Cara Membedakan Tledekan Gunung Jantan Dan Betina

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

4/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau di edisi kali ini kita akan mengulas informasi penting dan menarik tentang bagaimana Cara Membedakan Tledekan Gunung Jantan dan Betina yang banyak ditanyakan oleh para kicau mania pemula.

Sebenarnya membedakan jenis kelamin keduanya cukup mudah dengan melihat bulunya saja kita sudah bisa membedakan mana yang jantan dan mana yang betina, namun tentunya untuk pada pemula masih suka bingung

nah untuk menjawab kebingungan itu kaliah harus membaca artikel ini sampai habis, kita akan mengulas tentang perbedaan keduanya sehingga kalian bisa membedakan dengan mudah dan akurat.

Membedakan Tledekan Gunung Jantan dan Betina

Ukuran Tubuhnya

Tledekan gunung yang berkelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding yang berkelamin betina, meskipun lebih besar postur tubuhnya terlihat ramping dan ideal karena tinggi dan juga

ketika dia berdiri tegap terlihat gagah, sedangkan pada burung betina meskipun ukurannya lebih kecil dia terlihat lebih gemuk atau membulat kaki dan lehernya juga agak pendek.

Tentunya perbedaan ini akan sangat terlihat ketika mereka disatukan atau didekatkan.

burung-tledekan-gunung-jantan

Bentuk dan Ukuran Kepalanya

Jika dilihat bentuk kepala keduanya sekilas sama karena memang ceper atau cepak itu merupakan ciri khas burung ini, namun ukurannya memang sedikit berbeda dimana pada burung jantan memiliki ukuran

kepala yang lebih kecil dari pada ukuran kepala burung betina. Hal ini berbanding terbalik dengan burung lain yang biasanya si jantan memiliki kepala yang lebih besar dari pada betinanya. Kalau masih belum yakin masih ada perbedaan lainnya.

Baca Selengkapnya :  Cara Membedakan Tledekan Gunung Dan Bakau

Perbedaan Bagian Paruhnya

Untuk warnanya tidak ada perbedaan antara tledekan gunung jantan dan betina hanya saja paruh pada kelamin jantan lebih panjang, ujungnya runcing dan juga terlihat kokoh dan kuat sehingga bisa menghasilkan suara yang nyaring.

Sedangkan pada burung betina paruhnya lebih pendek, ini tentunya harus diperhatikan dengan seksama karena kalau kita melihatnya sekilas saja perbedaan paruh keduanya tidak begitu terlihat.

harga-tledekan-gunung-jantan

Warna Bulu Tledekan Gunung Jantan dan Betina

Secara umum warna bulu keduanya memang berbeda. Pada bagian dagunya pada burung jantan terlihat berwarna oranye pekat atau lebih gelap, sedangkan pada bagian bulu dagu betina warna oranyenya lebih cerah.

Pada bagian perut jantan bulunya berwarna putih bersih tanpa bercak, sedangkan pada perut jantan warna putihnya terlihat agak kusam hal ini juga karena warna bulu pada jantan memang terlihat kontras.

Dibagian ekor, kepala dan punggungnya bulu pejantan memiliki warna biru, sedangkan kalau kalian menemukan burung tledekan gunung yang tidak memiliki warna biru dibagian kepala, punggung dan ekornya itu dipastikan berkelamin betina.

burung-tledekan-gunung-betina

Tes DNA Burung

Nah sobat jika kalian masih merasa ragu meskipun perbedaan fisik keduanya begitu terlihat, yang terakhir untuk mendapatkan hasil akurat kalian bisa melakukan tes dna karena susunan kromoson keduanya tentu berbeda ya.

Tetapi cara ini memang lebih rumit dan memerlukan biaya tambahan karena kalian harus mengeceknya di laboratorium.

Nah sobat omkicau itulah tadi beberapa cara membedakantledekan gunung jantan dan betina semoga informasi ini menambah wawasan kita dan kami ucapkan terimakasih banyak sudah setia membaca artikel ini sampai habis.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kita semua sobat terlebih pada masa pandemi yang melanda bangsa kita ini semoga kalian tetap sehat selalu dimanapun dan apapun aktifitas yang kalian lakukan.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari