Cara Menjinakkan Burung Nuri

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Cara Menjinakkan Burung Nuri – Halo sobat kicau diedisi kali ini kita akan mengulas informasi menarik seputar penjinakan burung yang memang gampang-gampang susah. Nuri ini memang masih sejenis burung beo yang juga mampu berbicara.

Memang dia menjadi peliharaan favorit dirumah sebagai burung hias. Ada juga yang menyebutnya dengan nama bayan. Unggas paruh bengkok yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar kurang lebih 40 cm.

Dia bisa terbang cukup jauh dan memiliki paruh yang kuat untuk mecari makan dan juga untuk bertahan dari mangsa hewan lain ketika dia hidup dialam liar dan juga ukung paruh yang tajam hampir sama dengan elang.

Ketika kalian memutuskan untuk memelihara nuri ini pasti dia membutuhkan waktu yang cukup untuk beradaptasi dengan pemilik barunya dan mungkin kalian membutuhkan perawatan khusus untuk menjinakkannya.

Nah dari pada pusing mikirin caranya yang efektif langsung aja baca artikel nya sampai habis karena aku mau kasih tips menjinakkan nuri, bukan mudah tetapi ampuh bisa ada hasilnya sebagai berikut.

makanan-burung-nuri

Tips Menjinakkan Burung Nuri

1. Persiapkan Kandang yang Nyaman

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan setelah membeli nuri atau berniat untuk memeliharanya ialah mempersiapkan kandang yang nyaman bagi dia. Ukurannya agak besar sesuai dengan tubuhnya yang besar.

Jangan pernah tutup kandangnya dengan kerodong karena akan membuat si nuri menjadi pengap. dan letakkan kandang ditempat yang nyaman dan aman dari gangguan hewan lain yang akan menjadi ancaman baginya karena

Baca Selengkapnya :  Cara Mencari Setingan Kacer Yg Pas

biasanya kandang nuri tidak digantung biasanya didirikan diatas permukaan lantan, meskipun ada juga sih yang digantung. Dan juga kebersihannya terjaga. Kandang terbuat dari besi karena kalau dari kayu akan cepat patah.

2. Jauhkan dia Dari Keramaian

Kalau disebagian burung kicau cara menjinakkan nya diletakan kandangnya ditempat yang ramai supaya dia bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, tetapi untuk jenis nuri dan beo biarkan dia

berada ditempat sepi terlebih dahulu jangan bertemu dengan orang lain kecuali anda, biar dia tenang dulu ditempatnya yang baru lakukan pendekatan mulai dari memberikan makanan langsung dan juga berikan sentuhan lembut supaya lebih nyaman.

harga-burung-nuri

3. Mandikan Burung

Untuk menetralkan rasa stres nya kalian bisa memandikan dia 3 kali dalam seminggu cara memandikannya bisa dengan meletakkannya di bak yang berisu air masukan dia kedalam bak perhatikan jangan sampai tenggelam.

Tetapi hal ini bisa sambil diikat rantai kakinya karena kalau dipegang akan terasa sulit sekali, seperti yang kita tahu nuri memiliki kekuatan yang cukup besar apalagi yang belum jinak.

4. Berikan Makanan Yang Bergizi

Untuk menjaga kesehatan nya kalian harus memperhatikan asupan makanannya selain yang dia sukai juga harus lengkap kandungan nutrisinya. Dialam bebas dia merupakan burung pemakan bijian.

Bisa diberikan biji padi, kacang hijau dan juga buah – buahan seperti pisang. atau dia juga menyukai apel untuk voer tentunya kekecilan jadi bisa diganti dnegan pelet ayam untuk tambahan nutrisinya.

5. Lakukan Pendekatan Berkala

Setelah beberapa hari diisolasi dengan tenang dan mulai dekat dengan anda tentunya sesekali berinteraksi dengan dia supaya kedekatan antara si burung dengan pemiliknya menjadi lebih dekat lagi.

Baca Selengkapnya :  Makanan Burung Pelatuk

Kalau sudah terlihat nyaman kalian bisa mulai meletakkannya ditengah-tengah keluarga kalian sehingga dia mulai mengenal anggota keluarga mu yang menghuni rumah barunya.

Itulah tadi rangkaian cara menjinakkan burung nuri yang dapat kalian praktekan dirumah dengan burung kesayangan kalian, semoga informasi ini bermanfaat buat kalian dan kami ucapkan banyak terimakasih.

baca juga : daftar harga harga burung nuri

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari