burung-kelas-atas

7 Jenis Burung Kelas Atas Yang Lagi Populer Saat Ini

Pada kesempatan kali ini OmKicau.ID akan kembali memberikan informasi seputar burung kicauan, yang dimana pada pembahasan kali ini adalah burung kelas atas, ada banyak sekali jenis – jenis burung kicauan yang memiliki kualitas bagus namun belum tentu memiliki banyak penggemar (fans) dipasaran, biar nggak penasaran yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Beberapa macam burung kicauan yang sedang tren dan banyak fans


Murai Batu

Siapa yang tidak kenal dengan burung yang sangat satu ini!. Dengan kepopulerannya, dari berbagai kalangan baik yang tua hingga muda sekalipun rata-rata banyak memiliki penggemarnya. Dengan bentuk tubuh yang amat ramping dipadukan warna bulu yang mencolok membuat harga burung ini jadi mahal, namun untuk bikin kicauan burung ini agar menjadi bagus harus dibutuhkan ketelatenan karena murai batu dikenal cukup sulit dilatih.

Namun bila murai batu sudah mapan, memiliki mental yang baik, serta memiliki variasi kicauan full dan volume yang tembus (kencang) sudah pasti harga yang ditawarkan juga akan setinggi langit (mahal).

Untuk harga standar yang dibanderol kisaran Rp 1 juta sampai Rp 3 juta rupiah pada umumnya, terlebih apabila sudah menggapai hasil di perlombaan kompetisi burung kicauan harga yang ditawarkan bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, sungguh luar biasa, yang dimana murai batu ini terkategori burung adu paling mahal di indonesia.

murai-batu

Kacer

Ada 2 jenis kacer di indonesia pada umumnya yang sering dirawat oleh para hobiis kacer mania, yaitu kacer poci dan kacer dada hitam.

Baca Selengkapnya :  Cara Memilih Kenari F1 Yang Berkualitas Terbaik

Untuk kacer jenis yang berasal dari Jawa atau bisa pula dibilang dengan kacer dada gelap ini memiliki warna hitam di bagian dadanya yang lebih memimpin. Hampir Seluruh tubuh bermotif bercorak gelap ini, melainkan pada garis di zona sayapnya terdapat warna putih cuman sedikit.

Kemampuan bersenandung amat baik dan pintar menjajaki suara- suara di sekelilingnya. Penampilan amat menarik sambil memainkan ekor yang kerap diucap dengan ngobra atau buka ekor.

Untuk harga burung kacer ini berkisar antara Rp 250 ribuan jika yang masih bahan hingga 2 jutaan apabila yang sudah mapan dan gacor dan tentunya tergantung dari kondisi, psikologis dan kualitasnya. Namun yang sering digunakan untuk dijadikan sebagai kacer aduan adalah jenis kacer poci.

kacer

Cucak Ijo

Cucak ijo ini tergolong burung yang sangat cerdas, yang mampu dengan cepat menirukan suara masteran / isian yang kita berikan, akan tetapi mudah sekali lupa. Maka dari itu kalian harus rajin dan konsisten untuk memaster burung cucak ijo ini setiap harinya.

Sesuai dengan namanya Burung Cucak Ijo memiliki warna berkuasa hijau dan sedikit warna hitam pada area wajahnya dan catok yang membuat burung yang satu ini terlihat amat gagah pemberani, walaupun memiliki watak yang semi fighter, burung ini senang hidup di hutan rindang.

Di Indonesia khusus di daerah Banyuwangi, dan Kepulauan Sunda Besar terdapat banyak jenis burung Cucak Ijo. Di Jawa dan Bali terdapat 3 jenis, kebalikannya di Kepulauan Sunda Besar ada 7 jenis.

Buat harga burung Cucak Ijo dikala ini dihargai antara Rp 500 ribu- Rp 900 ribu yang dicocokkan dengan mutu dan tempat wilayah asal kamu terletak, yang nyatanya mempunyai harga yang tidak jauh berlainan.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kolibri Beserta Gambar, Makanan, Harga dan Suara

cucak-ijo

Kenari

Burung kenari merupakan jenis burung kicau yang sangat mudah dipelihara, dan salah satu tipe burung yang mudah bernyanyi dengan bentuk tubuh yang kecil, yang berukuran kurang lebih sekitar 8 cm dan memajang memamerkan kurang lebih 10- 12cm. Dikala ini kenari salah satu jenis burung yang tidak takluk ramainya dan amat banyak disukai oleh penggemar burung kicau.

Terlebih apabila sudah mulai bersenandung dengan kicauan yang amat baik dan gacor ngerol panjang, semacam itu yang amat menggembirakan buat si pemiliknya, terlebih jika sudah aktif dengan kicauan yang bermacam- berbagai tentu hendak akan jadi burung yang amat disukai.

Buat Harga burung Kenari berkisar antara Rp 200 ribu- Rp 900 ribuan bisa lebih mahal yang terpaut kualitas dan tipe burung kenari itu. Untuk jenis kenari yang sedang tren saat ini adalah kenari merlok (merah lokal).

kenari

Pleci

Di saat ini burung pleci pula amat digemari oleh banyak orang, disebabkan telah gempar oleh pemeran burung gantangan di arena kategori festival. Sekalipun kecil, karena dengan karakter suara ocehannya disaat ini amat sering diikutsertakan dalam adu burung kicauan. Harga burung pleci berkisar antara Rp 20 ribu apabila yang masih bahan sedangkan untuk harga Rp 200 ribu jika yang sudah gacor ngalas.

Namun untuk harga jual bagi burug pleci kontes yang sudah berpengalaman dan sering mengikuti ajang kontes, terlebih mendapatkan juara maka harga jual yang ditawarkan cukup mahal bisa mencapai jutaan rupiah pastinya.

pleci

Ciblek

Jenis Burung Ciblek yang memiliki kualitas bagus dan sering digunakan untuk mengikuti event kontes burung kicauan adalah ciblek yang berasal dari pulau jawa. Namun ada beberapa jenis burung ini tertera burung endemik jawa, Sumatera, dan Bali. burung Ciblek jantan ataupun betinanya bisa diketahui dari badan dan warna catok bagian dasar bulu tubuhnya.

Baca Selengkapnya :  5 Jenis Burung Prenjak Yang Paling Bagus Kicauannya

Bikin jantan berumur bagian dasar paruhnya bermotif full hitam dan mata yang memerah membuktikan jika burung itu sudah berumur. Analogi Jantan dan awewe pula bisa diketahui dari suara yang dikeluarkan burung ciblek itu. burung jantan akan menciptakan suara yang bermacam- berbagai namun konsisten dengan tembakan karakter khasnya.

Harga burung ciblek jawa yang sudah gacor bisa mencapai 500 ribu sampai jutaan per/ekornya.

ciblek

Cucak Rowo

Cucak rawa atau sering disebut dengan cucak rowo biasa ditemui di rawa rawa di dekat sungai yang sepi, atau di tepi hutan.

cucak-rowo

Harga burung celoteh kategori atas semacam Cucak Rawa berkisar antara Rp 2 hingga 15 jutaan terpaut kualitas dan situasi, walaupun memiliki harga yang relatif mahal dikarenakan burung ini sudah tergolong salah satu jenis burung endemik (dilindungi) serta sudah langka dan sulit ditemukan di alam liar.

Baca juga : 4 Jenis Burung Lomba Yang Paling Banyak Penggemar Kicau Mania