burung-decu

Mengenal Jenis Burung Decu Beserta Suara Indahnya

Decu merupakan salah satu jenis burung yang cukup popoler di kalangan kicau mania. Burung yang memiliki nama latin saxicola caprata ini, memiliki perawatan yang tergolong mudah, dengan suara kicauan yang cukup lantang dengan irama yang bervariasi.

Bagi anda yang berminat untuk memelihara jenis burung ini, berikut ini ulasan mengenai saxicola caprata yang perlu anda tahu.

Macam Macam Burung Saxicola caprata dan Karakterisnya

Saxicola caprata atau biasa dikenal dengan kacer mini merupakan burung yang menyukai tempat seperti batu, semak, atau kabel.

Biasanya burung ini akan menegakkan bulunya ketika sedang merasa ketakutan, terkadang iringi pula dengan suara kicauan. Burung ini memiliki jenis yang berbeda beda. Beberapa diantaranya adalah burung decu kembang, whinchat, alis putih, leher putih, ekor putih, dan abu abu.

Whinchat merupakan jenis burung yang suka bermigrasi ke wilayah Eropa ketika memasuki musim dingin. Di bagian tubuhnya terdapat bulu berwarna putih segaris yang menyerupai alis berwarna putih. Bagian atas burung ini memiliki warna coklat dan cenderung gelap.

Dan semakin ke bawah, maka warna bulunya akan semakin memucat. Ekornya berwarna hitam dengan warna putih pada bagian dasarnya.

Spesies burung decu alis putih memiliki habitat di daerah gurun. Jumlah dari jenis burung ini tidak terlalu banyak, dan sering dianggap sebagai hama bagi para petani. Anda bisa menemukannya di daerah Pakistan atau India. Burung ini memiliki warna coklat pada bagian atasnya, sedangkan bagian bawahnya cenderung pucat.

Sedangkan jenis burung yang mulai langka adalah leher putih. Burung ini biasanya tinggal di padang rumput ketika memasuki musim dingin. Tentunya sesuai dengan namanya, burung ini emiliki warna putih pada bagian tenggorokan dan leher bawah.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Membedakan Murai Batu Betina Dengan Jantan

Sedangkan ada juga burung ekor putih yang memiliki ciri khas dimana pada bagian atasnya ada corak yang mirip dengan jaring laba laba.

Untuk spesies yang terakhir adalah burung decu abu abu. Kebanyakan jenis burung ini, banyak ditemukan di daerah Cina, Taiwan dan daratan Asia Tenggara. Habitat dari burung ini biasanya di hutan baik di darah tropis maupun daerah subtropis. Warna dari burung ini terdiri dari hitam dan juga putih.

gambar-burung-decu

Cara Perawatan Saxicola caprata Agar Cepat Gacor

Burung ini memiliki kicauan yang merdu denga suara yang banter dan irama yang bervariasi. Tentunya bagi anda yang berniat untuk memeliharanya, penting untuk mengetahui cara merawat yang tepat agar burung ini cepat Gacor.

Sebenarnya perawatan burung ini tidak terlalu sulit dan hampir sama dengan burung kicauan yang lain. Yaitu dengan memberikan pakan yang tepat, makanan burung decu diantaranya adalah serangga kecil seperti kroto, jangkrik, dan cacing tanah, namun anda harus selalu menjaga kebersihan tubuh dan kandangnya serta memberikan latihan berkicau dengan menggunakan masteran.

Memandikan burung ini harus dilakukan secara rutin setiappagi, agar badannya terasa segar. Cara memandikannya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkan air ke arahnya namun dengan air yang tidak terlalu banter.

Setelah burung dimandikan, jangan lupa untuk selalu menjemurnya agar bulunya tetap kering. Penjemuran bisa dilakukan dengan menggantungkan sangkar pada pohon yang agak teduh.

Anda juga perlu memberikan pakan tambahan berupa jangkrik, agar burung ini mendapatkan protein yang cukup. Lakukan setiap kali burung selesai dijemur. Jangan lupa juga untuk membersihkan sangkarnya dari sisa pakan ataupun sisa kotoran burung decu.

Dengan begitu, maka burung tersebut akan merasa nyaman dan senang berada di dalam sangkar. Anda juga perlu memberikan pancingan suara kicauan burung lain agar burung lebih giat berkicau.

Baca Selengkapnya :  Download Kumpulan Suara Lovebird Gacor Ngekek Panjang Mp3

Memelihara saxicola caprata banyak dilakukan oleh orang Indonesia, baik sebatas untuk menyalurkan hobi, maupun menjadikannya sebagai ladang bisnis. Namun, agar dapat segera diikutkan kontes kicau, tentunya perlu dilakukan perawatan yang tepat.

Diantaranya memandikan secara rutin setiap pagi dan melakukan penjemuran. Selain itu, perlu memberikan pakan berupa jangkrik dan memberikan masteran agar burung ini lebih giat berkicau.

Demikian info singkat tentang burung decu yang kiranya dapat menambah wawasan bagi teman-teman kicau semua. Semoga bermanfaat.