Cara Menjinakkan Burung Kutilang Dengan Cepat

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Halo sobat kicau artikel ini akan membahas tentang Cara Menjinakkan Burung Kutilang yang paling efektif sehingga tidak perlu memakan waktu yang lama karena memang burung liar yang satu ini gampang-gampang susah

untuk dijinakkan. Sebenarnya secara alami dia merupakan burung yang mudah jinak, dengan catatan kalian menggunakan perawatan yang sesuai dengan karakternya dan juga benar. Karena kalau perawatan

awalnya sudah salah maka akan sulit sekali menjinakan si kutilang ini. Apasih manfaatnya kalau kutilang sudah jinak ? tentu ini menjadi pertanyaan terlebih bagi para pemula dihobi kicau ini.

tentunya ketika kalian berhasil menjinakkan suatu jenis burung baik itu kutilang maupun jenis lainnya kalian akan dengan mudah untuk melatihnya menjadi rajin berkicau dengan mengeluarkan suara-suara merdunya.

Kalau burung lomba pastinya akan menjadi pemenang di arena gantangan sedangkan untuk burung yang tidak ada kelas lombanya biasanya sangat direkomendasikan sebagai burung masteran.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian semua di artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjinakkan burung kutilang terbaik dengan hasil yang cepat terlihat.

kutilang-jinak-tanpa-sangkar

Menjinakkan Burung Kutilang Dengan Singkat

1. Gantung Sangkar Burung Agak Rendah

Menurut beberapa pemilik kutilang yang sudah berpengalaman, mereka menyarankan untuk menggantung sangkar burung tidak terlalu tinggi. Hal ini bertujuan supaya si burung akan terbiasa dengan lalu

lalang anggota keluarga barunya atau penghuni rumah itu. Pada siang hari tak masalah untuk meletakkannya ditempat kita beraktifitas supaya tidak takut dengan manusia karena seperti kita ditempat baru tentu akan merasa kikuk bukan.

Baca Selengkapnya :  Cara Memilih Konin Trotol Yang Prospek

Untuk menghindari dia stres, berikan sedikit ruang lingkup yang tenang. Misal pada sore sampai malam hari tempatkan dia di daerah sepi di rumahmu yang tenang dan sesekali intip stok makanannya.

2. Atur Pola Makan

Maksudnya atur pola makan ialah kalian bisa memberikan cepuk makanan dan minuman didalamnya sambil dia makan agar tetap bertahan hidup di masa transisinya karena tak jarang si burung akan kehilangan

banyak nafsu makan di masa transisi ini sehingga terburuk akan menyebabkan kematian. Dan sesekali untuk berinteraksi dengannya copot cepuk makanannya dan sudah dia lapar coba kalian suapi dengan tangan. Lihat bagaimana reaksi darinya.

3. Pastikan mandikan Burung Dengan Rutin

Memandikan burung dengan rutin selain dapat membuatnya lebih segar dan lebih sehat dan juga menghindarinya dari kotoran-kotoran yang membuatnya terinfeksi gangguan kesehatan.

Dengan memandikannya secara rutin akan menurunkan tingkat stresnya karena pasti dimasa penjinakan burung akan merasa tertekan dengan pola rawatan baru baik dari hasil tangkapan alam maupun dari pemilik sebelumnya.

cara-memandikan-burung-kutilang

4. Suapi Makanan Tambahan atau EF Secara Langsung

Untuk menjalin kedekatan dengan si kutilang supaya kalian mendapatkan bounding yang pas, sesekali suapi dia dengan ef misalnya ulat hongkong atau jangkrik dengan tangan anda langsung.

Lihat apakah dia sudah mau makan disuapi kalau mau tandanya mulai jinak dia ditangan anda tetapi kalau belum jangan memaksanya lakukan dengan sabar dan suapi menggunakan lidi sebagai alat bantu.

5. Ubah Posisi Tangkringan Sangkar

Kalau sudah dilakukan semua beberapa proses diatas dan masih belum terlihat progresnya dan salah satunya kalian harus mengubah posisi tangkringan pada sangkarnya untuk mendapatkan setingan yang pas.

Baca Selengkapnya :  Inilah Ciri Kacer Mental Juara Agar Tidak Salah Pilih

Cukup mudah bukan cara menjinakkan burung kutilang ini ? semoga kalian bisa mengerti dengan mudah dan langsung mempraktekannya. lakukan dengan sepenuhati karena burung juga sangat sensitif perasaannya.

Selamat mencoba semoga sukses. dan selalu kami ingatkan meskipun saat ini masa pandemi sudah mulai berkurang dan aktifitas seperti biasa mulai dibuka kembali, ada baiknya bagi kita untuk tetap menjaga protokol kesehatan ya sobat kicau.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari