burung-trucuk

Mengenal Jenis Burung Trucuk (Makanan, Harga, Suara)

Burung Trucuk, yang juga sering dikenal dengan merbah cerukcuk ini, lebih banyak menghabiskan waktu di atas tanah untuk mencari serangga. Di Indonesia burung ini, burung ini lebih menyukai tempat terbuka seperti tepi jalan, kebun atau semak belukar. Berikut ini ulasan mengenai makanan, suara dan harga dari burung trucuk.

Mengetahui versi merbah cerukcuk yang perlu anda ketahui


Makanan yang Tepat untuk Burung Merbah Cerukcuk

Bagi anda yang sedang merawat burung merbah cerukcuk, perlu untuk memberikan makanan yang tepat agar burung ini mudah gacor. Tentunya, ketika burung sudah mudah gacor maka bisa bisa diikutkan ajang lomba kicau burung.

Untuk memancing agar burung ini dapat memberikan kicauan yang merdu, maka anda perlu memberikannya sayuran. Adapun sayuran yang biasanya diberikan untuk burung ini adalah sayuran oyong atau biasa disebut dengan gambas.

Ketika diberikan sayur oyong, burung ini akan menghasilkan ropelan yang lebih rapat. Anda juga bisa memberikan buahan yang dapat merangsang burung ini agar memiliki performa yang kuat, seperti pepaya, pisang atau mangga. Pemberian makanan buah atau sayur secara teratur, dapat membuat burung ini agar lebih rajin untuk berkicau.

gambar-trucukan

Selain itu, anda juga perlu mengimbangi pemberian makanan dari jenis serangga untuk memenuhi kebutuhan proteinnya. Beberapa jenis serangga yang bisa dijadikan sebagai pakan dari burung trucuk adalah jangkrik, ulat bambu, dan kroto.

Anda perlu memberikan makanan berprotein ini secara seimbang, dengan mengkombinasikan bersama sayur ataupun buah. Kekurangan asupan protein bisa menyebabkan burung ini malas berkicau.

Baca Selengkapnya :  Harga Burung Kapas Tembak Terbaru, Beserta Suara Khasnya

Anda juga bisa memberikan makanan buatan seperti voer jika lebih memilih kepraktisan. Namun, perlu memberikan voer dengan tekstur yang kering agar lebih mudah diberikan pada burung ini.

Untuk menghasilkan trucukan dengan kualitas yang maksimal, anda bisa mengkombinasikan voer dengan memberikan campuran telur rebus, tepung udang, tepung daging dan tepung kedelai. Jangan lupa untuk menambahkan multivitamin agar burung lebih tahan terhadap penyakit.

Suara Burung Merbah Cerukcuk dan Harga di Pasaran

Burung ini memiliki suara yang unik dengan kicauan yang berulang ulang lambat dan tiba tiba cepat. Sedangkan tempo dari kicauan burung ini memiliki tempo dengan ritme suara yang lemah.

Burung yang memiliki paruh dengan pangkal yang lebar dan tebal ini, biasanya mengepakkan sayapnya ketika sedang berkicau seperti burung garuda. Burung trucuk seringkali terkaget di malam hari, sehingga membutuhkan kandang dengan penerangan yang cukup.

Suara Burung Trucukan

Link | Download

burung-cerukcuk

Trucuk jantan memiliki suara ropelan yang lebih panjang, lebih keras dan cukup bervariasi. Namun ada beberapa jantan yang memiliki suara yang pendek dan terputus putus. Sedangkan burung betina biasanya lebih banyak gacor saat memasuki musim nyulam bulu.

Biasanya suara ropelan burung betina lebih pendek dan putus-putus dibandingkan dengan burung jantan. Selain itu, burung betina memiliki kicauan yang lebih monoton dan kurang nyaring.

Harga burung kicauan yang satu ini, tergolong cukup murah. Pasalnya satu ekor burung ini, biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Sedangkan untuk burung yang sudah jinak dan mudah gacor, biasanya dibandrol dengan harga Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu, semakin bagus kicauannya maka harganya akan semakin mahal. Untuk mendapatkan burung trucuk yang berkualitas, maka anda membutuhkan dana sekitar Rp 300 ribu.

Baca Selengkapnya :  Mengetahui Mitos Burung Srigunting, Karakter, Habitat, Makanan

Pada dasarnya semua burung membutuhkan makanan yang tepat agar cepat gacor, seperti halnya trucuk. Pemberian sayur oyong dan buah pepaya, pisang atau mangga dapat meningkatkan performa dari burung jenis ini.

Selain itu, pemberian protein yang cukup juga dapat mempengaruhi agar burung rajin berkicau. Burung ini memiliki kicauan yang berulang yang lambat dan tiba tiba cepat. Harga burung ini berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.