Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara merawat burung sirtu – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat datang dan berjumpa kembali bersama situs resmi OmKicau.ID ya dan Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya tips cara merawat burung sirtu agar gacor.

Nah untuk merawat burung sirtu ini agar menjadi gacor Iya sepanjang hari tentu saja diperlukan tips khusus agar bisa tetap stabil karena burung sirtu memiliki karakter yang unik dan juga sangat mirip dengan perawatan burung cucak ijo, sama seperti burung cucak ijo sirtu merupakan burung yang mudah kaget dan keadaan ini dapat membuat enggan untuk berbunyi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bahkan burung sirtu ini juga punya cara tidur ya yang berbeda dengan burung yang lainnya oleh sebab itu Berikut ini merupakan cara merawat burung paling baik ya ngomong tetap gacor sepanjang hari, oke tanpa banyak basa-basi lagi yuk silahkan cek informasi selengkapnya dibawah ini :

Cara Merawat Burung Sirtu Agar Rajin Bunyi


Pengembunan

Untuk yang pertama adalah pengembunan ini cara yang bisa kalian lakukan untuk menggacor kan si burung sirtu guys. Pengembunan ini dilakukan pada saat jam 5 pagi akan tetapi pada waktu anda dapat mengambil waktu, jangan sampai kaget sebab pada saat itu sirtu pada umumnya masih dalam kondisi tertidur ya si burung sirtu ini.

Pada waktu membangunkannya jangan sampai kaget ya ?. Karena ini dapat berakibat fatal Oleh sebab itu Usahakan sebelum kalian memegang kurungan atau Sangkar sebaiknya kalian bangunkan burung sirtu yang telah tertidur terlebih dahulu caranya yaitu dengan cara diketok ya temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Cara Mengatasi Burung Kacer Stres Dan Macet Bunyi

cara-merawat-sirtu-liar-biar-gacor

Pemandian

Yang kedua temen-temen bisa melakukan pemandian burung cipo atau sirtu ini dengan semprotan atau spray yang lembut atau sesuai keinginan sampai burung menjadi basah, akan tetapi sebelum dimandikan ada baiknya burung tersebut diberikan EF terlebih dahulu ya berupa 2 ekor jangkrik, tapi ingat kepala dan kakinya harus dibuang ya.

Nah pada umumnya dalam memandikan dengan semprot atau spray ya, cukup kalian semprot dengan setelan halus saja ya, setelah itu burung sirtu akan melanjutkan mandi sendiri untuk itu coba sediakan tempat mandi burung mandi sendiri tetapi bila sudah selesai mandi diambil lagi tempat mandinya agar tidak menjadikan kandang menjadi basah, setelah itu tinggalkan wadah minum burung secukupnya setelah mandi sampai bulunya basah dan biarkan hanya air minum saja yang ada di dalam sangkar, lalu burung siap untuk di jemur.

Penjemuran

Namun dalam hal menjemur burung sirtu ini tidak boleh sampai di atas jam 11 karena cahaya matahari sudah tidak sehat lagi maka sebaiknya waktu penjemuran dimaksimalkan sampai dengan pukul 11 saja.

Sesudah itu angkat kandang dari penjemuran dan angin-anginkan terlebih dahulu tunggu selama 15 menit atau setengah jam kemudian burung sirtu sebaiknya langsung dikerodong atau mungkin dimasukkan ke dalam rumah agar didengarkan bunyinya. Penjemuran dapat kembali pada jam 4 sore hari akan tetapi hanya sebentar saja Kemudian burung yang diberikan EF kembali seperti pada pagi hari tadi ya.

Pemberian Pakan Harian Beserta EF

Untuk burung yang satu ini di habitat alamnya memang belum mengenal voer ya, apabila temen-temen membelinya baru dari ombyokan / sirtu yang masih bahan tentu belum terbiasa burung untuk memakan voer yang kalian sediakan di dalam kandang dong. Sebaiknya kalian harus lagi terlebih dahulu agar bagaimana caranya si burung ini mau untuk memakan voer tersebut.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Yang Ada Di Indonesia Tahun 2020

Berikut tips untuk melatih burung sirtu ini supaya doyan untuk makan voer ?.

Yang pertama-tama adalah terapkan terapi lapar, burung jangan diberikan pakan jangkrik terlebih dulu ya, biarkan berpuasa beberapa jam saja. Lalu siapkan voer halus seperti merk leopard yang nanti kalian campurkan dengan kroto berbanding 1 : 1 ya, kasihkan pada waktu sore hari saja sekitar pukul : 15.00 WIB.

Dengan kondisi burung lapar pasti akan melahap pakan yang sudah kita campurkan tadi ya antara voer dengan kroto segar pastinya, lakukan selama kurun waktu kurang lebih 3 – 5 harian lah, di hari yang ke 6 nya coba kalian berikan total voer tanpa di campur oleh kroto, dan liat, analisa dan amati apakah burung sirtu kalian mau memakannya ?. Tentu saja pasti mau lah karena sudah beradaptasi asupan pakan voer sebelumnya ya yg sudah pernah kalian campur dan berikan.

Nah jika burung sudah mau makan voer baru kalian seting takaran jangkrik dan krotonya, untuk EF jangkrik wajib diberikan setiap hari sebanyak 4 – 5 ekor, misalnya pada waktu pagi hari 3 ekor dan di sorenya kembali dikasih 2 ekor jangkrik lagi. Untuk kroto bisa seminggu 1 – 2 kali saja.

Lakukan rawatan secara konsisten yang sudah di jelaskan diatas ya, lama-kelamaan burung akan beradaptasi dengan pola rawatan harian yang kalian berikan, sehingga burung akan mudah jinak dan cepat gacor. Demikianlah cara merawat burung cipoh agar cepat gacor dan jinak yang bisa kalian coba aplikasikan dirumah ya, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari