5 Jenis Burung Endemik Yang Paling Poopuler Di Pulau Jawa

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Kembali masih bersama, situs omkicau.id ya. Yang selalu konsisten membahas informasi seputar dunia perburungan khususnya yang ada di indonesia. Nah pada episode kalia ini topik yang akan kita ulas adalah burung endemik di jawa, mungkin dari temen-temen kicau mania sudah tidak asing lagi pastinya !. Akan tetapi bagi yang pemula ataupun yang masih awam tentu penasaran bukan ?. Tunggu apalagi yuk pantau dan baca terus artikel ini sampai habis agar bisa menambah wawasan kalian semua.

Salah satu tipe hewan sangat jarang di area khusus di Indonesia tercantum pulau Jawa diperkirakan menggapai 397 genus sebagian posisi yang memelihara burung itu antara lain ke Taman Nasional Halimun salak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan taman nasional Gunung Merapi di antara ratusan burung tersebut manakah yang paling cantik inilah daftar ya.

Daftar Tipe Burung Terkenal Yang Hanya Ada Di Java


Ekek geling Jawa

Burung ini lebih sangat menyukai hidup di pepohonan yang rimbun dan suasana alam yang masih hijau. Ekek geling Jawa adalah salah satu jenis burung pemakan serangga dia habitat alamnya tidak bisa jauh dari perairan muara, sungai yang dekat dengan air bersih serta di perbukit-bukitan dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

Namun burung ini gemar membuat sarang di dalam tanah lempung / liat, sekali ekek keling Jawa tinggal di lahan yang terbuka. Jawa dengan bulu kombinasi biru coklat dan hijau tosca bagian layarnya agak Kemerahan atau paruh burung ini memanjang runcing dan berwarna merah sementara tadinya didominasi biru dan merah dari kejauhan performa ekek geling Jawa tampak indah dengan balutan bulu beraneka warna, akan tetapi sayangnya burung cantik ini terancam punah belum ada program khusus untuk melindungi Spesies ini akibatnya terjadi perburuan yang menyebabkan populasi dan habitat di alam liarnya menjadi berkurang dan sangat sulit sekali ditemui.

Baca Selengkapnya :  7 Jenis Burung Populer Di Indonesia Yang Memiliki Banyak Fans

ekek-geling-jawa

Cekakak Jawa

Ukuran tubuh cekakak Jawa tergolong kecil sekitar 25 cm, kedua saya berwarna hitam dengan kombinasi kebiru-biruan, pada bulu di area tenggorokan dan lehernya memiliki warna kecoklatan apabila saat masih muda, akan tetapi jika sudah memasuki usia remaja warna tenggorokan berubah menjadi putih.

Burung ini merupakan kelompok pemakan ikan atau kingfisher paruhnya panjang dan lebar mereka suka hinggap di bebatuan sungai atau danau untuk mencari makan yang disukainya.

cekakak-jawa

Paok Panca Warna

Nama paok pancawarna agaknya sesuai dengan penampilan fisiknya burung ini salah satu genus burung cantik yang memiliki warna pada bulu di tubuhnya kemasan, bagian kepala dibalut bulu hitam sedangkan alisnya berwarna kuning cerah saya didominasi warna coklat bergaris putih.

Sementara ekornya lurus, ketemu burung pancawarna tinggal di hutan belantara habitatnya burung ini nomaden dan suka berpindah dari satu pohon ke pohon lain dan tergolong salah satu jenis burung pemakan serangga kecil seperti telur semut, laba-laba, jangkrik, cacing dll.

Luntur Jawa

Burung ini biasanya sering dijumpai diwilayah, Kawasan hutan di Jawa Barat. Anda akan menemukan burung berekor yang panjang tubuhnya tubuhnya sekitar 34 cm dengan bulu berwarna hijau bagian atasnya.

Jika dilihat dari kejauhan bulunya tersebut dapat berubah menjadi biru mengkilat, luncur Jawa ini cenderung kecoklatan dengan lingkaran biru di sekitarnya, untuk jenis paruhnya berukuran pendek pada bagian atas dan berwarna merah muda yang dimana burung ini merupakan pemakan serangga seperti kumbang jangkrik dan semut.

luntur-jawa

Gelatik Jawa

Meskipun berukuran kecil akan tetapi burung ini memiliki karakter yang cukup unik. Jika terlihat dari kejauhan maka seperti kulit beraneka warna serta berubah bentuknya, dengan tekstur halus dan sangat rapat seluruh permukaan tubuh didominasi warna abu-abu putih atau perak bagian kepala gelatik Jawa berwarna hitam. Namun untuk jenis makanan yang disukainya adalah berupa biji-bijian, buah dan serangga yang berdimensi kecil.

Baca Selengkapnya :  Cara Merawat Burung Gelatik Agar Rajin Berkicau

gelatik-jawa

Burung endemik Sudah Selayaknya dilindungi dari kepunahan namun jika mengandalkan dari peran pemerintah saja tidak cukup, akan tetapi kesadaran masyarakat terlebih dahulu yang harus diprioritaskan serta akan yang selalu mendukung program perlindungan tersebut. Agar bertujuan sebagai salah satu cara untuk dapat menghindari perburuan liar yang dapat mengakibatkan berkurangnya populasi satwa di hutan lestari indonesia kita ini.

Itu saja informasi singkat yang padat dan jelas seputar burung endemik di jawa yang bisa menjadikan gambaran atau parameter bahwa negara yang kita cintai ini sangat kaya akan alam dan hewan seperti burung-burung yang sangat cantik yang harus dilindungi.

Baca juga : Jenis Burung Populer Di Indonesia

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari