cucak-jenggot

Jenis Burung Cucak Jenggot Beserta Suara Dan Harganya

Bagi anda yang merupakan pecinta burung kicauan, pastinya anda akan mengenal jenis burung satu ini. Burung cucak jenggot pun menjadi salah satu idola bagi para kicau mania.

Hal ini dikarenakan burung ini pun sering kali digunakan sebagai burung masteran sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukai jenis burung satu ini. Untuk anda yang ingin memeliharanya, ada baiknya anda untuk mengetahui jenisnya. Berikut simak ulasannya.

Mengenal Dua Jenis Burung Cucak Dengan Jenis Jenggot

Untuk anda yang sering mengoleksi burung kicau, pastinya anda pun harus tahu mengenai dua jenis burung cucak dengan jenis jenggot ini. Burung ini pun memiliki dua jenis burung yang paling dominan di masyarakat.

Dimana yang berasal dari pulau Jawa dan juga yang berasal dari pulau Sumatra yang sering disebut dengan cucak dengan jenis jenggot medan. Kedua jenis ini pun nampaknya menjadi favorit dari masyarakat kebanyakan.

Akan tetapi, terdapat beberapa jenis perbedaan yang perlu anda tahu dari kedua jenis burung tersebut. Bagi para kicau mania tampaknya akan lebih menyukai jenis cucak jenggot jawa.

Hal ini dikarenakan cucak tersebut memiliki variasi suara dan juga volume suara yang lebih nyaring. Selain itu cucak dengan jenis jenggot yang berasal dari pulau Jawa tersebut memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil. Untuk cucak dengan jenis jenggot yang berasal dari pulau Sumatra memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan jenis yang berasal dari pulau Jawa.

Akan tetapi, suara dari cucak dengan jenis jenggot yang berasal dari pulau jawa memang dikenal dengan memiliki suara yang lebih mudah gacor dan juga lebih pedas.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Murai Batu Mabung New Normal

Untuk itu di Sumatra sendiri juga dikenal dengan jenis kapas tembak. Dimana jenis ini akan banyak sekali ditemukan di seputaran kota Lampung.

gambar-burung-cucak-jenggot

Mengenal Jenis Cucak Dengan Jenis Jenggot Yang Bakalan

Untuk anda yang ingin mengoleksi burung satu ini sejak kecil, maka anda pun dapat membeli burung bakalan mudanya. Akan tetapi, anda pun perlu untuk memperhatikan beberapa hal yang menjadi ciri khas dari burung bakalan tersebut.

Untuk memilih burung bakalan ini biasanya masih memiliki sifat yang liar serta akan sulit untuk dijinakkan sehingga akan membutuhkan proses yang agak lama dan harus cekatan dan sabar di dalam merawatnya.

Untuk itu, ciri ciri dari burung cucak jenggot yang masih bakalan adalah gerakannya tidak seliar burung tangkapan yang sudah dewasa. Selain itu, kakinya pun masih terlihat basah atau berkilau jika kaki tersebut terkena cahaya.

Tak hanya itu saja, kakinya ini juga belum terlalu bersisik dan juga memiliki corak yang bersih. Untuk paruhnya sendiri pun akan terlihat basah. Sedangkan pada pangkal mulutnya berwarna lebih muda daripada burung yang sudah dewasa.

Bagi anda yang ingin mendapatkan bakalan dari burung satu ini yang bagus, maka anda pun perlu untuk pintar dalam memilihnya. Anda pun perlu untuk mengenali bentuk fisiknya terlebih dahulu, dimana ketika fisiknya sehat dan tidak cacat maka anda pun bisa untuk memilihnya.

Selain itu, anda pun bisa mengamati dari gerakannya yang relatif stabil dan tenang. Serta jika tidak terlihat liar, maka bisa menjadi salah satu pertanda bahwa burung tersebut memiliki mental yang baik.

Dengan memiliki bentuk fisik yang sempurna dan tidak terdapat cacat, maka hal tersebut merupakan salah satu hal yang bisa menjadi daya tarik bagi cucak jenggot bakalan ini.

Hal ini tentu saja dikarenakan apabila nantinya burung tersebut akan diikutkan di dalam kontes, maka burung tersebut haruslah dalam kondisi fisik yang normal. Karena syarat awal untuk mengikuti kontes gacoan adalah mempunyai fisik yang baik.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Cara Merawat Burung Branjangan Agar Cepat Gacor

Anda pun juga bisa memilih jenis bakalan muda yang sudah rajin berkicau secara perlahan lahan. Tentunya memilih burung yang telah rajin untuk belajar berkicau dan juga sudah mampu untuk berkicau lumayan keras dapat menjadi salah satu pilihan anda dalam memilih bakalan dari burung satu ini.

Untuk itu, anda pun bisa memilih burung yang memiliki volume diatas rata rata. Dengan begitu ketika dewasa nantinya akan bisa menjadi modal ketika burung ini turun di arena lomba.

Ciri Ciri Dari Burung Cucak Dengan Jenis Jenggot Yang Perlu Untuk Anda Tahu

Ketika anda ingin membeli burung ini pun anda juga perlu untuk mengetahui apa saja ciri cirinya. Burung ini pun juga bisa untuk anda beri makanan berupa buah buahan dan juga serangga.

jenis-cucak-jenggot

Selain itu, untuk jambulnya sendiri burung satu ini juga memiliki jambul dan jenggot yang unik. Dimana jambul dan jenggot tersebut mampu untuk mengembang.

Sedangkan untuk ciri ciri yang lain adalah bulu yang terdapat pada burung satu ini memiliki warna coklat zaitun untuk bulu di bagian sisi bagian atas. Sedangkan untuk bulu yang berada di bagian bawah dari tubuh burung ini memiliki warna yang terlihat seperti kuning.

Untuk bulu halus yang berasa di pipinya sendiri memiliki dominasi warna abu abu. Burung cucak jenggot ini pun tak memiliki bentuk yang panjang, dimana hanya memiliki postur tubuh yakni sekitar 22 cm saja.

Selain itu, juga terdapat janggung atau jenggot yang berwarna putih di tenggorokan burung satu ini. Untuk kaki dan jemarinya sendiri mempunyai warna coklat abu abu. Dan patuh yang dimiliki oleh burung cucak dengan jenis jenggot ini memiliki bentuk yang agak panjang dan berwarna hitam.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Burung Murai Batu Gacor Full Isian

Karakteristik dari suara burung satu ini pun cukup tajam dan juga melengking. Sehingga dengan memiliki jenis suara tersebut maka tak heran jika burung satu ini pun menjadi bahan untuk masteran burung kontes yang lain.

Seperti burung cendet, burung cucak ijo dan juga burung kacer serta burung murai batu. Pasalnya burung kontes yang mampu untuk membawakan suara dari burung ini pun akan terlihat lebih elegan.

Harga Yang Ditawarkan Untuk Burung Satu Ini

Untuk anda yang tertarik untuk memiliki jenis burung satu ini pun, maka harga yang ditawarkan pun cukup ramah untuk di kantong. Jika anda membeli burung yang masih bakalan, maka anda pun bisa dengan merogoh kocek dengan harga sekitar 100 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk jenis Medan, maka anda pun bisa membawa pulang dengan merogoh kocek yakni sekitar 150 ribu hingga 250 ribu rupiah.

Sedangkan untuk burung cucak jenggot yang telah gacor, maka anda pun nantinya akan merogoh kocek yang lebih dalam yakni sekitar 500 ribu rupiah.

Untuk anda yang ingin membeli dengan jenis Jawa maka harga yang ditawarkan pun berkisar yakni 300 ribu rupiah. Sedangkan bagi anda yang ingin membeli dengan jenis Sumatra, maka anda pun perlu untuk menyiapkan kocek sebanyak 150 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah.

Itulah yang perlu untuk anda tahu mengenai burung satu ini. Burung yang memiliki suara bagus dan nyaring ini kerap kali dijadikan burung master untuk burung yang lain. Sehingga tak heran jika harga untuk burung yang telah gacor maka anda pun juga akan dipatok dengan harga yang cukup tinggi.