Cara Menjinakkan Burung Gereja

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Cara Menjinakkan Burung Gereja – unggas kecil yang hidup berkoloni ini memang masih sering kita jumpai di area pemukiman pemduduk, dia biasa keluar waktu pagi untuk mencari makan dan kembali ke sarangnya di waktu senja.

Kemungkinan ada yang memeliharanya tetapi tidak banyak selain sulit untuk memliharanya karena saya pernah pengalaman beberapa kali menemukan burung gereja yang terjebak dirumah dan semuanya sulit dirawat

dia tidak mau makan bahkan tidak mau bunyi juga. Padahal burung gereja yang sudah gacor suaranya cukup baik untuk masteran burung lomba. Meskipun sekilas terlihat sama dengan burung emprit dan bondol tetapi

mereka merupakan jenis burung yang berbeda. Burung gereja memiliki bulu berwarna coklat dan abu-abu, meskipun tubuhnya berukuran kecil dia memiliki perut yang besar, dengan ekor yang pendek serta paruh pendek yang

cukup kuat untuk memakan serangga dan biji-bijian. Penyebarannya sangat luas tak hanya di Asia Tenggara, bahkan dia sampai ke benua Eropa dan Amerika sehingga sampai saat ini dirasa belum perlu untuk membudidayakannya.

makanan-burung-gereja-liar

Dialam bebas dia termasuk burung yang sangat agresif, kalau tidak percaya ketika kalian menemukan dia turun mencari makan di area rumah anda, coba tangkap tentunya akan sangat sulit sekali kecuali jika dia dalam keadaan basah.

Kalau kamu tertarik untuk memelihara burung gereja ini tentu kamu perlu menjinakkannya terlebih dahulu supaya mau makan dan mau berkicau. Nah berikut ini adalah hal-hal yang harus kalian lakukan supaya dia junak.

Inilah Cara Membuat Burung Gereja Menjadi Jinak

1. Rawat Dia Di Kandang Yang Kecil

Jika pada beberapa jenis burung kami menyarankan supaya kalian menempatkannya di kandang yang agak luas supaya dia merasa nyaman, untuk jenis burung ini kami sarankan dimasukan ke kandang yang ukurannya kecil.

Tentunya ini bukan tanpa alasan, karena dia termasuk burung liar kalau ditempatkan di sangkar yang besar akan membuatnya bebas terbang kesana kemari sehingga sulit dijinakan. Kalau ruang geraknya terbatas tentu tak ada

pilihan lain baginya kecuali untuk menjadi jinak dan nurut kepada anda. Meskipun terkesan agak kejam ya tetapi itulah yang harus kita lakukan tetapi kalau dirasa sudah jinak kalian bisa memasukannya ke kandang yang lebih besar.

mitos-memelihara-burung-gereja

2. Memberikan Makanan Yang Disukainya

Makanan burung gereja memang termasuk mudah diberikan dan ditemukan. dialam liarnya dia bisa memakan apapun mulai dai bijian, buahan dan juga serangga kecil yang bisa ia makan.

Kalau kalian berhasil menangkap atau menemukan dia terjebak dan ingin menjinakannya untuk dipelihara dan belum memiliki makanan khusus burung, jangan bingung berikan dia beras dari rumah anda tentu dia juga suka.

Perhatikan sampai dia benar-benar makan tentu tidak akan selahap ketika dia bebas kamu bisa menyuapinya perlahan, tetapi kalau kalian punya milet untuk kenari atau lovebird itu tentu dia akan sangat menyukainya.

Kalau dia sudah mulai mau makan, sesekali suapi langsung dari tangan kalian tentu ini akan menimbulkan kenyamanan baginya dan akan semakin mudah dijinakkan. Lakukan sampai sekitar seminggu. Kalau sudah jinak langsung saja sediakan dicepuk makan.

3. Gantung Kandangnya di Tempat yang Ramai

Untuk membuatnya beradaptasi dengan lingkungan baru biarkan dia berada ditempat yang ramai, kalian bisa menggantungnya diteras rumah yang sering dilalui oleh anggota rumah kalian.

Baca Selengkapnya :  Tips Mencari Setingan Burung Kenari Lomba Agar Menjadi Juara

Karena dia juga sebenarnya sangat menyukai keramaian ini juga dia bisa berinteraksi dengan burung gereja lainnya jadi tidak terlalu stres bagi dia lakukan ini setelah dia dijemur dibawah sinar matahari sebelumnya.

4. Hindarkan Dari Ancaman Hewan Lain

Dia juga termasuk burung yang mudah stres sebenarnya sehingga ketika dia mendapatkan ancaman dari burung lain dia akan langsung gerabagan jadi usaha kalian selama ini untuk menjinakannya akan sia-sia tentunya

kalian tidak menginginkan hal ini bukan, jadi pastikan sebelum kalian menggantungnya perhatikan dulu kalau-kalau ada kucing atau hewan lain yang akan menjadi ancaman baginya.

Semoga informasi tentang cara menjinakkan burung gereja ini bermanfaat untuk kalian, kami ucapkan banyak terimakasih karena telah membaca artikel-artikel kami. Semoga kalian sehat dan bahagia selalu dimanapun berada.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari