Cara Merawat Burung Gelatik Agar Rajin Berkicau

pada kesempatan kali ini kami akan share dan berbagi tips cara merawat burung gelatik agar rajin bunyi setiap hari. Tentunya dari rawatan harian yang tepat yang harus anda lakukan!. Penasaran yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Cara Merawat Burung Gelatik


Pengembunan Rutin

perawatan-burung-gelatik-wingko

Langkah yang pertama disini adalah pengembunan, seperti biasa pada watu pagi hari sekitar pukul 05.00 WIB sampai pukul : 06.00 WIB burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk di embunkan. Agar si burung mendapatkan udara yang segar, seperti di alam liarnya.

Temen-temen harus rutin mengembunkan burung gelatik batu jenis apapun setiap harinya, karena manfaat yang didapatkan dari pengembunan ini sangat baik. Kemudian kita tunggu sampai ada sinar matahari, ketika sinar matahari ini sudah muncul dirasa sudah mulai cukup hangat maka tahap selanjutnya kita harus memandikan burung.

Pemandian Dan Kebersihan Sangkar

Waktu pemandian yang tepat setelah burung gelatik ini diembunkan, sekitar pukul : 7.00 WIB, sebelum kita memandikan siburung. Jangan lupa untuk kita mengambil wadah pakan dan minumnya agar tidak basah ketika kita memandikan siburung tersebut.

Bersihkan dasar sangkar penampung kotoran burung dengan menyikatnya dengan menggunakan air, setelah dasar alas sangkar bersih pasang kembali, lalu lakukanlah pemandian burung dengan cara disemprot menggunakan sprayer secara halus dan merata di seluruh tubuhnya agar si burung mendapatkan kesegaran dan bulu selalu rapih, halus, terawat serta membuat tubuhnya menjadi sehat.

Untuk kebersihan sangkar wajib diberishkan setiap harinya agar terhindar dari serangan berbagai macam penyakit burung, dan parasit yang dapat mengganggu si burung tersebut, namun untuk durasi mandi dilihat kondisi cuaca, jika mendung dan tidak ada sinar matahari sebaiknya burung tidak dimandikan, namun jika sinar matahari sangat cerah dan panas sebaiknya burung dimandikan, kalau saya pribadi memandikan burung gelatik ini tidak perlu tiap hari, minimal 2 hari sekali saja cukup.

pemandian

Penjemuran Rutin

Jika matahari menyinari panasnya dengan baik, maka jangan anda lewatkan untuk menjemur burung gelatik ini. Karena karakter burung ini sangat senang sekali pada penjemuran yang dilakukan secara rutin setiap harinya, jemurlah sampai bulu si burung terlihat benar-benar kering.

Untuk menjemur burung disarankan burung gelatik harus dimandikan terlebih dahulu baru di jemur ya cara ini baru tepat, jangan kebalikannya : setelah burung dijemur panas lalu dimandikan dan ini cara yang salah, jika terlalu sering menggunakan cara yang salah maka akan berakibat fatal pada mental dan kondisi kesehatan si burung tersebut yang bisa mengalami stres, sakit dan bahkan bisa mati.

penjemuran-burung-gelatik

Pemberian Pakan Harian

Pakan utama yang wajib diberikan setiap harinya adalah voer halus. Sembari menunggu penjemuran selesai, sebaiknya anda menyiapkan pakannya terlebih dahulu, untuk saya pribadi menggunakan voer merk leopard berwarna hijau dengan rasa rumput laut yang sering digunakan untuk jenis burung pleci.

Jika sudah memberikan pakan voer harian yang kiranya sudah cocok untuk siburung gelatik tersebut, dan nafsu makan burung doyan, tidak disarankan untuk temen-temen menggonta-gati jenis merk voer lainnya ya.

  pakan-voer

Selain voer, anda juga harus memberikan EF pakan penunjang yang baik sifatnya untuk masteran adalah ulat kandang dengan porsi takaran 1 sendok makan setiap 3 atau 2 hari sekali saja di wadah cepuk kecil khusus agar si burung terbiasa, dan jangan mencampurkan ulat kandang ini di wadah pakan cepuk yang berisi voer ya, karena nantinya burung bisa kebiasaan mengacak-acak voer dengan mencari si ulat kandang tersebut.

pakan-ulat-kandang

Setelah penjemuran selesai barulah berikanlah pakan yang telah disiapkan, baik voer dan ulat kandangnya, gantung burung ditempat yang teduh sampai sore hari.

Ketika menjelang senja menjelang malam baru burung di masukan kembali ke dalam rumah, dan boleh dikerodong agar burung bisa tenang untuk beristirahatnya sampai keesokan harinya, lakukanlah pola rawatan yang telah dijelaskan secara berulang dan konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Oke jadi itu saja ya informasi yang bisa kami share seputar jenis burung gelatik beserta pola rawatan harian nya supaya cepat berkicau – Selamat mencoba, semoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Eksplorasi Mendalam: Karakteristik Unik Benua Antartika
karakteristik benua antartika

Dalam artikel ini, situs resmi om kicau akan menjelajahi karakteristik khas yang membuat benua ini begitu istimewa. Benua Antartika, yang Read more

Jenis Burung Cucak Ijo Dan Harganya
jenis-burung-cucak-ijo

jenis burung cucak ijo - ialah burung pengicau yang tidak dapat ditatap sebelah mata. Salah satu burung celoteh yang yang Read more