cara-merawat-cucak-rowo

Tips Cara Merawat Cucak Rowo Agar Rajin Bunyi

cara merawat cucak rowo – Siapa yang tidak kenal dengan burung cucak rowo yang satu ini, yang dimana keberadaan habitat dan populasi di alam liarnya sudah jarang sekali ditemukan, dan termasuk burung yang dilindungi dan harus dilestarikan dengan baik, tidak heran jika burung ini memiliki nilai dan harga jual yang sangat tinggi.

Banyak sekali para hobiis pemula burung ini yang masih bingung cara untuk memberikan perawatan yang tepat agar bisa gacor setiap harinya?. Nah disini akan kita bahas secara lengkap bagaimana cara merawat burung cucak rowo ini agar bisa cepat gacor, yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Cara Bikin Cucak Rowo Gacor


Genetik Bawaan

Dari masing-masing jenis cucak rowo yang ada memang berbeda, akan tetapi rata-rata memiliki kualitas yang hampir sama, yang dimana pada dasarnya burung ini memiliki vokal / volume suara kicauan yang ngebas, kencang dan tingkat ketebalan suara yang dihasilkan bisa di bentuk dari hasi perawatan harian yang benar dan bisa juga memang sudah dari karakter ciri gen yang dihasilkan oleh indukan bawaan burung tersebut.

Keterunan anakan yang dihasilkan dari indukan yang memiliki kualitas atau tidaknya sangatlah mempengaruhi faktor bagus dan tidaknya si burung cucak rowo, akan tetapi dengan persentase gen hanya 65% saja, namun sisa persentasi untuk menentukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari rawatan yang anda berikan setiap harinya secara rutin dan konsisten.

penempatan-cucakrowo

Pemberian Pakan (EF)

Pakan penunjang tambahan yang bagus diberikan setiap harinya selain voer adalah buah dan serangga, berikanlah jangkrik, buah pisang kepok dan pepaya, dari ketiga jenis asupan pakan EF ini sudah dapat mencukupi kebutuhan dari burung cucak rowo tersebut.

Baca Selengkapnya :  Download Suara Kenari Gacor Mp3 Ngerol Panjang Jernih

Pisang yang paling disukai burung ini adalah kepok putih yang besar-besar dan jangan terlalu matang atau bonyok ya, berikan pisangnya matang akan tetapi jangan terlalu benyek kematangan.

Dan bisa diselingi dengan buah pepaya yang manis dan masih segar (fresh) berkulitas baik, manfaat buah yang diberiakn secara rutin ini juga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami bagi burung cucak rowo kesayangan anda agar selalu sehat dan memiliki kualitas suara yang bagus.

Jangkrik salah satu pakan tambahan yang memiliki protein yang cukup tinggi, tentunya sebelum memberikan jangkrik ini kepada burung, sebaiknya jangkrik harus diperhatikan juga kesehatannya dan asupan makanan apa yang telah anda berikan kepada jangkrik tersebut, saya bisa memberikan makanan untuk jangkrik seperti jagung muda manis, daun singkong, daun pepaya, cabe-cabean, daun mengkudu dan masih banyak jenis makanan untuk jangkrik yang baik agar kondisi si jangkrik juga memiliki tubuh yang berisi, tidak kepet kempes ya.

Untuk takaran porsi jangkrik setiap harinya bisa anda berikan sebanyak 10 ekor perhari, pagi 5 dan sore 5 ekor sudah cukup. Dan untuk jenis voer sendiri yang baik diberikan kepada burung cucak rowo ini adalah merk yang paling disukai dan si burung mau memakannya, asalkan diperhatikan juga pada pembuangan kotorannya, jika tidak ada masalah seperti mencret ataupun terlalu kering, berarti voer yang anda berikan selama ini sudah termasuk kategori cocok dan disenangi burung cucak rowo anda.

Mandi dan Jemur

Untuk memandikan dan menjemur burung cucak rowo ini tidak kalah pentingnya dengan pemberian pakan tambahan, karena manfaat dari pemandian inilah sebagai penyetel birahi dan emosi siburung yang telah anda beriakn EF setiap hari di stabilkan di pemandian dan penjemuran.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Branjangan ( Makanan, Mitos, Khasiat Dan Harganya)

Manfaat dari memandikan burung cucak rowo selain dapt meredam birahinya, namun juga sangat baik untuk kesehatan FIT kondisi tubuhnya selalu fresh dan segar yang bertujuan agar terhindar dari serangan penyakit seperti, virus dan kutu burung.

Penjemuran yang dilakukan secara rutin setiap harinya juga sangat baik untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuhnya, serta mendapatkan vitamin D untuk penguat tulang, serta dapat membuat nafas si burung menjadi lebih panjang dan kencang.

Usia Cucak Rowo

Cucak rowo yang memiliki usia masih bahan, bakalan pasti memiliki suara materi yang masih terbatas / sedikit, karena belum banyak mempelajari suara materi masteran yang dilatih, berbeda dengan yang memiliki usia sudah mapan yang sudah mempunyai banyak pengalaman menyimak suara yang didengarkan dan dapat menirukannya, serta pengaruh dari faktor mutasi dari trotol ke dewasa mapan.

Biasanya untuk melihat hasil dari kualitas yang dimiliki burung cucak rowo, dilihat dari banyaknya masa mabung yang telah dialaminya, maksimalnya 3 kali mabung dengan umur kurang lebih sekitar 3 tahunan lebih baru bisa anda nilai kualitas burung tersebut.

Pelatihan Yang Diberikan

Khusus untuk burung yang akan dicetak sebagai burung lapangan, atau burung kontes yang nantinya ingin diikutsertakan dalam perlombaan kicau cucak rowo, tentunya harus melewati masa proses pelatihan yang diberikan dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.

Pelatihan apa saja yang baik untuk diberikan kepada burung cucak rowo ini ?. Sebenarnya sama saja dengan jenis burung kontes pada umumnya, dengan cara : bisa anda latih di kandang umbaran, untuk mendapatkan stamina yang maksimal dan memiliki durasi yang baik, dan wajib memasteran rutin setiap harinya, baik mengunakan suara audio mp3 ataupun burung masteran asli yang sudah gacor, yang ditempel terus bersama burung cucak rowo ini. Agar bertujuan menambahkan materi variasi suara kicauaannya dan tidak monoton.

Baca Selengkapnya :  6 Macam Makanan Burung Kolibri Yang Memiliki Kualitas Terbaik

Bagi sebagian kalangan tertentu saja, yang mampu dan memang jika dia hobi dan memang bener-bener paham terhadap karakteristik dan keistimewaan burung cucak rowo ini, walaupun harganya selangit yang ditawarkan, pastinya akan dibeli, ya namanya juga sudah hobi, mau bilang apa lagi jika sanggup merogoh kocek dalam-dalam untuk dapat memelihara burung ini dan menikmati suara indah kicauannya !. Bener nggak ?.

Adapun para pemodal bisnis yang bisa membaca peluang tentang menangkar burung kicauan untuk jenis cucak rowo ini juga bisa dibilang sangat jarang, karena memiliki modal yang besar dan ijin resmi dari pemerintah pusat.

Demikian tips cara merawat cucak rowo kesayangan anda agar dapat rajin berkicau gacor setiap hari, intinya anda harus memberikan pola rawatan yang konsisten agar burung dapat dengan mudah beradaptasi dengan pola rawatan yang anda berikan setiap harinya, selamat mencoba, dan semoga dapat bermanfaat.

Baca juga : Suara Mahal Burung Cucak Rowo Beserta Harganya