang. Kemudian kamu pula bisa berikan asbes dari asbes ataupun enternit dengan sedikit zona yang terbuka bagaikan tempat masuknya sinar mentari, dan perputaran hawa di posisi kandang senantiasa bersih serta fresh pastinya.

Media buat pakan serta minum dalam penangkaran ini hendaknya gampang dibersihkan dari lumut atau sisa- sisa makanannya. Dianjurkan ialah berbentuk mangkuk plastik yang tembus pandang ataupun berbahan keramik supaya tidak gampang bocor. Media itu pula diletakkan di tempat yang gampang dijangkau oleh burung serta anda pastinya kala membagikan santapan ataupun minumannya tiap hari.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kepodang, Makanan, Dan Mitos Yang Beredar

Tempat pijak ataupun kerap diketahui bagaikan tenggeran atau tangkringan ini dimaksudkan supaya cocok jalak bali bisa bertengger buat bercengkerama dan bagaikan tempat tidur di dikala malam datang. Serta pula bisa memakai cabang tumbuhan yang dahannya lumayan keras, ilustrasinya tumbuhan asam jawa. Besar rantingnya juga wajib lah dicocokkan dengan kaki jalak bali supaya bisa mencengkeram sempurna.

Sebab jalak bali ini menggemari sangkar yang besar, kotak sarang juga bisa terbuat dari kusen ataupun tripleks yang berdimensi 30 x 30 x 45 centimeter. Posisi idealnya yakni di pojok kiri atas kandang. Tetapi supaya telur esoknya tidak rusak di dalam tebok, hendaknya berikanlah hidangan kusen kering serta halus lembut, ataupun bila tidak ingin repot kamu dapat mencarinya di toko kukila terdekat yang banyak nyatanya menjual materi- materi petarangan peliharaan.

Penyortiran Indukan Yang Berkualitas

Seleksi indukan yang mempunyai fisik normal, segar dengan kondisi yang tidak cacat. Usianya kurang lebih dekat 2 tahun, amati bagus situasi bulu serta badan burung. Yakinkan beliau mempunyai corak putih bersih serta gemilang dengan corak biru fresh pada bagian wajah.

Paruh juga wajib kuat serta tebal, ini mengindikasi kalau tipe burung itu fit. Saat sebelum dimasukkan ke dalam satu kandang, benih jantan serta betina hendak lebih bagus bila ditempatkan pada kandang yang terpisah. Ini buat menyesuaikan diri serta periode pengenalan terlebih dulu.

burung-jalak-bali-bahan-muda

Baca juga : Ciri Burung Jalak Bali Yang Berkualitas Terbaik

Membagikan Santapan Serta Multivitamin

Pemberian santapan buat indukan jalak bali, kamu pula bisa membenarkan kalau pakan yang telah diserahkan pada jalak bali ini, hendak memiliki vitamin serta bernutrisi tinggi. Tidak hanya voer kamu pula kamu membagikan ekstra pakan ialah berbentuk serangga semacam jangkrik dan larva hongkong. Serta multivitamin tambahan yang berupa cair yang dilarutkan ke dalam air minumnya, vitamin ini amat banyak dijual di kios- kios burung spesial buat burung yang lagi di tangkar.

Baca Selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Lutino Prospek Kualitas Terbaik

Membagikan pakan buat jalak bali yang sedang anakan pasti saja metode pemberian pakan dicoba dengan metode disapih dengan bubur ciptaan dari voer serta madu serta ditambahkan air panas. Menunggu hingga dingin saat sebelum berikan anakan makan. Jalani 3 kali satu hari sepanjang kurang lebih 3 bulan hingga anakan lumayan sanggup buat makan sendiri.

Jaga Kebersihan Kandang

Kebersihan berarti supaya burung bebas dari virus ataupun kuman yang bisa jadi hendak mengusik keadaan badannya. Tukar ataupun bilas tempat makan serta minum supaya tidak menciptakan lumut.

Intinya dalam hal perawatan harian ataupun penangkaran pemilik diharuskan konsisten dan memiliki sifat sabar yang sangat tinggi, agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan diharapkan nantinya. Demikian tips ternak jalak bali yang dapat anda jadikan sebagai referensi semoga dapat bermanfaat.