Cara Merawat Burung Macaw

Assalamualaikum wr, wb, halo sobat kicau kembali lagi masih berjumpa bersama situs resmi omkicau.id yg dimana pada kesempatan kali ini kita akan mereview pertanyaan dari temen-temen kicau mania, tentang bagaimana sih cara merawat burung macaw itu susah atau mudah ya !.

Biasanya bagi para pemula suka bertanya-tanya mudah nggak sih memelihara burung macaw hariannya ?, sebenarnya melihara jenis burung macaw itu mudah banget sih terlebih jika didasari dengan suka dan cinta terhadap binatang khususnya burung apalagi macaw ya yg tergolong tidak begitu rewel ya temen-temen.

Untuk kalian yang memang hobi dan berniat ingin membeli burung macaw ini, tentu bukan seperti memelihara burung kicau pada umum nya ya, agar burung macaw kita itu nggak gampang stress apalagi mati asal kita mau menjaga kotorannya, dan selalu dibersihkan, serta memperhatikan asupan gizi dan nutrisinya tentu burung macaw kalian akan menjadi jinak dan selalu sehat ya temen-temen.

Oke tanpa banyak basa-basi lagi yuk langsung saja kita bahas ke topik intinya, nah cara memelihara macaw harian saya bagi menjadi 3 kategori :

Tips Perawatan Harian Burung Macaw


Kebersihan Kandang Dan Pemberian Pakan

Ok temen-temen jadi setiap di pagi harinya sekitar antara jam 7 sampai jam 8, setelah kita bersih-bersih kotorannya lalu kita bikin makan dari bubur KYT rebus dicampur air panas

kemudian kita keluarkan dia dari kandangnya setelah kondisi bubur hangat menjelang dingin lalu kita kasih makan jika burung itu usianya mapan ukuran makan pakai sepetan yang biasa untuk meloloh anakan burung lovebird ya temen-temen

untuk porsi pakan nya kalian bisa siapkan sepetan dengan ukuran 50 – 60 mili atau 2 kali sepet ya temen-temen, dan jika makanya sudah tidak mau berarti burung sudah merasa kenyang ya maka sebaiknya jangan dipaksakan ya.

makanan-harian-burung-macaw

Jika sudah selesai maka masukin lagi ke kandangnya ya habis makan pagi kemudian kita kasih dia biji-bijian seperti kwaci kacang kacangan dan lain-lain kalau ada buah-buahan juga mau dia, seperti buah pepaya juga sangat bagus untuk melengkapi asupan kebutugan gizi dan vitamin bagi si burung tersebut.

baca juga : daftar harga burung macaw

Alternatif selain buah kalian juga bisa berikan buah-buahan seperti : Mangga, jeruk, salak, apel, dan pisang yang tentunya aman untuk di konsumsi burung macaw kesayangan anda ya, se habis makan jangan lupa ditutup pintunya kemudian digembok Kenapa ?. Karena kalau tidak di gembok dia bisa buka sendiri pintu kandang nya ya.

Berinteraksi Dengan Burung Macaw (Meaning)

Setelah beres pemberian pakan di waktu pagi ini, maka bisa ditinggal untuk beraktivitas apabila temen-temen sedang libur atau nganggur di rumah dan tidak ada aktifitas maka manfaatkanlah waktu luang itu untuk berinteraksi dengan burung peliharaan macaw kalian ya,

dengan cara mengelus-elus atau menyentuh seluruh bagian tubuh burung dari paruh, kepala, pipi, tubuh, dada atau punggung sampai ke sayap dan ekornya, dengan kalian melakukan hal tersebut tentu akan menjalin ikatan antara si pemilik dengan burung nya ya, agar lebih mudah jinak dan jadi nurut nantinya.

cara-melatih-burung-macaw

Rawatan Masuk Waktu Sore Hari

Ketika datang waktu sore saatnya kita siapkan kembali untuk makan racikan buburnya ya sama seperti pada waktu pagi hari yang sudah kita lakukan sebelumnya.

Setelah pemberian pakan di sore harinya lalu kalian masukan kandang lagi, dan biarkan burung beristirahat sampai ke esokan harinya, lakukan tahapan ini secara konsisten setiap harinya agar burung macaw temen-temen supaya selalu sehat dan cepat jinak ya.

Oke itu saja tips yg bisa kami sharing kepada kalian seputar cara merawat burung macaw dengan mudah selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Voer Yang Bagus Buat Pleci

Halo sobat omkicau burung pleci memang menjadi incaran banyak pecinta burung kicau, kicauannya yang unik sungguh memikat hati dan untuk Read more

Menginspirasi Dengan Bijak: Contoh Pantun Nasehat yang Memotivasi
Contoh Pantun Nasehat

Contoh Pantun Nasehat : Pantun nasehat merupakan salah satu bentuk puisi lama yang kaya akan makna dan nasihat. Dalam keberagaman Read more