Inilah Keistimewaan Tledekan Gunung, Ciri Beserta Harganya

Diposting pada

Jangan Lupe ! . . Di Share Ye ?.

Assalamualaikum, wr, wb. Apa kabar sobat kicau, masih tetap bersama kami ya, di situs resmi Om Kicau yg selalu konsisten memberikan update info-info seputar dunia burung kicauan yg menarik dan sangat aktual tentunya, sesuai dengan judul postingan berikut kami akan membahas tentang burung tledekan gunung, baik itu berupa ciri-cirinya sampai harga jual dipasarannya.

Nah biar nggak penasaran yuk langsung aje kita simak pembahasan selengkapnya dibawah ini :

Mengenali Kelebihan Yg Dimiliki Oleh Burung Tledekan Gunung


Ciri-Cirinya

Perlu kalian ketahui ya, di indonesia ada banyak sekali jenis burung tledekan, namun kalian harus wajib mengenali cirinya jika ingin memelihara burung ini biar nantinya tidak salah pilih ya!.

Nah untuk ciri fisik dari burung tledekan gunung sebagai berikut :

Sebelumnya jangan sampai tertukar ya jenis tledekan gunung dan bakau, memang jika diperhatikan sekilas kedua tipe ini sangatlah dan hampir mirip sekali ya. Jadi harus perlu ketelitian dan kejelian yang tepat agar bisa membedakannya dengan benar.

Untuk ciri tledekan gunung yg pertama kalian bisa melihat pada bagian kepalanya ya, memiliki warna biru muda yang tebal, serta ukuran / bentuknya cenderung lebih papak dan terlihat besar ketimbang tledekan jenis bakau, lalu warna oranye di bawah paruh tembus sampai di bagian pangkal paruh yg terlihat cukup jelas ya.

ciri-tledekan-gunung

Jika dilihat dari bagian warna punggungnya, sudah jelas tledekan gunung ini jauh lebih tebal jelas warna birunya ya. Namun pada warna di bagian bawah perutnya memiliki corak warna agak keputih-putihannya ya temen-temen.

Baca Selengkapnya :  Tips Cara Merawat Cucak Rowo Agar Rajin Bunyi

Nah agar lebih akurat lagi jika kalian ingin membedakan antara tledekan gunung dengan bakau simple saja ya, temen-temen bisa melihat warja corak di bagian kepala dan otot sayapnya yg memiliki warna lebih mengkilap kebiru-biruannya jelas (terang) itulah jenis tledekan gunung, untuk yg bakau terlihat kusam ya.

Harga Tledekan Gunung

Dari sebagian kalangan kicaumania sudah pasti tidak asing lagi ya dengan burung kecil yg memiliki suara kicauan indah, bervariasi dan memiliki karakter mental petarung yg sangat baik, terlebih lagi khusus di daerah jawa barat dan jawa tengah sudah membuka kelas lomba nya ya, baik pada event latber sampai kontes besar. Burung tledekan yg sudah masuk kategori sebagai burung lomba ini tentu memiliki harga yg sangat mahal dan bukan main-main ya.

Memang jika dilihat dari sejarah burung ini dahulunya tidak memiliki harga, bahkan beberapa orangpun malas untuk memeliharanya, seiring berjalannya waktu, sesuai dengan perkembangan hobi yang tanpa batas, akhirnya para kicaumania ber eksperimen untuk merawat dengan baik burung ini dan mampu menumbuhkan sifat karakter aslinya dan berhasil untuk digacorkan serta bisa di jadikan sebagai burung tanding dilapangan.

Jadi tidak heran ya jika harga yg ditawarkan untuk burung istimewa ini memiliki nilai jual yg cukup tinggi antara 50 ribuan sampai 300 ribu itupun burung yg masih bahan atau hasil tangkapan liar, berbeda dengan burung yg sudah dipelihara dan dilatih menjadi burung lapangan tentu harga jualnya bisa mencapai puluhan juta !.. Sungguh diluar ekspetasi ternyata!.

Tips Perawatan Tledekan Gunung

Jika temen-temen mampu memberikan rawatan yg tepat maka suara burung tledekan gunung nantinya akan mempunyai materi dan irama yg sangat bagus ya, dan sudah pasti burung sehat pula. Lalu bagaimana sih cara merawat burung ini dengan baik dan benar !.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kolibri Beserta Gambar, Makanan, Harga dan Suara

Untuk pemandian dan penjemuran agak sedikit berbeda ya, temen-temen tidak perlu sering-sering memandikan burung tledekan ini setiap hari, karena tipikal burung ini tidak begitu suka dengan air, ya minimal 3 – 4 hari sekali, namun ketika menjemurnya juga jangan terlalu kelamaan, cukup 30 – 1 jam saja cukup.

Untuk pemberian makanan tledekan gunung itu harus diperhatikan kualitasnya agar si burung tetap sehat dan rajin bunyi setiap harinya. Burung ini pemakan serangga kecil seperti jangkrik, koroto dan ulat-ulatan, kalian bisa memberikannya setiap hari dengan porsi dan takaran disesuaikan dengan karakter burung masing-masing ya.

Nah untuk info lebih jelasnya silahkan baca artikel lainnya seputar : cara merawat burung tledekan

Oke jadi itu saja tips singkat dari kami tentang burung tledekan gunung, yang kiranya dapat menambah pengetahuan temen-temen semua, semoga dapat bermanfaat ya. Sukses selalu. Salam Kicau Mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari