Cara Merawat Burung Pelatuk Bawang Agar Gacor

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

cara merawat burung pelatuk, halo selamat siang sobat kicau. Berjumpa lagi masih bersama web resmi Om Kicau, nah dikesempatan kali ini kami akan berbagi tips cara merawat burung pelatuk sampit biar gacor,

nah tentu kalian sudah tidak asing lagi ya dengan burung asli lokal nusantara kita ini. Yang memiliki julukan atau sebutan bahasa inggris nya itu : woody woodpecker ?. Ada banyak sekali jenis pelatuk yang ada di dunia, namun khusus di negara indonesia lebih mendominasi tipe pelatuk bawang, pelatuk beras, dan tungir emas.

Untuk mitos memelihara burung pelatuk tentu banyak keistimewaan yg dimiliki oleh burung pelatuk ini baik dari suara khas yang dimilikinya, karena bagus untuk dijadikan sebagai burung masteran yang lainnya, oleh karena itulah kenapa alasan para kicaumania ingin memelihara dan membuatnya menjadi gacor, lalu bagaimana sih tentang pola rawatan harian yang tepat ?. Nah kalian bisa baca selengkapnya dibawah ini ya :

Tips Mudah Perawatan Pelatuk Bawang Harian Agar Rajin Bunyi


Persiapan Perlengkapan Kandang

Sebelum temen-temen membeli burung pelatuk baik itu di kios burung ataupun pada tangan orang lain, saran kami setidaknya kalian harus menyiapkan peralatan sangkarnya terlebih dulu ya, sangkar yang ideal bagi burung pelatuk ini yang terbuat dari besi, yg sering digunakan burung lovebird ya,

dikarenakan tipikal burung ini sering mematuk-matuk kayu, jika kalian masukan burung ini ke dalam sangkar yang terbuat dari kayu maka jangan heran jika burung yang barusan kalian beli sudah lepas lagi terbang bebas kembali ke alam heheheh,

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Pleci Dakun, Harga Dan Suara

nah untuk tangkringan pelatuk bisa sediakan bonggolan kayu yang berdiameter besar atau bisa menggunakan kayu balok ya, yang di taruh tegak menyerong saja, fungsingya untuk si burung ini merambat dan mematuk-matuki kayu tangkringan balok tersebut ya. Jika perlengkapan ini sudah siap semua dan burung juga sudah berada di dalam kandangnya maka selanjutkan ke pola rawatan hariannya ya.

Pengembunan Pagi Hari

Diwaktu pagi, sekitar jam 5 subuh lah ya, burung pelatuk ini harus di embunkan, agar memiliki daya tahan dan suhu tubuh yg stabil, segar dan membuat nya menjadi lebih sehat menghirup udara bersih di pagi hari.

Jika temen-temen membeli burung pelatuk ini dari ombyokan atau kios pasar burung, sudah pasti kondisi si burung masih sangat stres dan kaget ya, nah dengan manfaat pengembunan inilah sebagai salah satu obat untuk burung pelatuk agar cepat pulih mau bunyi.

cara-merawat-burung-pelatuk-bawang-agar-gacor

Mandi, Jemur Serta Kebersihan Kandang

Setelah burung di embun, langhak selanjutnya kalian harus memandikan burung secara rutin setiap harinya ya, sekitar jam 7 – 8 pagi dengan cara di semprot halus saja ya menggunakan sprayer sampai bulu burung nya basah kuyup.

Karena jika kondisi burung basah kuyup, tentu akan membuat burung akan lebih tenang dan cepat jinak nya ya, sambil burung ini dimandikan kalian juga harus membersihkan kotoran yang ada di dalam kandangnya ya, karena burung pelatuk ini tidak suka dengan tempat yang kotor, jadi usahakan setiap harinya kandang harus bersih.

sehabis burung dimandikan dan membersihkan kotoran nya ya jangan kalian langsung gantung sangkarnhya akan tetapi biarkan saja letakan di dasar lantai sampai setengah kering barulah lakukan penjemuran sekitar 1 – 2 jam saja cukup ya.

Catatan : “Pada saat burung ini dijemur sebaiknya wadah pakan dan minumnya harus kalian cabut ya”

Pemberian Pakan Dan Minum

Lalu apa nama makanan burung pelatuk ?, Setelah burung sehabis dijemur di pindahkan di tempat yg sejuk, dan siap kan air minum dan voer yang masih fresh (baru) ya, lalu berikan pakan tambahan (EF) beruka jangkrik dan ulat hongkong, untuk takarannya bisa kalian sesuaikan dengan karakter burung kalian masing-masing.

Baca Selengkapnya :  7 Jenis Burung Kelas Atas Yang Lagi Populer Saat Ini

Biasanya untuk porsi EF standar yang diberikan ke burung pelatuk itu jangkrik 10 ekor ya, 5 pagi dan 5 sore, serta ulat hongkongnya cukup 1 sendok makan saja. Kroto bisa kalian kasih seminggu 3 – 4 kali 1 sendok makan.

Penempatan Kandang Yg Nyaman

Setelah temen-temen melakukan hal yang diatas, sekitar jam 11 siang burung sebaiknya dimasukan kembali ke dalam rumah, atau jika tempat kalian memungkinkan memiliki teras halaman depan rumah yang nyaman tentu tidak masalah kalian gantung kandangnya disitu ya.

Nah pada saat sore hari menjelang adzan maghrib burung harus kalian masukan dan di kerodong saja dengan menggunakan bahan tipis, agar burung bisa beristirahat, tempatkan kandang di tempat yang aman dan jauh dari gangguan-ganguan serangga, ataupun tikus ya.

Oke jadi itu saja pengalaman yg dapat kami bagikan tentang cara merawat burung pelatuk agar bisa cepat gacor dor hariannya ya, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : burung pelatuk beras

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari