Jadwal Mandi Burung Pengaruhi Kesehatan

Jadwal Mandi Burung Pengaruhi Kesehatan – Hai sobat omkicau, kembali lagi kita akan mengulas informasi seputar hobi burung kicau. Dalam perawatan harian tentunya sangat bagus untuk kita memandikannya.

selain bisa membuat dia menjadi lebih sehat serta menjadi salah satu terapi supaya si burung kicau menjadi tidak giras dan cepat gacor. Tapi memandikan burung tentu tidak seenaknya harus ada aturan yang terjadwal.

Kalau tidak teratur, alih-alih membuat dia menjadi gacor yang ada dia menjadi macet atau enggan ngicau tentu kalian tidak ingin mengalami hal ini bukan sobat semua. Nah bagi kalian yang masih bingung bagaimana

cara memandikan dan waktu pemandian yang bagus terutama para pemula di dunia kicau, artikel ini wajib kalian baca sampai habis karena ada ulasan lengkapnya disini cekidot sobat.

Jadwal Mandi Burung Pengaruhi Kesehatan

Inilah Jadwal Mandi Burung yang Tepat

Agenda Pemandian Menurut Kicau Mania

Murdiyono, 45, salah satunya masyarakat asal Dusun Sumberejo, Kecamatan Ambulu, menerangkan aktivitasnya tiap hari saat menjaga burung. Yono, panggilan akrabnya, bercerita, sekian hari mendekati kontes atau perlombaan burung, ia akan memberi gizi secara teratur. “Supaya burung selalu sehat,” ujarnya.

Sekarang ini, Yono menjaga beberapa burung yang cukup mahal. Dimulai dari burung kacer, cucak ijo, sampai murai batu. Supaya burungnya berkicau bagus, ia merekomendasikan cara-cara untuk menjaga burung. Satu diantaranya tipe burung kacer.

Kacer kepunyaannya telah dilatih dan diberi gizi supaya tampil optimal saat ada kontes. “Setiap hari saya beri protein yang baik supaya pergerakannya makin aktif,” ujarnya.

waktu sesuai mandi murai batu

Disamping itu, Yono menerangkan jika burung harus dimandikan sama sesuai agenda. Ini dapat punya pengaruh pada keadaan kesehatannya. “Burung kacer dimandikan dengan teratur,” ungkapnya.

Disamping itu, pemberian vitamin perlu diperhatikan. Karena, bila burung kacer tidak memperoleh vitamin yang cukup, bisa menyebabkan keadaan burung kurang kuat dan mudah terserang penyakit. “Burung kacer kelihatan kurang kuat saat kurangnya vitamin,” jelasnya.

Disamping itu, untuk jaga supaya burung masih tetap sehat, umumnya burung akan dijemur saat usai dimandikan. Meskipun begitu, seorang pecinta burung harus juga pahami keadaan cuaca. “Umumnya dijemur saat pagi mendekati siang,” ucapnya.

Yono meneruskan, ada banyak hal yang perlu dimengerti saat saat sebelum perlombaan berjalan. Satu diantaranya jaga kebersihan kandang dan pemberian pakan secara teratur. “Tipe pakan harus berkualitas,” ucapnya.

Hal khusus dalam menyiapkan burung untuk ikuti lomba ialah dengan pamparan atau latihan. Ini jadi dampak besar untuk persiapan burung. Karena, burung akan terlatih saat ada di tempat lomba.

Kesimpulan

Dalam memandikan burung ada cara dan jadwalnya dimana cara memandikan bisa dengan di semprot, menggunakan keramba dan ada juga yang disiram. Semuanya tergantung kebutuhan dan kebiasaan si burug.

Selanjutnya ada waktu – waktu tertentu yang digunakan untuk terapi mandi tapi jangan sekali – kali menggunakan air es untuk memandikan burung karena itu salah besar yang nantinya akan mengganggu kesehatan si burug.

Akhir kata semoga artikel yang kami sajikan ini bisa bermanfaat menambah wawasan kalian dan terimakasih banyak kami ucapkan karena kalian sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel dari sobat omkicau.

Related Posts
Cara Merawat Burung Prenjak Agar Rajin Berkicau
cara-merawat-burung-prenjak

Assalamualaikum Wr, Wb. Apa kabar sodara sehobi burung kicauan di nusantara!. Masih bersama website resmi OmKiau.ID kali ini akan membagikan Read more

Makanan Yang Bagus Untuk Burung Puter
makanan-burung-puter

Makanan Burung Puter - Hai sobat omkicau masih bersama kami yang selalu setia menyajikan informasi - informasi penting dan sangat Read more