burung-derkuku

Mengenal Ciri Burung Derkuku (Mitos dan Suaranya)

Burung derkuku atau tekukur merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh masyarakat karena memiliki suara yang unik. Burung ini memiliki ciri ciri yang mirip dengan burung merpati.

Burung ini memiliki persebaran yang cukup luas di wilayah Indonesia. Berikut ini ulasan mengenai ciri ciri dan suara dari burung derkuku yang perlu anda tahu.

Ciri Ciri dan Perilaku Burung Tekukur

Burung tekukur memiliki tubuh dengan ukuran yang cukup besar,yaitu sekitar 30 dm. Burung ini memiliki beberapa warna diantaranya abu abu kehitaman, putih, hitam dan merah jambu.

Ciri ciri yang ada pada burung ini antara lain, memiliki bulu dengan warna abu abu kehitaman pada beberapa bagian tubuh seperti mahkota kepala, tengkuk, sayap, punggung dan ekor. Sedangkan pada bagian pinggir ekor dan ujung sayap memiliki warna hitam.

Ciri khas yang terdapat pada burung ini adalah memiliki paruh yang berwarna hitam dengan ukuran yang cukup tebal. Bagian ekornya memiliki warna abu abu kehitaman dengan ukuran yang cukup panjang. Bentuk tubuhnya menyerupai burung merpati dengan bagin dada dan perut yang sedikit lebih besar. Terdapat beberapa perbedaan antara derkuku jantan dan betina.

Adapun ciri derkuku jantan antara lain memiliki tulang supit yang rapat dan mengapit, cukup keras dan kaki. Pada bagian kakinnya lebih kekar dan kasar serta sisiknya yang lebih kentara.

derkuku-jantan

Sedangkan bentuk kepalanya lebih gagah dengan postur tubuh yang cenderung lebih gelap. Sedangkan burung betina memiliki supit yang lebih lunak, dan lebih lentur dibandingkan dengan jantan. Selain itu, bentuk kaki betina tampak lebih halus.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Kapas Tembak Gacor Besetan Tajam

Habitat dari burung ini biasanya berada di alam liar dan kawasan terbuka yang dekat dengan pemukiman. Burung ini menyukai tempat yang terbuka yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Biasanya burung ini sering mencari makan dengan di atas permukaan tanah mengumpul dalam kelompok kecil. Derkuku akan membangun sarang yang terbuat dari ranting, ketika memasuki musim berkembang biak.

Mengenai Suara Burung Tekukur dan Mitos yang Masih Dipercaya

Burung derkuku jantan memiliki suara yang merdu, sehingga tak heran jika mulai banyak para pecinta burung yang banyak memelihara burung tersebut.

Kicauan yang dikeluarkan oleh burung ini biasanya memiliki tempo yang tidak terlalu rapat. Sedangkan suaranya terdengar cukup keras jika didengarkan.

Mengenai beberapa mitos yang beredar, burung ini memiliki makna tertentu. Apalagi bagi orang jawa yang masih meyakini kepercayaan tersebut. Burung ini seringkali dikaitkan dengan kekuatan ghaib yang dapat memberikan keselamatan bagi mereka yang merawatnya.

Tak heran jika masih banyak yang mempercayai, bahwa memelihara burung tekukur dapat menghindarkan diri dan keluarganya dari bencana dan bahaya.

derkuku-betina

Salah satu bala yang bisa dihindari dengan memelihara burung tekukur, adalah niat jahat orang yang sdang mengirimkan santet. Burung tekukur dapat menolak santet yang datang ke rumah pemilikinya. Selain itu, memelihara burung tekukur diyakini dapat mendatangkan banyak rezeki dan mempermudah usaha dalam mencari rezeki.

Burung ini seringkali dikaitkan dengan simbol kedamaian bagi pemiliknya apalagi ketika burung derkuku dapat gacor dengan suara yang keras dan merdu. Tentunya dengan memelihara burung ini, maka pemiliknya dapat membuat hidup pemiliknya lebih sempurna.

Namun, ini hanyalah menurut mitos yang beredar, sedangkan kepercayaan kembali kepada masing masing setiap orang yang meyakininya.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Anis Merah Teler Gacor Audio Mp3 Terbaik

Itulah ulasan mengenai burung derkuku atau tekukur yang memiliki tubuh menyerupai burung merpati. Burung ini banyak dipelihara oleh kicau mania karena memiliki suara yang merdu dan harga yang relatif terjangkau.

Sedangkan menurut mitos yang beredar di masayarakat, memelihara burung ini dapat menolak niat buruk dari oran lain serta dapat menjaga kedamaian.