Cara Membedakan Burung Cucak Ranting Jantan Dan Betina

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

5/5 - (1 vote)

Halo sobat kicau mania semua, kembali berjumpa bersama situs resmi omkicau.id yg dimana dikesempatan kali ini kami akan ulas informasi seputar bagaimana cara membedakan cucak ranting jantan dan betina ?. Ada banyak pertanyaan di kolom komentar group fp kami ari temen-temen yang masih kebingungan ya, dan masih banyak bertanya !.

Oke disini kita akan bahas bersama-sama cara membedakan burung cucak ranting jantan dan betina dewasa dan juga trotol atau masih anakan ya,

walaupun sebenarnya Mungkin banyak yang sudah paham ya bagaimana cara membedakan cucak ranting jantan dan betina tapi serasa mungkin masih banyak pemula yang belum mengerti antara burung cucak ranting jantan dan betina

yang terutama ini buat yang masih ijoan atau trotol pertama-tama kita akan membedakan yang dewasa terlebih dahulu, yuk simak pembahsan lengkapnya dibawah ini :

Cara Membedakan Cucak Ranting Jantan Dan Betina Dewasa

Nah temen-temen buat cucak ranting dewasa memiliki warna hitam mengkilap di bagian dagu dan area wajah nya ya, istilah yang sering kita kenal itu nopeng ya, tentu yang jantan lebih terlihat garang dari segi wajah nya,

sedangkan yang betina tidak memiliki warna hitam sama sekali dan di bawah warna hitamnya di area itu ya, serta memiliki warna kuning untuk jenis cucak ranting dari Pulau Jawa sedangkan buat cucak ranting yang dari pulau Sumatera selain tidak ada warna kuningnya penuh sampai ke atas kepala nya ya.

Baca Selengkapnya :  Ciri Burung Lovebird Batman Beserta Harga Pasaran

Jadi dalam hal membedakan cucak ranting jantan dan betina dewasa tidak usah mencari ciri-ciri yang lain dari dagu saja sudah cukup bahwa yang betina tidak memiliki warna hitam sama sekali.

cucak-ranting-jantan-muda

Cara Membedakan Cucak Ranting Jantan Dan Betina Anakan

Nah teman-teman mungkin buat yang sudah dewasa sangat mudah sekali untuk di bedakan tapi bagaimana buat burung cucak ranting yang masih ijoan !.

Bagaimana mengetahui ciri ciri untuk cucak ranting yang masih muda sebenarnya dalam hal membedakan burung cucak ranting jantan dan betina trotol Sama halnya dengan membedakan burung Cucak Ijo ya temen-temen

Pada saat masih trotol burung cucak ranting jantan memiliki lingkar kuning di bagian mata sedangkan buat yang betina tidak memiliki lingkar kuning di bagian mata sama sekali, atau terlihat polos gitu aja ya.

Dan juga buat yang jantan warna hijaunya hampir kekuning-kuningan dari mulai trotol sekalipun, sedangkan buat yang betina hanya hijau biasa tidak kekuning-kuningan seperti yang jantan

Catatan disini : misalkan ada orang atau temen kalian yang menawarkan burung cucak ranting bahan yang masih ijoan katanya gambling dan tidak tauh jenis jantan dan betina nya.

Nah kalian bisa lihat di lingkar mata tersebut apakah memiliki warna kuning walaupun hanya sedikit ya temen-temen, minimalnya harus tetap ada warna kuning ya jika jantan dan apabila tidak ada warna kuning nya sudah pasti positif itu artinya burung betina yang sudah dewasa.

gambar-cucak-rante-jantan-dan-betina

Dan bisa dilihat juga di bagian kaki nya ya temen-temen Biasanya kalau yang sudah dewasa kakinya sudah mengering itu artinya bukan gambling tapi burung tersebut adalah burung cucak ranting betina

kalau gabling itu biasanya burung yg Masih muda ya temen-temen cuman belum tahu jantan atau betina tapi saya rasa yang orang-orang sebut pasti bilang gambling biasanya itu adalah sudah FIX ya pasti burung tersebut adalah burung betina, awas kalian harus hati-hati agar tidak salah pilih ya.

Baca Selengkapnya :  Makanan Untuk Burung Ciblek Supaya Cepat Gacor

Jadi sudah paham ya antara jenis cucak ranting betina muda dan jantan nya baik yang sudah dewasa ataupun yg masih anakan !.

Demikianlah tips yang bisa kami share kepada temen-temen semua seputar cara membedakan cucak ranting jantan dan betina semoga dapat bermanfaat ya, salam kicau mania.

baca juga : makanan utama burung cucak ranting

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari