makanan burung kolibri wulung

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Sobat omkicau menarik sekali membahas tentang burung yang satu ini setelah kemarin kita membahas harganya kali ini Makanan Burung Kolibri Wulung yang bisa menjaga daya tahan tubuhnya dan membuatnya menjadi semakin rajin berkicau.

Secara umum kolibri merupakan burung yang memakan nektar sebagai makanan pokoknya, bisa dari sari bunga dan juga nektar pohon kelapa dan pohon pisang.

Tetapi dalam perawatan kita bisa memberikan beberapa jenis makanan lain supaya kebutuhan nutrisi harian tubuhnya tercukupi mengingat kepakan sayapnya yang sangat cepat sehingga dia juga membutuhkan

banyak asupan makanan sebagai sumber energinya. dan berikut beberapa jenis makanan yang bisa kalian berikan ke kolibri kesayangan beserta apa saja manfaat yang didapatkan dari makanan ini.

harga-burung-kolibri-wulung-bahan

Jenis Makanan Burung Kolibri Wulung

Si hummingbird ini memiliki kemampuan mengepakkan sayapnya mencapai 150 sampai 200 kali per detiknya, tak heran mengapa meskipun dia memiliki ukuran tubuh kecil dia memerlukan kalori yang banyak

untuk kelangsungan hidupnya. ketika kita memutuskan untuk memeliharanya pastikan kita dapat memenuhi kebutuhan kalorinya dan juga nutrisi lain untuk tubuhnya ya sobat dan berikut beberapa makanannya.


Voer

Meskipun di alam bebas dia tidak memakan voer, kita bisa mengajarinya untuk memakan voer terlebih dahulu. manfaat dari voer ini sebagai makanan yang mangandung protein, karbohidrat dan juga berbagai mineral

lain yang sudah disesuaikan komposisinya untuk memenuhi kebutuhan si burung kolibri, kolibri sendiri biasanya diberikan voer halus mengingat ukuran tubuhnya yang kecil.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kenari Loper

Pemberian voer tidak usah terlalu banyak cukup 1/2 sampai 1 sendok teh perhari karena pemberian yang berlebihan akan mengakibatkan si burung susah buang air besar atau sembelit.

Kroto

Larva semut ini memang menjadi makanan yang wajib bagi burung kicau dimana dia mengandung protein yang tinggi untuk menambah stamina burung kesayangan mu dan bisa membuatnya menjadi rajin berkicau.

Pemberian setiap hari cukup 1 cepuk kecil atau 1/2 sendok teh perharinya. Pastikan kalian memberikan kroto yang masih memiliki kualitas baik atau masih segar ya karena kroto yang sudah bau busuk

atau tidak layak makan tentunya akan mengganggu kesehatan si burung.

Nektar Kemasan

Untuk menggantikan asupan nektarnya di alam bebas secara alami tentunya dipasaran banyak diproduksi nektar khusus burung yang bisa didapatkan dengan membelinya di kios atau burung

bahkan di marketplace online juga sudah banyak yang menjualnya. Tentunya nektar ini sudah diracik sedemikian rupa sehingga mirip dengan nektar aslinya sehinga si burung kecil ini akan sangat menyukainya.

racikan-makanan-kolibri-wulung

Nektar Buatan

Jika ditempat kalian sulit untuk mendapatkan nektar buatan pabrik atau harganya tidak cocok di kantong anda, atau ada kolibri wulung yang tidak menyukai nektar pabrikan kalian bisa mensiasatinya dengan meracik nektar sendiri.

memang agak repot dan kalian tidak boleh memberikan sembarangan harus mengikuti resep serta takaran yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan si burung. meskipun demikian kelebihan nektar buatan tentunya tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Pemberian nektar tetap harus dibarengi dengan sumber makanan lain jika tidak maka si burung akan mengalami gangguan kesehatan karena tentunya berbeda dengan nektar yang mereka dapatkan secara alami dari tumbuhan.

Madu

Jenis makanan yang satu ini memang cukup digemari oleh kolibri wulung karena rasanya yang manis, pemberian madu sangat baik di musim hujan atau ketika suhu udara sedang dingin karena madu bersifat panas

Baca Selengkapnya :  Inilah Masteran Terbaik Untuk Murai Batu Di Jamin Mewah

sehingga pemberian madu jangan terlalu banyak dikhawatirkan bulu-bulu si burung akan mudah rontok. pemberian cukup 1 minggu 2 kali saja ya sobat.

madu-untuk-kolibri-wulung

Susu Kental Manis

Mungkin untuk orang awam yang tidak hobi memelihara burung kicau tentunya terasa aneh melihat kita memberikan susu kental manis untuk minuman burung, tetapi sebenarnya ini digunakan sebagai pengganti nektar.

Selain itu SKM bisa membuat burung menjadi lebih naik staminanya, bulunya terlihat mengkilap namun pemberian yang berlebihan akan menyebabkan kelebihan berat badan pada kowul anda sehingga dia malas bergerak dan berkicau.

susu-kental-manis

Jeruk manis

Buah yang bisa kita berikan untuk kowul tentunya yang memiliki rasa manis, ada buah lain yang manis tetapi susah di konsumsi. Kalau jeruk selain rasanya manis dan mengandung vitamin C

dia juga mudah di makan karena butiran jeruk mengandung air yang mudah dihisap oleh paruh si kowul ini. pastikan jeruk yang kalian berikan harus manis ya kalau asam bukan hanya dia tidak menyukainya bahkan akan mengganggu kesehatannya.

Itulah beberapa jenis makanan burung kolibri wulung yang bisa dikonsumsi selama dia dalam perawatan kita beserta fungsinya agar dia semakin rajin berkicau. kami ucapkan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari