cucak-rowo

Suara Mahal Burung Cucak Rowo Beserta Harganya

cucak rowo – Banyak orang Indonesia yang memiliki hobi memelihara burung kicauan. Selain karena kemampuannya bisa berkicau sehingga dapat diikutkan gatangan, memelihara burung juga bisa memberikan efek perasaaan yang menyenangkan bagi pemiliknya.

Salah satu burung kicauan yang cukup banyak dicari adalah burung cucak rowo. Berikut ini ulasan mengenai burung kicauan dengan nama latin Pyconotus zeylanicus tersebut.

Suara Burung Pyconotus zeylanicus yang Memiliki Banyak Variasi

Salah satu keunggulan dari burung ini adalah memiliki suara yang cukup keras, lantang dan memiliki banyak variasi. Hal inilah yang menyebabkan burung tersebut dipatok dengan harga yang relatif mahal.

burung-cucak-rowo

Ada beberapa macam jenis burung ini, berdasarkan daerah asalnya. Tentunya setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda beda baik dari segi tampilan maupun suara.

Jenis burung ini yang memiliki suara cukup keras dan berat adalah cucak yang berasal dari Medan. Kicauan burung ini memiliki intonasi yang tidak terlalu cepat dengan suara yang mengambang.

Bila didengarkan suara burung ini kurang melengking. Kekurangan dari jenis burung ini adalah kecepatan suaranya yang kalah dibandingkan yang lain. Namun, cucak rowo yang berasal dari Medan ini cukup banyak di jual di pasaran.

Selanjutnya ada yang berasal dari Lampung yang tidak jauh berbeda dengan yang berasal dari Medan. Namun, kicuan burung yang berasal dari Lampung kurang memiliki variasi dibandingkan yang berasal dari Medan, tetapi intonasi yang lebih cepat.

Ada juga yang berasal dari Jambi, namun suaranya tidak selantang cucak yang berasal dari Medan. Untuk jenis yang berasal dari Kalimantan memiliki variasi yang sedikit, dengan intonasi yang lebih lambat dan suara yang lebih tipis.

Baca Selengkapnya :  6 Cara Perawatan Burung Parkit Agar Sehat Dan Gacor

Sedangkan untuk jenis yang tidak asing lagi adalah yang berasal dari Jawa. Jenis burung ini memiliki suara yang cukup keras dari bisa ngerol panjang. Sedangkan jenis yang paling popoler dan memiliki harga cukup mahal berasal dari Papua.

Namun, jenis burung yang paling banyak diincar oleh kicau mania adalah yang Gacor. Karena suaranya yang keras, lantang, memiliki banyak variasi dan bisa ngerol panjang, tak heran jika jenis cucak rowo ini lebih mudah laku saat dijual.

suara cucak rowo ropel asli

Link | Download

Kisaran Harga Burung Pyconotus zeylanicus

Burung kicauan umumnya memiliki harga yang cukup mahal. Harga yang dipatok untuk setiap burung tentunya berbeda beda, tergantung dari kondisi fisik, asal daerah, usia, dan kualitas kicauan yang dimilikinya.

Saat ini, jenis burung yang dibandrol dengan harga yang cukup mahal adalah yang berasal dari Papua. Kemungkinan karena jumlahnya yang terbatas dan biaya transportasi yang tidak sedikit.

suara-cucak-rowo

Untuk harga burung yang berasal dari Sumatra tergantung dari usia burung tersebut. Usia burung antara 1 hingga 2 bulan biasanya dibandrol sekitar Rp 3 juta hingga Rp 3,7 juta. Sedangkan usia 3 hingga 5 bulan dibandrol sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 5,7 juta. Sedangkan untuk usia di atas 1 tahun, harganya bisa mencapai Rp 7 juta.

Jenis cucak rowo yang berasal dari Kalimantan, harga untuk anakan biasanya sekitar Rp 2 hingga Rp 3 juta. Sedangkan yang sudah dewasa bisa mencapai Rp 7 juta ke atas. Umumnya indukan yang sudah ropel bahkan bisa dihargai sekitar Rp 15 juta hingga 18 juta setiap pasangnya. Sedangkan yang gacor biasanya dibandrol dengan harga Rp 5 juta hingga Rp 9 juta setiap ekor.

Baca Selengkapnya :  Ciri Poksay Jambul Hitam Beserta Suara Dan Harganya

Burung Pyconotus zeylanicus merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup banyak diminati karena memiliki kicauan yang cukup keras dan banyak variasi. Kicauan burung ini berbeda beda tergantung dari asal daerah.
Semakin gacor burung tersebut, maka akan semakin laku di pasaran. Jika mengingkankan burung dengan harga yang lebih murah, sebaiknaya anda memilih yang masih anakan.