Inilah Penyebab Kacer Mbagong Saat Mendengar Suara Kacer Lain

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Masih tetap bersama omkicau.id yang selalu setia menemani temen-temen satu hobi, khususnya para penggila burung kicauan. Nah jadi Pada kesempatan kali ini saya ingin kembali berbagi pengalaman dan informasi masih tentang permasalahan dan Perawatan pada burung kacer, ada beberapa pertanyaan dari sobat Kicaumania yang ada di rumah dengan menchating ke ke fanspage kami dan sharing menanyakan apa penyebabnya burung kacer mbagong apabila mendengar kacer musuh.

Nah Kali ini saya ingin membahas tentang seekor kacer yang mbagong pada saat mendengar suara kacer lain baik pada saat di rumah maupun pada saat di area lomba, dan kira-kira penyebabnya apa?. Jadi untuk kalian yang butuh informasi tentang hal ini kalian wajib simak artikel ini sampai habis ya gan..

Analisa Pemicu Si Kacer Nangkur


Oke sobat Kicaumania banyak sekali penunjukan yang diperlihatkan oleh seekor kacer pada saat tubuhnya sedang tidak fit atau sedang tidak kondisi, gambaran umum seperti kacer tampak lesu bulunya mengembang tatapan matanya Sayu, dengan seperti itu harus diterapkan pola rawatan tahap pengkondisian yang difungsikan untuk menyehatkan kacernya terlebih dahulu agar banyak perubahan yang didapat, seperti kacer jadi tambah lincah, nafsu makan yang bagus, lebih responsif dan harian kepantau sudah rajin bunyi.

Dengan kondisi seperti itu saya yakin sekali kacer sudah masuk kriteria burung yang sehat, akan tetapi pada saat melakukan rawat dan pengkondisian itu kita sering juga dijumpai penunjukan yang lain, di mana kacer sudah mulai gacor hariannya rajin bunyi tiap pagi ngeplong keras terkadang terdengar mau bongkar isian ngeplay sendiri, namun pada saat kita dengarkan suara kacer eh kok Langsung Bagong !.. Dan terkadang di lapangan Area lomba awal responsif, bunyi selanjutnya mbagong di dalam kerodong ?.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Paok Pancawarna

Perihal fenomena ini, di mana kacer harian sudah gacor tetapi kenapa pada saat mendengar suara kacer Langsung Bagong ?. Apakah kacer tersebut kalah mentalnya ?.. Hmm Belum tentu ya, dan kita harus gali lagi permasalahannya!.

Apabila kacer yang rusak mentalnya adalah kacer yang sudah tidak mempunyai mental jika bertemu / melihat burung sejenis baik satu atau dua burung dan bahkan dengan banyak burung sekalipun, maksudnya disini tidak fighter lagi dalam keberanian dan nafsu untuk bertarungnya sudah hilang.

penyebab-kacer-nangkur

Jadi Jika kacernya masih kepantau ada nafsu untuk bertarungnya berarti masih ada kemungkinan besar kacer tersebut bukan karena kalah mentalnya, masih bisa dibenahi dari pola rawatan dan settingan lombanya, serta kita analisa lagi dari penunjukan lain dan riwayat hariannya.

Nah selanjutnya analisa lain kita harus melihat kondisi birahi atau emosinya dengan cara apa tentu dengan cara di tes kegantangan atau ke latberan kacer, karena kondisi kata tersebut sudah sehat tapi kenapa kok masih saja si kacer ini saat mendengar suara kacer Langsung Bagong, itu bagaimana belum di Gantang udah mbagong duluan, ya belum tentu tapi hal yang paling penting kita pantau belakangan yaitu respon tarung dan respon bagongnya.

Kacer Over Emosi

Misalkan seperti ini jika pada saat begitu digantangkan kacer terlihat terlalu agresif serasa ingin menyerang (galak), dan selanjutnya menunjukan prilaku mbagongnya berarti Jelaskan kondisi kacer tersebut sedang mengalami kondisi over emosi atau emosi yang dominan tinggi.

Kacer Birahi Tinggi

Pada saat digantang kan kacer main ngotot selanjutnya mbagong loncat-loncat, berarti jelas kondisi seperti itu si kacer dalam kondisi birahi tinggi, walaupun misalkan Bagong jalan atau kacer mbagong ngunci sama saja, terkadang terlihat hanya loncat-loncat seperti kacer yang gak punya nafsu tarung atau seperti burung belo’on itu berarti kondisi birahi tinggi.

Baca Selengkapnya :  Ciri Ciri Burung Kacer Prospek Untuk Lomba

Dan survei saya berdasarkan di lapangan khusus untuk kacer pada saat di lombakan untuk kasus kacer mbagong pada saat mendengar suara kacer ini rata-rata dominan masalah pada kacer yang memiliki tingkat birahi yang tinggi ya,

Nah ini solusinya untuk kacer yang mengalami birahi tinggi :

solusi-kacer-mbagong

Dengan cara menumbuhkan emosinya dengan rawatan dingin yaitu mandi seminggu satu sampai dua kali, lanjut jemur seminggu sampai tiga kali, sekuatnya si kacer saja jika ada umbaran boleh teman-teman umbar seminggu dua kali, dengan durasi satu jam saja, umbar setelah jemur.

Serta untuk pemberian EF nya cukup berikan jangkrik saja 2 pagi 2 sore, saya gunakan jangkrik alam saja karena kandungan airnya sedikit dan untuk Pur gunakan protein yang rendah antara 16 sampai 18% dan harian cukup dengan full krodong selain jadwal rawatan mandi jemur dan umbar dan lakukan sampai si kacer ini dalam kondisi yang membaik.

Ciri-ciri meningkatkan kapasitas yang lebih responsif saat mendengar suara langsung bongkar materi bukan ngeplong saja dan jika sudah seperti itu temen-temen boleh tes burungnya kegantangan.

Sesampainya di lokasi lomba yang diberikan jangkrik 2 ekor lagi boleh teman-teman ablak terlebih dahulu sebentar sampai kacernya mau bunyi lalu selanjutnya dikerodong kembali dan pada saat sesi satu sesi mau Gantang Lihat kondisi kacernya jika emosinya masih tanggung teman-teman yang bisa memberikan ulat Hongkong 3-5 ekor atau sesuai kondisi kacer dan cuaca saja.

Jadi seperti itu setingan kacer mbagong lomba dan harian nya. Teman-teman bisa terapkan kepada burung kacer kesayangan kalian yang memiliki masalah yang serupa, semoga dapat bermanfaat ya, semoga moncer dan sukses selalu untuk kacer mania.

Baca Selengkapnya :  11 Ciri Kacer Tipe Dingin Yang Belum Punya Emosi

Baca juga : Ciri Kacer Fighter Tinggi

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari