Mengenal Ciri Burung Bubut, Mitos, Makan Dan Suara

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Rate this post

Hallo Kicau Lovers? Mengenal Ciri Burung Bubut, Mitos, Makan Dan Suara akan coba kami bahas dalam artikel kami kali ini. Mungkin sebagian dari Anda ingin mengetahui apa keistimewaan dari burung yang akrab dengan mitos ini.

Seperti yang mungkin pernah Anda dengar bahwa burung bubut ini memang kerap dikaitkan dengan hal hal yang berbau mistis meskipun sebenarnya itu sama sekali tak ada hubungannya.

Namun secara keseluruhan memang banyak masyarakat terutama dinusantara kita ini masih saja percaya akan hal tersebut. sejatinya burung ini juga adalah mahluk hidup yang berspesis unggas dengan suara mirip dengan namanya yaitu bubut.

Tetapi bagi sebagian kicau mania, burung ini justru banyak dipelihara. Bahkan dijadikan masteran bagi sebagian pecinta burung kicau. Nah, bagi Anda yang ingin mengenal burung ini lebih jauh dan detail, maka silahkan Anda simak ulasannya berikut ini:

Mengenal Karakter Burung Bubut

Sebenarnya mungkin Anda sering sekali melihat burung bubut ini saat Anda berada dihutan. Namun untuk spesifikasi lengkapnya kami akan bagikan pada Anda agar lebih mengenal burung ini secara detail, berikut penjelasannya:

mitos-burung-bubut

Karakteristik Burung Bubut

Burung bubut merupakan salah satu burung yang termasuk golongan predator dihabitatnya. Burung ini kerap berada dipinggir kali atau sungai didalam hutan untuk mencari mangsa sebagai makanannya seperti serangga belalang, jangkrik, dan jenis serangga yang lainnya.

Baca Selengkapnya :  Rahasia Perawatan Cucak Jenggot Agar Cepat Gacor

Burung butbut ini memiliki warna Coklat terang dan hitam dibagian leher hingga kepalanya. Memiliki paruh besar dan tajam yang kerap digunakan untuk mencari mangsa dan mencabik cabik makanannya.

Suara dari burung ini sama seperti namanya yaitu bubut. Namun terkadang burung ini juga mengeluarkan suara seperti mengekek yang melengking dan lantang. Karena memang ukuran burung ini besar hampir seukuran elang.

Burung ini gemar bertengger didahan pohon untuk menunggu dan mencari mangsa. Mata dari burung ini berwarna merah menyala yang sangat jeli dalam memperhatikan setiap calon mangsanya tersebut.

Namun bagian mata inilah yang banyak mearik perhatian dari sebagian pecinta burung kicau. Karena bagian dari mata burung bubut ini hampir mirip dengan mata burung elang yang tajam dan mempesona. Sementara kaki burung ini juga memiliki kesamaan dengan elang yaitu dengan dua jari kedepan dan dua jari kebelakang.

Perilaku Burung Bubut Di Alam Bebas

Tidak seperti banyak spesies Burung lainnya, burung bubut dengan visual yang intens ini tidak sering bersama atau berdampingan dengan spesies Bubut lainnya. Kondisi ini disebabkan oleh perbedaan habitat aslinya, sehingga perlu waktu lama untuk menggabungkannya.

Lalu apa yang terjadi jika waktu kawin tiba? Mereka biasanya membuat sarang di sekitar rawa atau di tepi sungai. Anda mungkin bisa menemukan mereka di rawa atau sungai yang untuk mempersiapkan sarang tempat berteduh bagi anak-anaknya kelak. Tidak mudah menemukannya karena mereka menempatkan kandang 4 hingga 6 meter di atas permukaan tanah. Dalam bertelur burung bubut betina mampu menghasilkan sekitar tiga telur di sarangnya.

Suara Burung Bubut Yang Khas

Seperti telh kami jelaskan diatas tadi bahwa nama dari burung bubut ini memang disesuaikan dengan suara yang dikicaukannya. Suara seperti but but but…inilah yang kemudian melekat sebagai nama burung ini.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Cucak Thailand

Tetapi bagi sebagian pecinta burung kicau, justru burung ini mejadi salah satu idola untuk dipelihara. Tentu saja karena perawatan burung ini memang tidak ribet, meskipun untuk mendapatkannya relatif sulit.

Pakan Yang Cocok Untuk Burung Bubut

Jika Anda berminat untuk memelihara burung ini sebagai tambahan koleksi Anda. Maka Anda harus tahu pakan apa yang cocok diberikan pada burung bubut ini agar tetap sehat dan tidak mati.

Pakan untuk burung bubut ini adalah sebangsa serangga seperti jangkrik dan belalang atau serangga lainnya. Namun Anda juga bisa melatihnya untuk mengkonsumsi pakan voer meskipun butuh waktu yang cukup lama.

Harga Pasaran Untuk Burung Bubut

Burung bubut saat ini telah banyak dijual dikios kios penjual burung kicau yang ada dipasar. Namun harga burung ini memang masih menyesuaikan dari jenis dan usia dari burung bubut itu sendiri.

Jika Anda ingin membeli burung bubut ini yang masih anakan, maka Anda dapat membelinya dengan kisaran harga rp 50 ribu per ekor. Tetapi berbesa jika Anda ingin membeli burung ini yang sudah dewasa dan gacor. Maka Anda bisa membelinya dengan kisaran harga 600 ribu keatas. Tetapi masih tetap tergantung nego dengan penjualnya.

Namun jika Anda tidak punya cukup uang untuk membeli burung ini, maka kami sarankan untuk memikatnya dari dalam hutan tempat habitan burung bubut ini. Dengan mengandalkan perangkap dan umpan yang sesuai maka Anda mungkin bisa mendapatkannya dengan mudah.

Demikianlah artikel kami kali ini mengenai Mengenal Ciri Burung Bubut, Mitos, Makan Dan Suara. Kami berharap ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari