murai-batu-medan

Ciri Burung Murai Batu Medan Prospekan Trah Juara

Apa kabar para sobat kicau mania semua!., Masih bersama situs resmi Om Kicau, yang selalu memberikan tips dan informasi seputar burung kicau yang ada di indonesia, kali ini kami akan membahas bagaimana mengenali ciri burung murai batu medan yang asli dan memiliki kualitas terbaik atau sering disebut dengan murai prospekan yang bisa jadi asal-usulnya dari indukan yang sudah pernah berprestasi menjadi juara.

Murai batu tergolong salah satu tipe burung yang mendapat julukan kelas bergengsi di gantangan arena festival burung berkicau. Performa fisiknya juga jadi evaluasi dalam pertandingan. Identitas murai batu Medan asli menghasilkan burung ini sedemikian itu spesial dikalangan penggemar burung.

Burung ini merupakan salah satu tipe murai batu yang sangat banyak disukai. Murai batu medan mempunyai ragam kicauan yang relatif banyak. Habitatnya terletak di dekat Bahorok, Busut Lawang, serta kaki Gunung Leuser Sumatra Utara.

Tetapi buat harga yang ditawarkan untuk murai batu medan ini pula lumayan luar biasa, dari mulai jutaan sampai ratusan juta rupiah. Untuk Kamu yang terpikat mempunyai murai batu medan, berguna buat mengenali identitas murai batu Medan asli supaya tidak terkecoh.

murai-batu-medan-asli

Karakteristik Ciri Murai Batu Medan Asli


Struktur Badan Serta Warna

Salah satu karakteristik burung Murai Batu Medan yang asli pasti saja dapat diamati dari bentuk badan tubuhnya yang jauh lebih besar, serta gagah dari tipe Murai Batu yang lain. Bila lagi berdiri gagah kaki mencengkram kokoh tangkringan dengan bentuk badan yang sempurna serta sepadan menghasilkan burung lebih nampak mempunyai mental petarung yang amat bagus.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Betet Agar Cepat Jinak Dan Gacor

Dan warna dari burung murai ajang ini mempunyai corak yang amat kental gelap mengkilat, terlebih lagi bila terserang sinar yang memantul kala burung lagi di jemur misalnya, yang tersorot langsung dari pancaran cahaya mentari hingga corak hitam di bagian kepala serta punggung hingga ekor bagian atasnya nampak nyata meling- meling gelap bersih.

Tatanan Ekor

Umumnya jauh bagian akhir nya dekat 20 centi sampai 25 centian dengan wujud melengkungnya, tetapi buat yang wujudnya lurus bukanlah sedemikian itu jauh, Bagian corak di ekornya bila di tempat reda hendak nampak gelap kental, tetapi bila dibawah amat mentari hendak nampak corak biru imajiner.

Buat corak pola akhir yang dipunyai, yang bercorak putih nampak wujud sepertih graf” U” yang dimana dibagian tengahnya terpenggal lekukan dengan campuran antara gelap serta putih pada bagian kanan serta kirinya sekelas dibagi 2.

Bentuk Kaki

Bila temen- temen mau bermaksud membeli burung ini, tetapi janganlah kurang ingat pula buat mencermati bagian kakinya wajib normal serta tidak boleh terdapat yang cacat ya, pasti dari jemari, kuku serta daya mencengkramnya amat bagus serta tidak ada permasalahan.

murai-batu-medan-bahorok-asli

Murai Batu Medan yang telah merambah umur dewasa pada bagian kaki nya mempunyai sisik sisik serta lekukan semacam buah belimbing, ataupun kerap diucap oleh para celoteh maniak ini merupakan ngedeker, sebaliknya yang masih muda atau bakalan pada bagian kaki nya nampak bercorak merah kental.

Karakter Suara Yang Khas

Karakteristik khas dari murai batu ajang ini yang tidak dipunyai oleh tipe lain pada biasanya merupakan dari aksen, serta daya muat yang diperoleh dari suara kicauannya, yang dimana mempunyai suara kicauan yang bagus bersuara bila membawakan lagu materi isiannya, dengan suara tembakan yang maksimum cepat yang dapat mengurangi mental musuhnya bila lagi di adu atau ditrek latihan.

Baca Selengkapnya :  Tips Mudah Membedakan Murai Batu Betina Dengan Jantan

Dari krakteristik yang dipunyai oleh tipe Murai Batu Ajang yang lumayan istimewa serta beda dari tipe yang lain ialah angka lebih yang menimbulkan harga nya melambung tinggi di pasaran, terlebih yang corak bulu bulu nya telah baik dengan Suara kicauan nya yang telah jadi tentulah angka jual nya hendak kian tinggi.

Sesungguhnya, tiap tipe Murai Batu nyatanya memiliki karakter yang berlainan beda. Cirinya hendak menjajaki darimana ia berawal. Misalnya Karakteristik Ciri Murai Batu Medan yang asli dengan Murai Batu Borneo tentulah hendak berlainan bila dicermati dengan saksama, baik corak, suara serta ekornya.

Demikian tips ciri dari burung murai batu medan yang dapat kami bagikan berdasarkan pengalaman yang sudah terbukti dari para hobiis murai batu mania, terima kasih semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Perawatan Murai Batu