Cara Merawat Burung Cucak Kombo Agar Cepat Bunyi

Berjumpa kembali masih bersama situs resmi omkicau.id yg dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara merawat burung cucak kombo agar tidak nyilet, selalu sehat dan tentunya agar rajin bunyi setiap hari ya temen-temen.

Memang saat ini burung kacial kombo atau sering kita kenal sebagai burung cucak kombo ini tergolong jarang dan sulit untuk dijumpai, harga yang ditawarkan dipasaran juga masih terjangkau ya temen-temen, ya relatif saja ya, tidak terlalu mahal dan juga tidak murah, yg pastinya pas deh dikantong para kicau mania yang lagi cari-cari burung masteran.

Namun sebelum kalian membeli burung cucak kombo tersebut sebaiknya kalian harus mengetahui cara memberikan perawatan hariannya ya, agar burung yang kalian rawat bisa sehat dan cepat gacor, sesuai tujuan di awalkan, jika sudah gacor tentu akan menjadi burung maseteran yang efektif dan memiliki suara yg mewah, burung cucak kombo ini sering dijadikan sebagai burung isian / masteran murai batu, cucak ijo, kacer ataupun jalak ya.

Oke tanpa harus berlama-lama lagi yuk kita simak langsung tips perawatan harian burung cucak kombo yang tepat :

makanan-cucak-kombo-supaya-gacor

Cara Merawat Burung Cucak Kombo Biar Gacor

Makanan Yang Disukai Burung Cucak Kombo

Burung kacial Kombo dari sisi segi pakan nya di alam liar sangat menyukai nektar ya temen-temen sama seperti burung kolibri, tapi di samping memakan nektar burung cucak combo ini dia pemakan serangga juga ya teman-teman karena banyak sekali yang belum tahu kalau cucak combo ini sangat menyukai serangga juga ya.

Jadi kalau kita mau merawat Kecial Kombo kita harus paham dulu ini makanannya bukan sekedar nextar atau pakai air gula atau madu saja ya, namun kalian harus berikan serangga juga ya teman-teman.

Selain nektar dan serangga, burung ini tentu juga sangat menyukai buah-buahan ya temen-temen, buah yg cocok untuk burung cucak kombo ini adalah buah pisang kepok putih / kuning yang matang ya, yg bisa kalian sajikan juga untuk pakan pendamping atau EF yang banyak mengandung vitamin dan mineral alami.

Pengembunan Dan Kebersihan Kandang

Jika kalian sudah mengetahui pakan harian nya lanjut keperawatan lainnya ya seperti hal nya burung ocehan pada umumnya ya, burung ini sangat suka udara segar dipagi hari, jadi kita sebagai pemilik dan perawat harus mengembunkannya setiap hari ya temen-temen.

Temen-temen bisa mengeluarkan burung cucak kombo ini untuk di embunkan sekitar jam 5 pagi ya, sampai jam 7, setelah itu barulah kita bersihkan sangkarnya setiap hari, dengan menggunakan air bersih sikatlah alas kotoran pada dasar sangkarnya,

nah saran kami untuk penggunaan sangkar usahakan menggunakan sangkar besi bulat yg sering digunakan untuk burung lovebird ya temen-temen, karena model sangkar ini sangatlah praktis, aman dan nyaman bagi burung cucak kombo ya.

Pemandian Dan Penjemuran

Setelah kotoran yang ada pada sangkar nya itu kalian bersihkan, lanjut ke proses pemandian, boleh kalian sediakan cepuk yg agak besar, setidaknya seukuran tubuh si burung tersebut ya, siapkan di dasar sangkarnya, lalu kalian semprot halus tipis-tipis aja untuk memancing agar burung mau mandi dengan sendirinya di wadah cepuk pemandian yg sudah kita siapkan.

Jika burung sudah terpantau mandi dan didis nyisir bulu sayap dan ekor tunggu 2 – 3 menitan lah, setelah itu baru kita mulai jemur burung cucak kombo temen-temen ya, dan cara menjemurnya ini cukup kalian letakkan saja di bawah, atau di tanah ya, bertujuan agar burung lebih cepat terbiasa dengan lingkungan sekitarnya dan cepat jinak nantinya.

Lama atau durasi penjemuran cukup 1 – 2 jam paling maksimal ya, temen-temen jangan menjemur terlalu lama, karena burung cucak kombo ini tidak terlalu kuat akan hawa panas matahari ya, jadi untuk penjemuran sewajarnya saja.

cara-membuat-nektar-untuk-cucak-kombo

Pemberian Pakan Burung Cucak Kombo

Setelah proses penjemuran selesai kalian istirahatkan sejenak atau anginkan terlebih dahulu ya sekitar 5 menitan lah, baru kita kasihkan pakan serangga berupa jangkrik 2 – 3 ekor yg kecil-kecil ya, untuk kaki jangkriknya jangan lupa kita buang terlbih dahulu, agar aman dan burung tidak kelolotan nantinya.

Boleh kalian sajikan keroto 1 sendok makan, atau alternatif lainnya bisa menggunakan ulat kandang ya. Dan untuk pemberian pisang kepok cukup 1 – 2 kali saja dalam seminggu ya.

Catatan :

Lakukanlah perawatan yang sudah kami jelaskan diatas secara konsisten ya temen-temen agar burung cucak kombo kalian bisa cepat gacor stabil.

Demikianlah tips cara merawat burung cucak kombo yg bisa kami share kepada kalian, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat. Salam kicau mania.

Related Posts
Mengenal Keistimewaan Burung Unta
burung-unta

Pada biasanya burung unta yang tercantum spesien ostrich ini mempunyai besar 2.5 m serta berat antara 100- 120 kilogram. Walaupun Read more

Puisi Rakyat
Puisi Rakyat

Puisi rakyat Indonesia, sebuah warisan budaya yang kaya akan keindahan dan makna, telah menjadi suatu keajaiban yang menghiasi perjalanan sejarah Read more