Mengenal Jenis Burung Jalak Kebo Beserta Kelebihannya

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Om Kicau kembali hadir ditengah-tengah kalian para penghobi burung khususnya kicau mania nusantara ya, nah pada topik kali ini yang akan kita kupas secara tuntas adalah jenis burung jalak kebo ?. Mungkin dari temen-temen khususnya bagi yang masih pemula sudah pernah dengar belum, apa itu burung jalak kerbau / kebo ini ya !.

Bagi para pemain burung lapangan / gantangan pasti sudah mengenal ya, akan tetapi banyak yg menganggap remeh burung ini, yg beranggapan tidak ada nilai jualnya dan banyak sekali kekurangannya ?. Nah maka dari itu omkicau akan meluruskan ataun menjelaskan secara detail burung yg satu ini ya atau istilah panggilan akrabnya si jalak kebo.

Biar pade kagak penasaran dah, yuk simak info selengkapnya dibawah ini gan :

Mengetahui Lebih Dekat Lagi Tentang Burung Jalak Kebo


Mengulik Sejarah Asal

Berdasarkan data dan fakta asal mu asal yg telah diterbitkan oleh sumber terpercaya wikipedia, burung jalak kebo ini memiliki nama ilmiahnya adalah : Acridotheres javanicus, yg dimana menurut riset lokal para pakar peneliti disini burung ini masih tergolong ras / gen nya burung jalak-jalakan ya, tentu masih satu keluarga dengan burung jalak suren, nias, dan bali.

Kenapa bisa ya burung ini dinamai jalak kebo ?. Apakah ada yg tahu !. Hmm ya bener sekali, memang dari zaman dahulunya burung ini sering wara-wiri di daerah pesawahan para petani padi ya, karena termasuk burung yang mampu terbang pendek dan kebanyakan populasi di alamnya di arena perkebunan atau ladang jadi sering bermain-main di dasar tanah ya, untuk mencari pakan alamnya.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri, Burung Betet Makanan Beserta Harganya

Nah selain itu kadang-kadang kebiasaan dari burung ini juga sering hinggap diatas pundak kerbaunya petani sawah ya, yang dimana kerbau tersebut yg sedang mandi dikobangan lumpur, sampai mengering, nah disinilah kesenangannya si burung ini untuk menghinggapi tubuhnya untuk mencarikan kutu-kutu nya dengan dipatukinya satu persatu, jadi itulah kenapa burung ini dikenal dan memiliki sebutan burung jalak kebo, ya temen-temen.

jenis-burung-jalak-kebo

Apa Aja Sih Kelebihannya ?.

Nah utuk kelebihan jalak kebo yang masih jarang diketahui oleh orang banyak, memang tidak disangka-sangka ya, burung ini memiliki tingkat kecerdasan yg cukup tinggi, terlebih jika kalian sering melatihnya dan berinteraksi sesering mungkin dengannya, tentu si burung tersebut sangat cepat mudah beradaptasi dan lebih tenang dan lama-kelamaan paham oleh si tuannya.

Nah untuk membuat si jalak kebo ini nurut sama si perawat / pemiliknya tentu harus dilakukan yg namanya proses penjinakkan terlebih dahulu, jika kondisi burung sudah jinak pasti sangat nurut oleh kita ya, sebagai tuannya, dan disinilah masa emas kita bisa melatihnya lebih dalam lagi bagaimana burung bisa terbang dengan baik di area lapangan, serta mau kita panggil lansung menghampiri kita, cuman dengan menjulurkan jari tangan burung sudah mau hinggap di alam terbuka. Jika situasinya sudah seperti itu maka otomatis lebih mudah pula untuk melanjutkan ke tahapan rawatan hariannya.

Apa Saja Makanan Yg Disukainya

Untuk makanan burung jalak kebo di habitat alamnya tentu sangat menyukai kutu yg melekat bada tubuh si kerbau ya, atau jangkrik dan serangga-serangga kecil lainnya, nah tentu jika sudah kita rawat / pelihara tidak mungkin dan mustahil kita menyajikan kutu kerbau ya ?.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Cucak Thailand

harga-burung-jalak-kebo

Nah untuk makanan harian jalak kebo ini jika sudah kita rawat, kita bisa memberikannya buah-buahan seperti pisang atau pepaya yg sudah matang, kemudaian di dampingi dengan pakan instan berupa pur kasar, saran saya menganjurkan gunakan saja jenis voer yg berprotein sedang ya, seperti fancy gold rumput laut yang kadarnya seimbang. Serta diselingi pakan ekstra seperti jangkrik ataupun kroto, ulat dan cacing juga boleh.

Oke Demikianlah informasi yg bisa kami bagikan seputar burung jalak kebo yg semoga kiranya dapat menambah pengetahuan temen-temen semuanya ya. Salam satu hobi kicau mania indonesia, terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari