Mengenal Udang Amano si Pemakan Ganggang

Udang Amano adalah salah satu udang air tawar yang paling populer. Sulit menemukan seseorang dengan tangki air tawar yang setidaknya tidak mempertimbangkan untuk menambahkannya ke akuarium mereka pada satu titik.

Mereka kuat, damai, dan melompat pada kesempatan untuk menghilangkan alga yang ada di tangki Anda. Udang amano juga sangat asyik untuk ditonton. Mereka adalah makhluk yang sangat aktif yang sepertinya selalu merencanakan sesuatu!

Ketika Anda menambahkan semua manfaat ini bersama-sama (belum lagi tingkat perawatan yang dibutuhkan sangat rendah), tidak heran mereka menjadi favorit penggemar. Dalam panduan perawatan ini, kami melihat lebih dalam tentang udang Amano sehingga Anda dapat mengetahui apakah mereka cocok untuk Anda, memberikan perawatan yang lebih baik, atau sekadar belajar untuk bersenang-senang!

udang amano

Apa itu udang Amano?

Udang Amano adalah spesies udang air tawar yang menarik yang sangat umum dalam perdagangan akuarium. Ini asli Taiwan dan Jepang dan dapat tumbuh hingga 2 inci panjangnya. Ia memiliki banyak nama, termasuk udang Jepang, udang rawa Jepang, pemakan ganggang Jepang, udang Japonica, udang ganggang, dan udang Yamato.

Nama ilmiah udang ini adalah Caridina multidentata dan Caridina japonica. Sejauh ini Amano adalah salah satu spesies udang yang paling populer bagi penghobi akuarium, kedua setelah udang Cherry.

Ini awalnya diperkenalkan ke dunia akuarium oleh aquarist populer, pengendara sepeda trek, dan fotografer Takashi Amano ketika dia menemukan bahwa mereka dapat memakan ganggang dalam jumlah besar, dan menjaga akuarium tetap bersih (tidak keruh) ketika diperkenalkan dan dipelihara dalam jumlah besar.

Ciri Fisik Udang Amano

udang amano sulawesi

Udang Amano dapat tumbuh hingga dua inci panjangnya, yang menjadikannya salah satu spesies “udang kerdil” yang lebih besar di pasar penghobi akuarium. Mereka mudah dikenali dengan tubuh besar yang berwarna abu-abu atau transparan, dengan titik-titik berwarna gelap di sepanjang tubuhnya.

Diet akan berperan dalam menentukan warna titik-titik tersebut. Jika mereka diberi makanan yang banyak mengandung ganggang dan bahan tanaman lainnya, titik-titik ini akan menjadi lebih kehijauan.

Udang ini sangat efektif untuk dapat menyamarkan diri ke lingkungan alam, atau sekitarnya di akuarium Anda. Ini memberi mereka keunggulan di alam liar, di mana banyak hewan menganggap mereka sebagai makanan.

Saat berbelanja udang Anda, ingatlah bahwa ada sekitar 200 spesies Caridina lainnya, dan beberapa di antaranya dapat dengan mudah disalahartikan sebagai udang Amano. Untuk memastikan Anda memiliki Amano, lihat perilakunya dalam cara membersihkan tangki. Amano asli akan tanpa henti mencari ganggang dan makanan lain di setiap celah dan celah, sementara udang serupa akan malas jika dibandingkan.

Prilaku Udang Amano

Anda akan senang mendengar udang ini biasanya cukup damai. Jika Anda memasukkan makanan ke dalam tangki, mereka akan berlomba ke sana dan mengerumuninya. Jika tidak, mereka puas dengan urusan mereka sendiri saat mereka mengambil benda mati dari tanaman akuarium.

Mereka juga terlihat memakan ganggang segera setelah mulai menumpuk di dalam tangki. Bakat mereka dalam memakan ganggang adalah salah satu alasan mengapa mereka begitu populer di kalangan pemilik akuarium. Mereka suka memiliki banyak tanaman untuk dijelajahi dan dipanjat.

Seperti udang lainnya, mereka akan meranggas kerangka luarnya (umumnya ini terjadi sebulan sekali), dan untuk waktu yang singkat mereka akan menjadi lunak saat pelindung baru mengeras. Selama waktu ini mereka akan merasa rentan dan mungkin lebih memilih untuk tetap bersembunyi.

Setelah ganti kulit, mereka cenderung memakan kerangka luar yang lama. Mereka melakukan ini karena baju zirah asli mereka mengandung mineral yang membantu cangkang baru mereka mengeras lebih cepat, sehingga mereka bisa lebih terlindungi di alam liar.

Berapa umur rata-rata udang Amano?

Umur normal udang Amano yang sehat di penangkaran biasanya antara dua dan tiga tahun. Udang amano mudah mati di usia muda, segera setelah dimasukkan ke dalam akuarium. Anda harus mengawasi mereka untuk memastikan mereka masih hidup dan tidak dimakan oleh teman seakuariumnya selama beberapa minggu pertama.

Persyaratan tangki & kondisi air

Untuk memastikan mereka sesehat mungkin, pertahankan suhu air antara 72 dan 78 derajat Fahrenheit, dan pertahankan tingkat pH antara 7,2 dan 7,5. Udang Anda akan baik-baik saja dengan pencahayaan akuarium standar, dan mereka sangat menikmatinya jika air bersirkulasi dengan baik.

Pastikan untuk memasukkan udang Anda ke akuarium yang sudah ada pertumbuhan alga di permukaannya. Ini akan memberi mereka makan segera dan membantu mereka menyesuaikan diri dengan lebih baik. Udang Anda kemungkinan kecil untuk bertahan hidup jika Anda memasukkannya ke dalam tangki murni tanpa alga.

Tanaman hidup seperti Green Cabomba dan Java Moss akan membantu mereka merasa lebih nyaman. Tempat persembunyian seperti batu, tabung udang, dan dahan yang terendam adalah pilihan yang baik. Lihat apakah Anda dapat melapisi bagian bawah tangki dengan batu atau kerikil kecil, untuk meniru habitat aslinya di Jepang dan Taiwan.

Beri mereka makan secara teratur dan beri mereka lingkungan rendah stres dengan banyak tempat persembunyian, sehingga mereka merasa seaman dan seaman mungkin. Jika mereka hidup melewati minggu-minggu pertama yang penting itu, Anda dapat mengharapkan mereka hidup untuk waktu yang sangat lama (untuk seekor udang).

Anda juga ingin memastikan bahwa tidak ada tembaga di dalam tangki. Elemen ini dapat mendatangkan malapetaka pada invertebrata apa pun di tangki Anda, dan udang Amano tidak terkecuali (tidak peduli seberapa kuatnya mereka).

Makanan udang Amano

Di alam, udang Amano adalah omnivora. Mereka akan mengais benda mati dan membusuk dari tumbuhan dan hewan, serta puing-puing yang menumpuk di lingkungan bawah air mereka. Ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk tangki Anda, seperti kru pembersih alami. Jika ikan mati di tangki Anda, udang bahkan akan membantu membersihkan bangkainya.

Jika Anda akan memelihara mereka di penangkaran, ingatlah nasihat penting ini: mereka tidak hanya memakan ganggang dan tumbuhan mati. Udang Anda sudah suka memakannya, tetapi jangan lupa untuk menambahkannya dengan hal lain. Juga, perlu diingat bahwa mereka tidak memakan ganggang janggut hitam, jadi bersiaplah untuk memperhitungkannya.

Baiklah omkicau mania itulah informasi menarik untuk membaca dan bisa menambah pengetahuan kita tentang Udang Amano yang berhasil kami sajikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya gais.

Related Posts
Ketahui Lokasi Teman dengan Zenly APK
zenly apk

Zenly APK - Apakah Anda sering kali ingin mengetahui lokasi dan aktivitas teman-teman Anda? Apakah Anda ingin tetap terhubung dengan Read more

Cara Daftar PKH Balita dengan Mudah dan Cepat
Cara Daftar PKH Balita

Cara Daftar PKH Balita - Sebagai salah satu program pemerintah Indonesia yang sangat penting, Program Keluarga Harapan (PKH) bertujuan untuk Read more