burung-pancawarna

Mengenal Ciri Burung Pancawarna Makanan, Harga Dan Suaranya

Burung pancawarna merupakan burung unik yang termasuk dalam burung yang paling indah. Seperti namanya, burung satu ini memiliki bermacam-macam warna yang tersebar di tubuhnya tepatnya 5 warna. Karena keindahannya, burung satu ini telah menjadi incaran dari banyak pecinta burung.

Selain dari keindahannya, burung yang memiliki 5 warna ini juga diminati karena suaranya yang merdu. Dimana burung pancawarna yang berjenis kelamin jantan memiliki suara yang lebih merdu dan bervariasi daripada burung panca warna betina. Untuk mengenal lebih jauh tentang burung 5 warna satu ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Memahami keistimewaan yang dimiliki oleh burung lima warna


Karakter Burung Panca Warna

Burung satu ini merupakan burung endemik yang dilindungi karena populasinya yang menurun sangat drastis karena banyak diincar oleh banyak orang dan banyaknya perburuan liar yang terjadi.

Selain perburuan liar, hutan yang banyak ditebangi dan dijadikan lahan baru untuk bangunan membuat populsai dari burung yang indah berkurang. Burung pancawarna sendiri tersebar di hutan yang berada di Sumatera dan Kalimantan.

gambar-burung-pancawarna

Burung satu ini cenderung unutk hidup berkoloni dan berkelompok. Dimana jumlah kelompok saat mmusim kawin tiba bisa mencapai 30 ekor burung. Tidak ada burung yang hidup dalam daerah teritorial, mereka semua saling berbagi daerah untuk mencari makan. Musim kawin dari burung panca warna sendiri berlangsung lama berada di antara bulan November hingga Agustus.

Burung yang sudah jarang ditemui ini sudah mulai dibuatkan penangkaran oleh pemerintah dan beberapa orang. Upaya ini dinilai sangat efektif untuk mengurangi perburuan liar. Kamu bisa memanfaatkan penangkaran ini untuk meambah penghasilan kamu.

Baca Selengkapnya :  Jenis Burung Kepodang, Makanan, Dan Mitos Yang Beredar

Dengan merawat dan mengembangbiakkannya lalu menjualnya kembali. Burung ini juga dirawat dalam penangkaran karena burung ini memiliki jiwa sosial yang tinggi, jadi sangat mudah beradaptasi.

Ciri Fisik dan Suara Burung Panca Warna

Burung pancawarna memiliki 5 warna yang bervariasi, lebih tepatnya warna kuning, hitam, putih, merah, dan hijau yang agak kekuningan. Bneetuk ekor yang dimiliki burung panca warna lumayan panjang dan juga lurus.

Ciri lain dari burung panca warna ini juga bisa didengarkan dari suaranya. Kicauan dari burung satu ini sangat indah. Jenis variasi dari kicauan yang dikeluarkan oleh burung ini sangat kurang atau bisa dibilang monoton.

Tetapi suaranya yang merdu dan enak didengar membuat orang-orang banyak mengincar burung satu ini. Selain suara kicauan yang merdu, kicauan yang dikeluarkan pun lantang dan stabil. Suara dari burung ini juga sering digunakan sebagai pemasteran banyak jenis burung lain.

ciri-burung-pancawarna

Makanan dan Harga dari Burung 5 Warna

Burung panca warna memiliki makanan kesuakaan yang harus kamu berikan ketika kamu memeliharanya. Voer adalah makanan utama yang wajib diberikan. Selain itu, burung panca paling suka jika diberi makan serangga kecil, ulat, jangkrik, belalang dan hewan-hewan kecil lainnya. Tetapi kamu juga bisa memberikan makanan berupa biji-bijian kepada burung ini.

Harga dari burung pancawarna sendiri bervariasi dan juga tidak terlalu mahal untuk ukuran burung yang susah ditemukan. Untuk burung 5 warna yang anakan dibanderol di pasaran dengan harga sekitar 100 ribuan sedangkan yang bakalan memiliki harga jual 700 ribuan. Jika kamu ingin langsung memiliki panca warna yang gacor , kamu bisa membelinya degan harga kisaran 1 Jutaan.

Itu adalah beberapa informasi tentang burung panca warna yang cantik dan menawan serta memiliki suara yang merdu. Jangan lupa untuk memandikannya setiap hari dan juga dilatih dengan suara burung lain yang lebih gacor. Jangan melakukan perburuan liar secara berlebihan. Lebih baik jika kamu memeliharanya untuk dikembangbiakkan.

Baca Selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Bali Agar Berhasil