burung-cipoh

Suara Burung Cipoh Beserta Harga di Pasaran

Cipoh merupakan salah satu burung yang memiliki suara yang merdu. Banyak yang mengatakan bahwa burung ini cukup sulit dijinakkan. Bagi para penggemar burung, menjinakkan burung ini menjadi tantangan tersendiri.

Kebanyakan para pecinta burung lebih suka memilih anakan burung cipoh, karena lebih mudah untuk dimasterkan sehingga cepat gacor. Agar lebih mengenal tentang burung dengan nama latin Aegithina tiphia ini, yuk simak ulasan berikut.

Mengenal Burung Aegithina tiphia dan Suara Kicauannya

Cipoh atau biasa dikenal dengan burung sirtu merupakan jenis burung yang menyukai habitat hutan, perkebunan dan padang rumput. Jika tinggal di sebuah pedesaan, burung ini lebih banyak memilih semak belukar.

gambar-burung-cipoh

Burung ini memiliki banyak macam diantaranya cipoh kacat, cipoh besar, cipoh jantung dan cipoh ekor putih. Setiap jenis cipoh tersebut memiliki karakteristik fisik yang berbeda beda.

Cipoh kacar memiliki bulu berwarna kuning dengan beberapa corak hijau kuning dan garis putih di bagian sayapnya. Cipoh besar memiliki bulu yang berwarna terang, sedangkan bagian kepala dan lehernya sebagian besar berwarna hijau dan sayapnya terdapat garis hitam.

Burung cipoh jantung memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil, yaitu sekitar 13 cm dengan bulu warna gelap, sedangkan bagian ekor berwarna hitam. Cipok ekor putih memiliki bulu yang didominasi warna kuning.

Keunggulan dari cipoh ini yaitu, memiliki performa yang mumpuni dengan kicauan yang merdu. Dari keempat jenis cipoh di atas, masing masing memiliki karakteristik kicauan yang berbeda beda. Kicauan burung ini sangat disukai oleh para kicau mania.

Baca Selengkapnya :  Tips Setingan Burung Kacer Lomba Agar Jadi Juara

Sekali ada yang berkicau, maka cipoh yang lain akan ikut menyahutinya. Biasanya untuk memancing agar burung ini berkicau, maka dapat dilakukan dengan memberikan rekaman kicauan burung lain.

suara-burung-cipoh

Cipoh merupakan jenis burung pemalu yang suka mencari tempat tersembunyi. Burung ini seringkali berpindah dari satu dahan ke dahan lain, jika ada pemburu yang mengintainya.

Burung cipoh sangat menyukai dedaunan, semak semak atau ranting untuk bersembunyi. Hal inilah yang menyebabkan burung ini cukup sulit untuk ditaklukkan.

Jenis Makanan untuk Cipoh Agar Cepat Gacor

Bagi anda yang sedang memilihara burung ini, perlu untuk memberikan jenis makanan yang tepat agar cipoh cepat gacor. Akan lebih baik jika anda memelihara sedari kecil, karena akan sulit mengubah kebiasan makan cipoh yang sudah dewasa.

Sedangkan untuk anakan cipoh, lebih mudah untuk dibiasakan makan voer. Selain itu, cipoh pada usia anakan lebih mudah beradaptasi dengan manusia sehingga tidak mudah mengalami stres.

Pemberian makanan untuk burung cipoh tergantung dari usia burung yang dirawat. Anda bisa memberikan makanan untuk cipoh berupa ulat atau kroto yang diletakkan di tempat pakan yang baru. Tentunya kroto atau ulat ini memiliki protein yang sangat bagus untuk pertumbuhan burung ini serta dapat merangsang agar lebih rajin berkicau. Makanan yang paling disukai oleh cipoh selain kroto dan ulat adalah, jangkrik kecil, belalang, dan pisang.

harga-burung-cipoh

Jika sudah bisa latih menggunakan voer, maka anda bisa memberikannya sedikit demi sedikit dengan menaruh di bawah kroto. Sehingga setiap minggunya anda bisa mengurangi jumlah kroto, namun tetap harus menyediakan jangkrik atau ulat sebagai makanan tambahan. Anda juga harus menggunakan jenis voer yang halus agar lebih mudah dimakan oleh cipoh.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Trucuk (Makanan, Harga, Suara)

Cipoh merupakan burung kicau dengan ukuran kecil yang cukup banyak diminati. Untuk harga anakan cipoh dipatok mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu. Umumnya, harga cipoh gacor lebih mahal dibandingkan yang masih lolohan, yaitu sekitar Rp 300 ribu.

Harga burung jantan lebih mahal dibandigkan burung betina. Perawatan burung ini ini sebenarya cukup mudah, anda bisa menambahkan obat obatan untuk meningkatkan kualitasnya.