Mengenali Ciri Ciri Kenari Jantan Dengan Mudah Dan Akurat

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Omkicau.ID kali ini akan berbagi tips bagaimana memahami fisik serta ciri ciri kenari jantan yang bagus, nah bagi para pecinta burung kenari khususnya yang masih newbie atau (pemula) tentu kalian harus lebih waspada dan teliti dalam hal pemilihan jenis burung kenari ini ya,

dan terlebih jika kalian ingin mencetak dan memiliki tujuan untuk dimainkan sebagai burung lapangan atau kontes, jadi tidak boleh sembarangan, syarat utamanya tentu kalian pilih gacoannya yang berjenis kelamin jantan dong, bukan betina ya !.

Ada banyak sekali pertanyaan di kolom komentar fp nya om kicau, dari para kenari mania yang mempertanyakan dan membahas ramai tentang permasalahan ini ya, maka dari itu kita angkat tema ini menjadi pokok pembahasan artikel terupdate saat ini, yuk langsung aja simak penjelasannya sampai habis dibawah ini :

Ciri – Ciri Kenari Jantan Bakalan Berkualitas


Bentuk Kepala

Untuk mengenali ciri kenari jantan dapat diketahui dari beberapa karakteristik, sama-sama kita ketahui ya.. Burung kenari merupakan tipe burung peliharaan yang cukup populer di kalangan pecinta burung baik itu hanya untuk gacoran dirumah saja ataupun untuk dijadikan sebagai burung lomba.

Cara membedakan kenari jantan bakalan yang prospek bisa kita lihat dari fisiknya, pada bagian kepala kenari jantan biasanya sedikit kotak dan pipih pada bagian atas burung kenari betina umumnya punya bentuk kecil ya, dan berbentuk bulat.

Baca Selengkapnya :  Suara Khas Burung Jalak Suren Beserta Harganya

ciri-ciri-kenari-jantan-yang-bagus

Bentuk Paruh Dan Mata

Pada ciri paruhnya kenari jantan akan terlihat besar dan tebal di bagian lehernya kenari jantan pada umumnya akan tampak panjang serta berisi, tipikal lainnya kenari jantan yang berkualitas memiliki bulu yang rapi dan sayap yang menggapir rapat, dan memiliki volume yang keras walaupun kicauannya hanya ngeriwik saja.

Ciri kenari jantan jantan yang sehat matanya terlihat jelas dan tidak tampak Sayu, burung kenari jantan yang masih berusia 6 hingga 7 hari juga bisa diamati dari matanya yang memiliki mata sejajar dengan paruhnya.

Warna Bulunya

Secara umum bulu pada kenari jantan lebih terang daripada kenari betina pada umumnya memiliki warna bulu yang lebih terang jika dibandingkan dengan burung betinanya,

Nah jika Anda memiliki beberapa kenari Anda dapat membandingkan satu warna dengan mereka untuk mengetahui mana jantan dan betina pilihanya. indikator sekunder dari jenis kelamin karena tingkat kecerahan bulu burung dapat disesuaikan dan sangat tergantung pada garis keturunan dan perawatan burung itu sendiri.

Suara Kicauannya

Sayangnya, begitu perbedaan-perbedaan ini begitu halus sehingga hanya orang yang berpengalaman yang mengenalinya kicauan kenari jantan juga jauh lebih lantang dan gacor daripada kenari betina,

biasanya tingkah laku kenari jantan yang memiliki jenis variasi kicauannya yang lengkap serta memiliki intensitas tinggi dan lebih berdurasi yang tidak pernah dihasilkan oleh betina, jadi ini bisa membantu ketika mencoba untuk membedakan jenis kelamin burung kenari ini ya. Kenari jantan akan berkualitas akan sering berkicau dan terkesan cerewet saat berkicau bagian lehernya akan menonjol.

ciri-ciri-kenari-jantan-birahi

Tips Mengetahui Burung Kenari Jantan Yang Sedang Birahi

Nah untuk mengelai ciri ciri kenari jantan birahi, yang pertama jika kondisinya burung yang tadinya rajin atau gacor setiap hari, jika kondisi si burung ini birahi yang terlalu over atau berlebih maka jika pada pagi hari kita buka kerodong dan kita gantung burung seperti biasa tentu tidak akan bunyi ya,

Baca Selengkapnya :  Tips Memilih Sangkar Burung Kicau

dan ketika di pertemukan dengan jenis kenari lainnya, burung bunyi namun tidak memiliki durasi, hanya terlihat agresif saja, cenderung lebih sering ngeruji, sayap bergetar, terkadang ngekrek menggapit rapat, seakan-akan nafsu birahinya tidak terlampiaskan jadi gerak tubuh tidak beraturan ya, nah jika kondisi burung kenari temen-temen seperti ini maka harus ada penangan khusus agar burung kembali stabil lagi birahinya ya.

Salah satu trik cara mengatasi burung kenari yg sedang birahi tentu tidak boleh di kerodong, dan pemberian pakan EF seperti telur puyuh dan keroto di stop terlebih dahulu sekitar 1 – 2 mingguan.

Demikianlah tips mudah mengenali ciri ciri kenari jantan yang prospekan baik ya untuk kalian jadikan sebagai amunisi burung lomba atau gantangan di lapangan, semoga kiranya dapat bermanfaat ya, dan terima kasih bagi temen-temen yang sudah selalu mendukung website dan menyimak info-info yang kami sajikan setiap harinya. Salam sukses selalu untuk para kicau mania.

baca juga : warna kenari loper yang bagus

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari