Mengenal Jenis Burung Bambangan Kuning

Omkicau – Burung Bambangan Kuning, sobat omkicau selanjutnya burung menarik yang akan kita bahas mengenai Yellow Bitten atau yang memiliki nama latin Ixobrychus sinensis.

Unggas yang satu ini merupakan salah satu spesies burung dari keluarga Ardeidae, dari genus Ixobrychus. Bambangan kuning merupakan burung pemakan ikan, ketam, kodok, serangga air,

yang memiliki habitat di rumpun pandan, buluh di sungai, rawa-rawa, sawah. Hampir mirip dengan Bangau namun ukuran tubuhnya sangat kecil dari badan air berawa dan bervegetasi baik.

Individu yang sudah usia mapan memiliki warna coklat pucat atau kuning, tergantung pada cahaya, dengan tutup gelap yang sempit. Remaja lebih gelap di atas dengan tepi bulu pucat. Bisa tidak mencolok di vegetasi lebat,

tetapi sering membuat penerbangan pendek; pada burung terbang, perhatikan bulu terbang gelap kontras dengan bulu sayap kekuningan pucat. Biasanya tenang, tetapi kadang-kadang memberikan panggilan kisi yang keras saat memerah.

Untuk mengenalnya lebih jauh kalian bisa membaca artikel ini sampai habis selanjutnya bagikan ke sosial media kalian sehingga makin banyak yang tahu tentang unggas unik ini.

burung bambangan kuning

Deskripsi Burung Bambangan Kuning

Ciri – Ciri Fisik Burung Bambangan Kuning

Secara umum bambangan kuning atau yellow bitten ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil dibandingkan beberapa jenis bangau yang memang ukurannya cukup besar. Ukuran tubuhnya sekitar 38 cm.

Sebagian besar tubuhnya didominasi dengan warna kuning tua dan hitam. Namun ketika dia mulai mapan sudah banyak variasi pada bulunya sehingga kalian bisa mengetahuinya lebih detil.

Ketika dia sudah besar maka cirinya terletak pada topi hitam. Bagian atas coklat kemerahan pucat. Bagian bawah kuning tua. Bulu terbang hitam. Bulu penutup sayap kuning tua.

Kalau masih remaja yellow bitten ini dominan memiliki warna lebih coklat. Keseluruhan bercoret tebal. Sayap dan ekor hitam. Iris kuning, lingkaran tanpa bulu disekitar mata kuning kehijauan,

paruh coklat kehitaman, kaki kuning kehijauan. Pemburu yang lincah, memanjat di antara buluh, menegakkan jambul, mengepakkan sayap. Saat terganggu diam tak bergerak, paruh ditegakkan, mata melotot kedepan.

bambangan kuning

Habitat dan Penyebarannya

Negara asalnya atau tempat dia dikawasan India, Asia Timur sampai Filipina, Mikronesia, termasuk juga Indonesia dimana banyak dijumpai di Sumatra tentunya tiap – tiap negara memiliki ciri yang sedikit berbeda.

Pada saat tertentu dia akan berpindah mencari makanan atau mencari iklim dan suhu yang sesuai biasanya di beberapa pulau di Indonesia seperti : Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Papua.

Makanannya

Secara umum dia memakan ikan – ikan kecil yang ada di sungai dan dirawa namun dia juga biasa memakan katak kecil yang masih mudah dia makan karena yang sudah besar dia akan takut sobat.

Nah sobat omkicau dari artikel diatas tentang burung bambangan kuning tentunya kalian tertarik untuk memeliharanya? kalau ia pastikan kalian sudah mempersiapkan segala kebutuhannya

karena ketika kita memutuskan untuk memelihara dia tentu menjadi tanggung jawab yang besar bagi kita untuk merawatnya dengan baik. Terimakasih sudah mendukung kami hingga kini salam kicau mania.

Related Posts
Suara Kenari Juara Terbaik Untuk Pancingan Agar Berkicau
kenari

Burung kenari yang diikutkan kontes memiliki suara kicauan yang baik dan juga kondisi yang selalu Fit. Apalagi juara dari kontes Read more

Cara Memilih Burung Merpati Kolong Yang Bagus
cara-memilih-merpati-kolong

Oke kawan-kawan balik lagi masih bersama situs resmi om kicau ya, nah masih sekitar ulasan permasalahan burung ya, terutamanya untuk Read more