cara-merawat-burung-kakatua

Cara Merawat Burung Kakatua

Assalamualaikum wr wb, apa kabar sobat kicau semua!. Masih bersama kami di situs resmi Om kicau yang selau memberikan solusi dan inspirasi seputar informasi dunia burung kicauan terbaru, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara merawat burung kakatua yang tepat agar selalu sehat dan jinak.

Burung kakatua sejak jaman dahulu memang sudah memiliki banyak penggemarnya sendiri, dari berbagai kalangan dikarenakan mudah untuk dirawat serta sangat bersahabat untuk dapat dijadikan teman sehari-hari serta penghibur.

Ada komentar dari temen-temen yang bertanya bagaimana caranya memberikan perawatan yang tepat bagi burung kakatua ini agar selalu sehat setiap harinya, oke langsung saja ke pokok bahasan ya, yuk simak info selengkapnya dibawah ini cekidot :

Tips Mudah Pemeliharaan Burung Kakatua Agar Selalu Sehat


Perencanaan Kandang Yang Cocok

Kamu wajib sediakan kandang yang pantas buat kakatua. Terikat peletakannya, letakkan saja kandangnya di tempat terbuka yang banyak dilintasi orang, dapat diteras depan laman rumah atau di halaman belakang. Sebab kakatua lebih senang terletak di tempat umum supaya bisa lebih gampang menyesuaikan diri dengan area serta aktivitas manusia.

Konsep kandang yang cocok buat dipakai dengan bentuk persegi 4, memakai materi dasar besi yang kuat. Tidak hanya itu kamu wajib mempersiapkan tempat hinggap. Semacam yang telah kita tahu seluruh tipe burung hendak suka sekali bertengger buat bersantai yang terletak di dalam kandangnya.

kandang-kakatua

Alhasil amat kita anjurkan buat menyediakan tempat bercokol untuk sang kakatua disaat mau bersantai. Maanfaatkan kayu yang keras tetapi bertekstur halus dan dicocokkan dengan ukuran atau cengkraman kaki burung, diusahakan yang cocok, janganlah sangat kebesaran ataupun kekecilan ya.

Baca Selengkapnya :  Jenis Kakatua (Habitat, Makanan Beserta Gambarnya)

Bagikan Santapan Yang Disukai

Temen- temen dapat membagikan santapan berbentuk buah- buahan serta sayur- mayur yang fresh dan biji- bijian, yang dimana pakan ini amat digemari oleh burung Kakatua. Tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, pakan buah ini mempunyai beraneka ragam khasiat buat mereka ialah dapat membuat burung lebih fresh, memantapkan kesehatan, serta yang sangat berarti bisa membuat bulu- bulu elok dari burung Kakatua kamu senantiasa terpelihara.

Khasiat buah pula amat bagus, yang mempunyai isi gula yang lebih besar dibanding tipe pakan lain alhasil kamu sebagai majikannya wajib lebih berhati- hati dalam membagikan buah. Buah yang dianjurkan merupakan: buah pisang kepok putih atau kuning, pepaya, apel, dan pear.

pemberian-pakan-burung-kakatua

Buat pemberian sayur- mayur, terdapat sebagian tipe sayur yang banyak dianjurkan oleh penggemar burung buat Kakatua antara lain brokoli, lobak, wortel, umbi jalar, kentang, serta sebagian tipe yang lain. Pemberian santapan burung Kakatua berbentuk sayur ini perlu disediakan setiap harinya buat memenuhi keperluan serat burung ini.

Buat biji- bijiannya, selanjutnya tipe santapan burung Kakatua dari macam bijian misalnya kwaci ataupun biji bunga mentari, kacang hijau, serta pula kacang tanah. Bagaikan selingan, kamu pula dapat membagikan kacang polong serta jagung tetapi janganlah sangat kerap sebab mempunyai kandungan gula yang lebih besar dengan bijian yang lain. Berikanlah dengan cara berjarak supaya burung kakatua tidak jenuh.

Memandikan Serta Menjemur Burung Kakatua

Metode yang pas buat memandikan burung kakatua yang kamu jaga tiap 3 hari sekali dengan metode membuat hujan hujanan. Misalnya kamu membasahi dari lantai atas, alhasil burung kakatua hendak beranggapan kalau lagi turun hujan. Dengan sedemikian itu kakatua hendak mandi sepuasnya dengan hujan ciptaan itu.

Baca Selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Blackthroat Harian Agar Cepat Gacor

perawatan-harian-burung-kakatua

Tidak hanya itu sajikan ember minum di sangkarnya supaya kakatua dapat mandi sendiri dengan metode menceburkan dirinya ke dalam ember minum itu. Bila kamu mau memandikannya upayakan disaat pagi hari kurang lebih dekat jam: 8. 00- 9. 00 Wib.

Buat penjemuran burung tidak butuh repot, sebab kakatua ini tidak sangat menggemari cahaya mentari, tetapi bila kamu senantiasa melaksanakan buat menjemurnya, hendaknya cukup 10 hingga 15 menit saja, janganlah sangat mendesakkan menjemurnya sangat lama, hingga yang dikhawatirkan bulu burung dapat rusak serta kumal.

Jaga Selalu Kebersihan Kandang

Tidak hanya kebersihan burung, hendaknya kamu sebagai pemilik wajib senantiasa melindungi kebersihan kandang burung itu. Janganlah biarkan kotoran burung kakatua lama di dalam kandang. Sebab dapat memunculkan sarang benih penyakit, burung kakatua pula kurang senang dengan kandang yang kotor serta bau, buat membersihkannya hendaknya tiap hari, tetapi bila kamu tidak sempat, dapat kamu jalani 2 hingga 3 hari sekali saja.

Dalam pemeliharaan yang sudah dicoba tiap harinya, tidak hanya itu gimana triknya jangan sampai membuat burung kakatua kamu merasa jenuh, sebab jika telah jenuh, burung hendak melakukan perihal yang kurang bagus, serta abnormal.

gambar-burung-kakatua-di-dalam-kandang

Hingga dari itu Burung kakatua memerlukan kasih sayang serta atensi spesial dari pemiliknya, sebab memanglah menjaga burung kakatua menginginkan ketelatenan, tidak hanya itu kakatua pula lebih senang bermukim satu kandang bersama pendamping ataupun burung betina sejenisnya.

Jika kamu sibuk serta tidak dapat berinteraksi dengan burung kakatua, hendaknya kamu mempunyai 2 ekor kukila kakatua supaya mereka dapat berhubungan atau minimun membagikan mainan buat bisa membuat burung itu lebih lincah buat beraktivitas dalam kandang hariannya.

Demikian tips cara merawat burung kakatua yang dapat kami bagikan dan dapat anda coba terapkan dalam memberikan perawatan harian untuk burung kakatua kesayangan anda, semoga dapat bermanfaat.

Baca Selengkapnya :  Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

Baca juga : Jenis Kakatua (Habitat, Makanan Beserta Gambarnya)